Pengaruh Keterlibatan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan

Authors

  • Vandy Fahrizal Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Bagia Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gede Agus Jana Susila Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Keterlibatan Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) keterlibatan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, (2) keterlibatan kerja terhadap kinerja karyawan, (3) kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, dan (4) keterlibatan kerja terhadap kepuasan kerja pada Hotel Banyualit Resort and Spa Lovina. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Hotel Banyualit Resort and Spa Lovina dan objeknya adalah keterlibatan kerja, kepuasan kerja, dan kinerja karyawan. Populasi penelitian ini berjumlah 30 karyawan yang semuanya dijadikan unit pengamatan, sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner, wawancara, dan pencatatan dokumen serta dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari (1) keterlibatan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, (2) keterlibatan kerja terhadap kinerja karyawan, (3) kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, dan (4) keterlibatan kerja terhadap kepuasan kerja pada Hotel Banyualit Resort and Spa Lovina.

 

 

References

Desy Purnami, Ni Luh Eka. 2014. Pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada UD Mente Bali Sejahtera. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Volume 2 Tahun 2014.

Ivancevich, Jhon, Robert Konopaske, dan Michael T. Matteson.2006. Perilaku dan Manajemen Organisasi, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kalkinsale, Alfine,dkk.2015. Pengaruh Keterlibatan Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bangun Wenang Beverages Manado. Jurnal Universitas Sam Ratulangi Manado, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Vol 3. No. 1 Hal. 900-911.

Kanwal Iqbal Khan. 2011. Can Dividend Decisions Affect the Stock Prices: A Case of Dividend Paying Companies of KSE. International Research Journal of Finance and Economics, ISSN 1450-2887 Issue 76.

Kartiningsih.2007. “Pengaruh Budaya Organisasi dan Keterlibatan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Tabungan Negara Cabang Semarang”. Tesis Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi, (Alih Bahasa V.A Yuwono, dkk), Edisi Bahasa Indonesia, Yogyakarta: ANDI.

Downloads

Published

2020-07-30

How to Cite

Fahrizal, V., Bagia, I. W., & Susila, G. A. J. (2020). Pengaruh Keterlibatan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Indonesia, 8(2), 121–127. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38423

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>