Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengembangan Karir terhadap Kinerja Karyawan

Authors

  • Sinthia Dewi Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Bagia Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gede Putu Agus Jana Susila Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Tingkat Pendidikan, Pengembangan Karir, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) tingkat pendidikan dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan, (2) tingkat pendidikan  terhadap pengembangan karir, (3) tingkat pendidikan terhadap kinerja karyawan, dan (4) pengembangan karir terhadap kinerja karyawan pada PT Bank Perkreditan Rakyat Nur Abadi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Bank Perkreditan Rakyat Nur Abadi dan objeknya adalah tingkat pendidikan, pengembangan karir, dan kinerja karyawan. Populasi penelitian ini berjumlah 30 karyawan yang semuanya dijadikan unit pengamatan, sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner, wawancara, dan pencatatan dokumen serta dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari (1) tingkat pendidikan dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan, (2) tingkat pendidikan terhadap pengembangan karir, (3) tingkat pendidikan terhadap kinerja karyawan, (4) pengembangan karir terhadap kinerja karyawan PT Bank Perkreditan Rakyat Nur Abadi.

 

 

References

Gorda. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedua. Denpasar: ASTABRATA

Handoko, Hani.T. 2000. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2. Jogjakarta: BPFE.

Hariandja, M.T.E. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Yogtakarta : Penerbit PT. BPFE.

Harlie, M. 2010. Pengaruh Disiplin Kinerja, Motivasi dan Pengembangan Karier terhadap Kinerja Pegawai Negeri Siplin pada Pemerintah Kabupaten Tabalong di Tanjung Kalimantan Selatan. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Volume 11, Nomor 2 (hlm. 117-124).

Mamahit, Rendry. 2013. Tingkat Pendidikan, Pelatihan Dan Kepuasan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai Di Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA, Volume 1, Nomor 4 (hlm 936-945)

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Negara, Candra Megita Atma. 2014. Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai pada PT. POS INDONESIA (persero) Kabupaten Jembrana Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 4, Nomor 1.

Ranupandojo, H. dan Suad Husnan. 2002. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.

Ridwansyah, Iwan. 2004. Pengaruh Pendidikan dan Penilaian Prestasi Kerja Terhadap Pengembangan Karir Pada PT Kereta Api Di Indonesia. Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, Volume 5, Nomor 4 (hlm 121-217).

Sinambela, Lijan Poltak. 2012. Kinerja Pegawai. Teori Pengukuran dan Implikasi. Edisi Pertama. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pres.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat

Downloads

Published

2020-04-28

How to Cite

Dewi, S., Bagia, I. W., & Susila, G. P. A. J. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengembangan Karir terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Indonesia, 8(1), 1–7. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38408

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>