Capaian Literasi STEM Peserta Didik dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI di SMA

Authors

  • Mivtahul Chairulli Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang Universitas Negeri Padang
  • Yosi Laila Rahmi Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.47005

Keywords:

Literasi, STEM, Biologi

Abstract

Literasi STEM adalah kemampuan membaca, menulis, dan berbicara yang akan menciptakan karya yang harus diselesaikan dan dilengkapi dengan konsep-konsep dari sains, teknologi, teknik, dan matematika. Hanya saja kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa tidak semua siswa memiliki kemampuan literasi STEM yang baik. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui capaian literasi STEM peserta didik pada pembelajaran biologi. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian deskriptif, dengan populasi penelitian yakni seluruh siswa kelas XI sekolah menengah atas. Penarikan sampel dalam penelitian dilakukan dengan teknik total sampling, sehingga jumlah sampel penelitian yakni 50 orang siswa kelas XI SMA. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode tes, dengan instrument penelitian berupa 16 pertanyaan literasi STEM. Hasil yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian literasi sains memperoleh hasil 68,4% dengan kategori sedang, capaian literasi teknologi dan rekayasa memperoleh hasil 52,7% dengan kategori rendah dan capaian literasi matematika memperoleh hasil 67,3% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa capaian literasi STEM peserta didik masih belum maksimal sehingga harus ditingkatkan kembali.

References

Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i1.1291. DOI: https://doi.org/10.31539/alignment.v3i1.1291

Aninda, A., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi STEM Siswa Sma. Journal Of Science Education And Practice, 3(2), 1–16. https://doi.org/10.33751/jsep.v3i2.1719. DOI: https://doi.org/10.33751/jsep.v3i2.1719

Anita, Y., Nur, M., & Nasir, M. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi Pembelajaran Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Terhadap Literasi Lingkungan Mahasiswa. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 11(2), 105. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v11i2.3278. DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v11i2.3278

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/57/51.

Asyari, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 30–41. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1628. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1628

Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Journal of Biology Learning, 3(1), 25. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1348. DOI: https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1348

Bashooir, K., & Supahar, S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 219–230. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.19590. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.19590

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22

Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116. https://doi.org/10.32533/03105.2019. DOI: https://doi.org/10.32533/03105.2019

Fathoni, A. (2020). STEM : Innovation In Vocational Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 33. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22832. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22832

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, ISSN: 2654-8607, 93–97. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article//1084/660.

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/PIP.342.9. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.342.9

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Hutauruk, A. J. B. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. Sepren, 2(1), 45. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364. DOI: https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94. DOI: https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459. DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Mujib, M., Mardiyah, M., & Suherman, S. (2020). STEM : Pengaruhnya terhadap Literasi Matematis dan Kecerdasan Multiple Intelligences. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 66–73. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5448. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5448

Ningrum, M. A. B., & Rahmi, Y. L. (2021). Analisis Kebutuhan Penilaian Capaian Literasi STEM Peserta Didik dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(2), 156–163. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss2/592. DOI: https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss2/592

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932. DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Permatasari, mia indah. (2021). Implementasi Pembelajaran Kimia Berbasis Daring (Google Classroom Dan Zoom Cloud Meeting) Di Smk Negeri 1 Tanjung Palas. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 154–161. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i2.480. DOI: https://doi.org/10.51878/edutech.v1i2.480

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1). https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.

Rachmadiarti, F., & Pratiwi, R. S. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 165–178. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p165-178. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p165-178

Riyandi, A., Aulianita, R., Wiyatno, A., Triantori, V., & Musyaffa, N. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 2(2), 37–42. https://doi.org/10.33480/abdimas.v2i2.1682. DOI: https://doi.org/10.33480/abdimas.v2i2.1682

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138. DOI: https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Silvia, A., & Simatupang, H. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics Untuk Menumbuhkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 14 Medan T.P 2019/2020. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 39–44. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2434. DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2434

Subekt, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Suwono, H. (2017). Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi Stem Untuk Menyiapkan Calon Guru Sains Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Revieu Literatur. Education and Human Development Journal, 3(1). https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.90. DOI: https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.90

Sukmana, R. W. (2018). Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Sebagai Alternatif Dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 189. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.798. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.798

Sulindawati, N. L. G. E. (2018). Analisis Unsur-Unsur Pendidikan Masa Lalu Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pembelajaran Pada Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1). https://doi.org/10.23887/jiis.v4i1.14363. DOI: https://doi.org/10.23887/jiis.v4i1.14363

Widayoko, A., Latifah, E., & Yuliati, L. (2018). Peningkatan Kompetensi Literasi Saintifik Siswa SMA dengan Bahan Ajar Terintegrasi STEM pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1463–1467. http://e-resources.perpusnas.go.id:2048.

Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Jurnal Cakrawala, 18(2). https://doi.org/10.31294/jc.v18i2.4347.

Downloads

Published

2022-06-07

How to Cite

Chairulli, M., & Rahmi, Y. L. (2022). Capaian Literasi STEM Peserta Didik dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI di SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 143–148. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.47005

Issue

Section

Articles