Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Vygotsky Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Like Suoth Universitas Halmahera
  • Elsye Jesti Mutji Universitas Halmahera
  • Robinsor Balamu Universitas Halmahera

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.40510

Keywords:

Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Konstruktivisme Vygotsky, Zone of Proximal Developmen (ZPD)

Abstract

Kurangnya penggunaan model pembelajaran menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif signifikan dalam penerapan Pendekatan Konstruktivisme Vygotsky Tehadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD GMIH Duma yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes sampel penelitian 1 Kelas dengan menggunakan Pre-test dan Post-test. Analisis tahap awal di lakukan dengan cara menentukan deskripsi penelitian dengan menggunakan tabel desain one group pretest posttest, Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajajaran Bahasa Indonesia pada Tema 7 dengan materi Kepemimpinan serta menggunakan pendekatan Konstruktivisme Vygotsky tipe Zone of Proximal Development (ZPD) adanya pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 7 dengan materi Kepemimpinan. Dengan menggunakan, pendekatan Konstruktivisme Vygotsky tipe Zone of Proximal Developmen (ZPD siswa menjadi termotivasi dan aktif sehingga terdapat hasil belajarnya memiliki pengaruh positif signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan positif signifikan pada penerapan pendekatan Konstruktivisme Vygotsky tipe Zone of Proximal Developmen (ZPD pada hasil belajar Bahasa Indonesia.

References

Abdurrahmansyah. (2014). Konstruktivisme Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di Sekolah. TA’DIB, 19(1), 111–122. https://doi.org/10.19109/td.v19i01.11.

Agathi Dian, I. A. A., Kristiantari, R. M. G., & Ganing, N. (2015). Guru Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bahasa Indonesia ( Keterampilan Membaca ) Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas IV SD Desa Peguyangan. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5172.

Artawan, G. (2017). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Teks Biografi. Jornal of Education Research and Evaluation (JERE), 1(4). https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12151.

Badin, P. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Pengembangan Media Wayang Karton pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 299–307. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.

Darna, & Kemal, I. (2015). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 11 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Tunas Bangsa, 2(2), 41–66. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/611.

Febriana. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dengan Pendekatan Dunia Kerja Pada Program D3 Tata Boga. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 148–155.

Hamzah. (2018). Konstruktivisme Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. In Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/262/248.

Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68.

Henriksen, D., Richardson, C., & Shack, K. (2020). Mindfulness and creativity: Implications for thinking and learning. Thinking Skills and Creativity, 37(December 2019), 100689. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100689.

Idris, I., Sida, S. C., & Idawati, I. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Indonesian Journal Of Primary Education, 3(2), 58–63. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21849.

Jaedun, & Nuryadin. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Sikap Spiritual Dan Sosial SiswaJaedun, & Nuryadin. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifikuntuk Pengembangan Sikap Spiritual Dan Sosial Siswa. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56.

Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Pada Kelas V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77.

Kinasih, S., & Sinaga, K. (2020). Kajian Penerapan Teori Pembelajaran Bermakna Ausubel Berdasarkan Perspektif Alkitabiah Pada Materi Hidrokarbon [a Study on the Application of Ausubel’S Meaningful Learning Theory on Hydrocarbon Chemical Learning Based on a Biblical Perspective]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 141–153. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.2128.

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333.

Mulyati, T. (2016). Pendekatan Konstruktivisme Dan Dampaknnya Bagi Hasil Belajar Matematika Siswa SD. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(6), 1–5. https://doi.org/10.17509/eh.v1i2.2738.

Nilayanti, P. M., Putra, I. K. A., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara. Mimbar PGSD, 5(3), 1–9.

Ningrat, S. P., & Sumantri, M. (2019). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 145–152.

Pebriyanti, Y., Fauzan, A., & Firman. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pendekatan Kontruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 947–954. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.446.

Permana, A. (2016). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Kemampuan Belajar Ilmu Alamiah Dasar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.999.

Prasetyo, A. A., & Nabillah, T. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(1c), 659–663. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685.

Rediasih, Suwatra, & Putri. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Debate Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id.

Subakti, H., & Handayani, E. S. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Diglosia: Jurnal Pendidikan, 5(1), 202–210.

Trihono. (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Kemampuan Kerja Kelompok melalui Penerapan Konstruktivisme pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Playen Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 2(2). https://doi.org/10.12928/jrkpf.v2i2.3249.

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 153–164. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103.

Yunita, A., Sovia, A., & Hamdunah. (2020). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Menggunakan Buku Teks dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Elemen, 6(1), 56–66. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1696.

Yusnimarniarti. (2016). Peningkatan Keterampilan Konstruksi Dengan Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas Iv Sd Negeri 04 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(1), 53–58. https://doi.org/10.29210/14300.

Downloads

Published

2022-04-11

How to Cite

Suoth, L., Mutji, E. J., & Balamu, R. (2022). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Vygotsky Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 48–53. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.40510

Issue

Section

Articles