Pengaruh Promosi Jabatan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai

Authors

  • I Gede Purnawan Adi Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Bagia Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Wayan Cipta Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Promosi Jabatan, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) promosi jabatan dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai, (2) promosi jabatan terhadap disiplin kerja, (3) promosi jabatan terhadap kinerja pegawai, dan (4) disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kab. Buleleng. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Perhubungan Kab. Buleleng, dan objek penelitian adalah promosi jabatan, disiplin kerja, dan kinerja pegawai. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 82 pegawai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) wawancara, (2) kuesioner, dan (3) pencatatan dokumen. Data dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan dari (1) promosi jabatan dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai, (2) promosi terhadap disiplin kerja, (3) promosi terhadap kinerja pegawai, dan (4) disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kab. Buleleng.

 

 

References

Amins, Achmad. 2012. Manajemen Kinerja Pemerintahan Daerah. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Ardana, I Komang, Mujiati, Ni Wayan dan Mudiartha Utama, I Wayan. 2012. Manajemen Sumber daya Manusia, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bagia, I Wayan. 2005. Pengaruh Model Intelektual dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Pemerintah daerah Kabupaten di Provinsi Bali. Disertai Doktor dalam Ilmu Ekonomi Universitas Padjajaran (tidak diterbitkan). Bandung

Dessler, Garry. 2008. Human Resource Management, fourth edition. New jersey: Prentice Hall Internasional.

Handoko, Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu S.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Judas, Agnetha. 2013. Mutasi Dan Promosi Jabatan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Suluttenggo Dan Maluku Utara di Manado. Jurnal EMBA, Volume 1, Nomor 4 l. Hal 1219-1228.

Kadarisman. 2012. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama. Jakarta: Rajawali Pers.

Lateiner, AR. 1995. Teknik Memimpin Pegawai dan Pekerja (Terjemahan Imam Soedjono). Jakarta: Aksara Baru.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kinerja, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Oktavianti dan Netra. 2008. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Promosi Jabatan Dan Kompetensi Finansial Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Grand Mega Bali Resort & Spa Kuta Bali. Jurnal Ekonomi Bisnis, Volume 2, Nomor 2. Hal 2515-2529.

Putra dan Subudi. 2007. Pengaruh Disiplin Kerja, Gaya Kepemimpinan, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Matahari Terbit Bali Tanjungbenoa-Nusa Dua. Jurnal Ekonomi, Volume 21, Nomor 2. Hal 802-815.

Ranuopandojo, Hidjrachman dan Suad Husnan. 2002. Manajemen Personalia, Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Binawan Presindo FE-UGM.

Rivai, Veithzal dan Ahmad Fawzi Mohd Basri. 2005. Performance Appraisal, Cetakan Pertama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Samsudin, Sadili. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ke-1. Bandung: Pustaka Setia.

Siagian, Sondang P. 2002. Menajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sidanti, Heny. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat DPRD Kabupaten Madiun. Jurnal Jibeka, Volume 9, Nomor 8. Hal 44-53.

Singodimedjo. 2002. Menejemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sinambela, Lijan Poltak. 2012. Kinerja Pegawai; Teori, Pengukuran dan Implikasi, Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soediono, Lateiner 1995. Kiat Meningkatkan Produktifitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sujana, Nyoman. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Singaraja: Buku Ajar.

Sutrisno, Edy, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Jakarta: Kencana.

Widyatmini dan Hakim. 2008. Hubungan Kepemimpinan, Kompensasi, Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kota Depok. Jurnal Ekonomi Bisnis, Volume 13, Nomor 2. Hal 163-171.

Wijaya, Tony. 2013. Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis; Teori dan Praktik. Edisi Ke-2. Jakarta: Graha Ilmu.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia : Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Adi, I. G. P., Bagia, I. W., & Cipta, W. (2021). Pengaruh Promosi Jabatan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Indonesia, 9(1), 25–32. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38674

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>