Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Materi IPA Sistem Pernapasan Manusia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.45261Keywords:
LKPD, interaktif, IPAAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan LKPD sebagai bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013. Selain itu, pemanfaatan teknologi kurang di manfaatkan dalam mengembangkan bahan ajar yang menarik bagi peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan dan kelayakan LKPD interaktif berbasis pendekatan saintitik pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan desain model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dan angket serta instrumen yang digunakan berupa angket. Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan (1) Rancang bangun dari LKPD interaktif berbasis pendekatan saintifik dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; (2) Kelayakan LKPD interaktif berdasarkan uji coba produk yang meliputi (a) hasil penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh persentase 90, 38% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 95,45% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase 88,46% dengan kualifikasi baik, (d) hasil uji coba perorangan memperoleh persentase 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, dan (e) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 96,11% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD interaktif layak digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191–202. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151
Amalia, A. D., & Lestyanto, L. M. (2021). LKS Berbasis Saintifik Berbantuan Live Worksheets untuk Memahamkan Konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2911–2933. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.822. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.822
Andyny, M., & Panggabean, E. M. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Ict Berbantuan Software Construct 2 Untuk Siswa MTS. JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA (JMES), 2(2), 72–82. https://doi.org/10.30596%2Fjmes.v2i2.7982.
Angriani, A. D., Bernard, B., Nur, R., & Nurjawahirah, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write Pada Peserta Didik Kelas Viii1 Mtsn Model Makassar. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), 11–28. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a2. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a2
Ani, N. I., & Lazulva, L. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 87–105. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9161. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9161
Apriyanto, C., Yusnelti, & Asrial. (2019). Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Saintifik Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Journal of Indonesian Society of Integrated Chemistry, 11(1), 38–42. https://doi.org/10.22437/jisic.v10i1.6843. DOI: https://doi.org/10.22437/jisic.v11i1.6843
Astini, Sari, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25. DOI: https://doi.org/10.36709/japend.v2i1.16217
Auliya, M., & Kosim. (2017). Pengembangan Modul Fisika Materi Optik Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Fenomena Alam Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa Sma. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 71–80. https://doi.org/10.29303/jpm.v12i2.344. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v12i2.344
Dermawati, N., Suprapta, & Muzakkir. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 74–78. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.3143.
Dewi, W. A. F. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Dinatha, N. M., & Arimbawa, P. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa P4 Interaktif Mata Pelajaran IPA Terpadu Untuk Siswa SMP Berbasis Budaya Lokal Masyarakat Ngada Flores. Journal of Education Technology, 2(4), 186–191. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16547. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16547
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Pedagogik, 05(01), 100–108. https://doi.org/10.33650/pjp.v5i1.226.
Istiqomah, E. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Sebagai Bahan Ajar Biologi. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i1.17. DOI: https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i1.17
Juwandi, J., & Widyana, R. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Spirits, 10(1), 49–64. https://doi.org/10.30738/spirits.v10i1.6536. DOI: https://doi.org/10.30738/spirits.v10i1.6536
Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458
Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi Dalam Materi Ipa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) (Vol. 5). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8588. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8588
Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25–30. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.668. DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668
Lestari, D. D., & Muchlis. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching And Learnin untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987
Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 170–177. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245. DOI: https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245
Nurliawaty, L., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017a). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Polya. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 72–81. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9183.
Nurliawaty, L., Mujasam, Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017b). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Polya. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 72–81. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9183. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9183
Prasetyo, A. A., & Nabillah, T. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(1c), 659–663. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685.
Rahmadani, Y., Yuniawatika, & Bintartik, L. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis ReactMateri Pecahan pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 847–854. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p847-854. DOI: https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p847-854
Regita C, Pramesthi, D., Hakim, A. R., & Triwahyuningtyas, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD Unikama, 4, 291–303. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i2.112327
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276
Rimawati, E., & Wibowo, A. (2018). Pengaruh Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Minat Menggunakan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Sains Dan Informatika, 4(2), 73–79. https://doi.org/10.34128/jsi.v4i2.134. DOI: https://doi.org/10.34128/jsi.v4i2.134
Rini Kristiantari, M. (2015). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2), 460–470. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4462. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4462
Rofifah, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Pserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 232–243. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1789. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1789
Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434
Sari, N. M., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berorientasi Higher Order Thinking Skills Di Sekolah Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 106–123. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3406. DOI: https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3406
Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99–103. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603
Septina, N., Farida, F., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Tatsqif, 16(2), 160–171. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200. DOI: https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200
Setiyadi, M. W., Ismail, & Gani, H. A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102–112. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468
Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260
Siddiq, Y. I., Sudarma, I. K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928
Susilana, R. (2014). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar. Edutech, 13(2), 183–195. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3095. DOI: https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3095
Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476
Wandari, A., Kamid, K., & Maison, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 47–55. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.232. DOI: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.232
Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204. DOI: https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.2270
Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Susanto, A. (2016). Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p033. DOI: https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p033
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Made Shinta Diah Damayanti, Ni Wayan Suniasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)