Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Stick Talking Mata Pelajaran IPS Materi Keberagamaan

Authors

  • Okta Nur Sintiya Universitas Muhammdiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Nurrohmatul Amaliyah Universitas Muhammdiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.40901

Keywords:

Keaktifan, Hasil Belajar, Pembelajaran Stick Talking, Keberagaman Budaya di Indonesia

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang kurang, serta guru belum menguasai model pembelajaran yang menarik di kelas. Selain itu juga partisipasi siswa dalam pembelajaran masih sangat kurang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran stick talking terhadap hasil belajar tentang materi keberagaman pada muatan pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif menggunakan model spiral Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan: perencanaan, tindakan & pengamatan, serta refleksi. Dengan pelaksanaan pembelajarannya 2 siklus, Uji coba untuk butir soal dilakukan ke dengan dengan jumlah 25 siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes kognitif, dokumentasi, dan catatan lapangan. Uji tes menggunakan analisis butir soal tiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualititatif. Model pembelajaran stick talking yang diterapkan sesuai dengan sintak stick talking Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran stick talking mampu meningkatkan pembelajaran, dengan dibuktikan pada pra siklus prosentase siswa yang tuntas 36% atau 9 siswa, dan prosentase yang tidak tuntas 64% atau 16 siswa. Siklus I hasil prosentase siswa yang tuntas 68% atau 17 siswa dan siswa yang tidak tuntas 32% atau 8 siswa. Siklus II hasil prosentase siswa yang tuntas 100% atau 25 siswa.

Author Biography

Okta Nur Sintiya, Universitas Muhammdiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The role of motivations and perceptions on the retention of inservice teachers. Teaching and Teacher Education, 96, 103186. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, N. P. D. A., Wiyasa, I. K. N., & Asri, I. G. A. A. S. (2017). Pengaruh Model Kooperatif Talking Stick Berbantu Question Card terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa kelas IV. Mimbar PGSD, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10790.

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar I PS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 85–91. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353

Fasikhah. (2019). Hubungan Kebiasaan dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar IPS. Scientific Journals, 1(3), 55-64. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jlj.v9i1.39136. DOI: https://doi.org/10.15294/jlj.v9i1.39136

Friskawati, G. F., & Sobarna, A. (2019). Faktor Internal Pencapaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3). https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15004. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15004

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. ,. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Harni, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SD Negeri 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 8(2), 181. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3481. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3481

Hastuti, V. Y., Rahayu, T. S., & . W. (2019). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan Saintifik. Jear: Journal of Educational Action Research, 3(2). https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17306. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17306

Hidayah, E. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Talking Stick. 272 Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(2), 271–284. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i2.40759. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i2.40759

Isnaeni, I., Muhaemin, M., & Hasri, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 131–142. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v5i2.272. DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v5i2.272

Kamarudin, Irwan, I., & Daud, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1059. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1059

Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331

Lidia, W., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2018). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p081. DOI: https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p081

Maryono, Budiono, H., Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20–38. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750

Megawati, N. M. P., Suarni, N. K., & Sulastri, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728

Munir, A., Arief Nur Wahyudi, & Aba Sandi Prayoga. (2021). Pendekatan Model Discovery Learning dalam Keterampilan Teknik Shooting Permainan Bola Basket. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2). https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.190. DOI: https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.190

Nursian. (2019). Adaptasi Model Pembelajaran Make A Match Dengan Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Viii Smp Negeri 15 Dumai. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2). https://doi.org/10.33578/pjr.v3i2.6855. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i2.6855

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Palunga, R., & Marzuki. (2017). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858

Polat, Ö., & Aydın, E. (2020). The effect of mind mapping on young children’s critical thinking skills. Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100743. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100743

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36–40. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111

Prasetyo, A. A., & Nabillah, T. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(1c), 659–663. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685.

Rani, Ardana, & Negara. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676

Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878

Rudi Sofyan. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Pada Subtema Ayo Cintai Lingkungan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 272–280. DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5015

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772. DOI: https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772

Sizi, Y., Bare, Y., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(1). https://doi.org/10.55241/spibio.v2i1.30. DOI: https://doi.org/10.55241/spibio.v2i1.30

Subekhan, M. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Dan Hadits. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 51–68. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v6i1.1943. DOI: https://doi.org/10.32678/geneologipai.v6i1.1943

Suparyono, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 016 Marsawa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 950. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6536. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6536

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Utami, S., & Hardiman, F. B. (2021). Analisis Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dengan Kurikulum Asing: Sebuah Studi Kasus Sekolah Xyz [An Analysis Of Indonesian Language Learning Motivation Using Foreign Curriculum: A Case Study At School Xyz]. POLYGLOT: Jurnal Ilmiah, 17(2), 251–268. https://doi.org/10.19166/pji.v17i2.2639.

Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15498

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91–100. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Downloads

Published

2022-07-10

How to Cite

Sintiya, O. N., & Amaliyah, N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Stick Talking Mata Pelajaran IPS Materi Keberagamaan. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 34–41. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.40901

Issue

Section

Articles