Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, dan Ukuran Perusahaan terhadap Setruktur Modal pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014

Authors

  • Ni Putu Deli Sriartini Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suwendra Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Fridayana Yudiaatmaja Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Profitabilitas, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan tentang pengaruh  (1) profitabilitas, struktur aktiva, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal secara silmultan pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan (2) profitabilitas, struktur aktiva, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal secara Parsial pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Subjek penelitian adalah perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan objek penelitian adalah profitabilitas (X1), struktur aktiva (X2), ukuran perusahaan (X3), dan struktur modal (Y). Data yang dikumpulkan dengan pencatatan dokumen kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Ada pengaruh yang  signifikan secara simultan dari profitabilitas (X1), struktur aktiva (X2) dan ukuran perusahaan (X3) terhadap struktur modal (Y) dan (2) pengaruh yang positif secara parsial dari struktur aktiva(X2), ukuran perusahaan (X3) terhadap struktur modal, profitabilitas (X1) berpengaruh negatif dan signifikan secara parsial terhadap struktur modal (Y).

 

 

References

Ahmed Sheikh, Nadeem and Wang, Zongjun, 2011. “Determinants Of Capital Structure : An Empiricall Study Of Firms In Manufacturing Industry Of Pakistan”, Managerial Finance, Volume 37 Nomor 2 hal 117.

Atmaja, Lukas Setia, 1999. Manajemen Keuangan, Edisi 2, Andi Offset, Jakarta

Brigham, Eugene F dan Houston. 2006. Fundamental of FinancialManagement: Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.Edisi 10.Jakarta: Salemba Empat

Christiani, Ari. 2006. Penentuan Prilaku Kebijakan Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Hipotesis Static Trade Off Atau Packing Oder Theory, Simposium Nasional Akutansi IX.

Djarwanto, Pokok-pokok Analisa Laporan Keuangan, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Yogyakarta: BPFE, 2004

James C, Van Horne Dan Jhon M. Wachowicz. 2005. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Edisi kedua belas. Jakarta: Salemba Empat.

J. Keown, dkk, 2010. Manajemen Keuangan, edisi sepuluh jilid 2, Indeks, Jakarta.

Lukman Syamsudin. 2007. Manajemen keuangan perusahaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Hadianto, Bram. 2007. “Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, dan Peofitabilitas terhadap Struktur Modal Emiten Sektor Telekomunikasi periode 2000-2006: sebuah Pengujian Hipotesis Pecking Order”. Paper. Bandung: Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Indrajaya, Glenn. 2011. “Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Tingkat Pertumbuhan, Profitabilitas, dan Risiko Bisnis terhadap Struktur Modal: Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Listing di Bursa Efek Indonesia periode 2004-2007”. Jurnal Ilmiah. No.06. Universitas Islam Indonesia.

Harahap, Sofyan Syafri.2008. Analisis Kritisatas Laporan Keuangan.Jakarta : PT. Raja GrafindoPersana.

Mayangsari, Sekar. 2001. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pendanaan Perusahaan: pengujian Pecking Oder Hyipotesis”, Media Riset Akutansi, Auditing dan Informasi, Volume 1, Nomor 3, Desember 2001.

Munawir, S, 2002. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Kedua, YPKN, Yogyakarta.

Putra, Dwi Ema dan Kesuma, I Ketut Wijaya. 2012. “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran, Pertumbuhan terhadap Struktur Modal Industri Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Ekonomi. Bali: Universitas Udayana.

Putri, Meidera Elsa Dwi. 2012. “Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva dan Ukuran

Perusahaan terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Manajemen. Vol.01, No.01. Universitas Negeri Padang.

Riyanto, Bambang. 2008. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: Penerbit GPFE.

Sartono, Agus. 2000. Manajemen Keuangan, Teori dan Aplikasi. Edisi Kedua.Yogyakarta: BPFE UGM.

Seftianne dan Ratih Handayani. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur.Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 13(1), 39-56.

Syamsudin, Lukman, 2004. Manajemen Keuangan, Penerbit Raja GrafindoPersada, Jakarta.

Susan Irawati. 2006. Manajemen Keuangan. Pustaka: Bandung

Supriyanto, Eko & Falikhatun, 2008. Pengaruh Tangibility, Pertumbuhan Penjulan, Dan Ukuran Perusahaaan Terhadap Struktur Keuangan. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, Vol. 10, No. 1, April 2008, 13-22.

Titman dan Wessels. 1988. The DErerminants of Capital Structure Choice, Journal of Finance, 43

Van Horne, James C. and John M. Wachowicz. 2005. Fundamentals of Financial: Management Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Penerjemah: Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary. Penerbit Salemba Empat: Jakarta

Weston, J. Fred dan Thomas E. Copeland,. 2010. Manajemen Keuangan, Edisi kesembilan, Jakarta: rineka Cipta.

Yuliati, Sri. (2011). Pengujian Pecking Order Theory: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Industri Manufaktur Di Bei Periode Setelah Krisis Moneter. E-journal Politama Vol. 10 No.1.

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

Sriartini, N. P. D., Suwendra, I. W., & Yudiaatmaja, F. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, dan Ukuran Perusahaan terhadap Setruktur Modal pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014. Jurnal Manajemen Indonesia, 7(3), 149–159. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38397

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>