Pengaruh Kemandirian Kerja dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada Lilin Lovina Beach Hotel Tahun 2016

Authors

  • Ni Komang Ayu Juliandari Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gede Putu Agus Jana Susila Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Bagia Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Kemandirian Kerja, Iklim Organisasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) kemandirian kerja dan iklim organisasi terhadap kinerja karyawan, (2) kemandirian kerja terhadap iklim organisasi, (3) kemandirian kerja terhadap kinerja karyawan, dan (4) iklim organisasi terhadap kinerja karyawan Lilin Lovina Beach Hotel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Lilin Lovina Beach Hotel, dan objek penelitian adalah kemandirian kerja, iklim organisasi, dan kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 karyawan. Semua populasi ini dijadikan unit pengamatan, sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kemandirian kerja, iklim organisasi, dan kinerja karyawan yang bersumber dari karyawan dan pemimpin Lilin Lovina Beach Hotel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan pencatatan dokumen, kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari pengaruh (1) kemandirian kerja dan iklim organisasi terhadap kinerja karyawan, (2) kemandirian kerja terhadap iklim organisasi, (3) kemandirian kerja terhadap kinerja karyawan, dan (4) iklim organisasi terhadap kinerja karyawan pada Lilin Lovina Beach Hotel.

 

 

 

 

References

Anwar, Sudirman. 2015. Management Of Student Development. Riau: Yayasan Indra Giri.

Casteter ,Willam B. 1981.The Personal Function In Education Administration. New York: MC Millan Publishing.

Fansyah, Maman. 2015. “Pengaruh Kemandirian dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Cv. Global Mandiri Sejahtera Cabang Surakarta Tahun 2015”. Skripsi (Naskah Publikasi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Guritno, Bambang dan Waridin. 2005. “Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja”. JRBI, Voumel 1, Nomor 1 (hal.63--74).

Hanifah, Rina. 2013. “Hubungan Iklim Organisasi dengan Kinerja Pegawai pada Sentra Pendidikan Bank Rakyat Indonesia Bandung”. Skripsi. Universitas Pendidikan Bandung.

Mangkunegara, A. A, Anwar Prabu, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

McClelland. 2011. “Teori Motivasi Berprestasi”. Tersedia pada http://rnrian.blogspot.co.id/2011/04/teori-motivasi-berprestasi-david-mc.html. (diakses tanggal 28 Januari 2016).

Munandar, M. 2001. Budgeting, Perencanaan Kerja Pengkoodinasian Kerja Pengawasan Kerja. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Nurcahyo, Anton. 2011. “Analisis Variabel-variabel yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan pada PT. Quadra Mitra Perkasa Balikpapan”. Jurnal Eksis, Volume 7, Nomor 2.

Putra, Agung Utomo. 2014. “Pengaruh Kemandirian Kerja terhadap Iklim Organisasi pada Tirta I Malang Jawa Timur”. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 14, Nomor 1.

Restanto, Wibowo Dwi. 2011. “Kinerja Pegawai KPP Pratama Jakarta Tebet Ditinjau dari Karakteristik Pekerjaan, Kreativitas, Kemandirian dan Kompetensi”. Tersedia pada http://lontar.ui.ac.id/opac/themes/libri2/detail. Jsp?id=116732&lokasi=lokal (diakses tanggal 05 Januari 2016).

Robbins, Stephen P. 1995. Teori Organisasi. Jakarta: Ancam.

Steers, Richard, M. 1980. Efektivitas Organisasi. Penterjemah Magdalena. Jakarta: Erlangga.

Stringer. 2002. Coaching For Performance, Seni Mengarahkan Untuk Mendongkrak Kinerja. Terjemahan Y.D Helly Purnomo, Jakarta: Gramedia.

Syamsir, Torang. 2012. Metode Riset Struktur dan Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Umstot, D.D. 1988. Understanding Organizational Behaviour. St. Paul: West Publishing Company.

Vivi dan Rorlen. 2007. “Pengaruh Iklim Organisasi dan Kedewasaan terhadap Kinerja Karyawan pada PT Graha Tungki Arsitektika Jakarta”. Business and Management Journal Bunda Mulia, Volume 3, Nomor 1.

Watkin C, & Hubbard B. 2003. “Leadership motivation and the drivers of share price: The business case for meansuring organizational climate”. Leaderships and organization development journal, Volume 24, (hal 380--386).

Wirawan. 2007. Budaya dan Iklim organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2020-04-28

How to Cite

Juliandari, N. K. A., Susila, G. P. A. J., & Bagia, I. W. (2020). Pengaruh Kemandirian Kerja dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada Lilin Lovina Beach Hotel Tahun 2016. Jurnal Manajemen Indonesia, 8(1), 43–51. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38413

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>