Pengaruh Kompetensi Interpersonal dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai

Authors

  • Wayan Yogantara Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gede Putu Agus Jana Susila Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Bagia Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Kompetensi Interpersonal, Motivasi Kerja Dan Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) kompetensi interpersonal dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai, (2) kompetensi interpersonal terhadap motivasi kerja, (3) kompetensi interpersonal terhadap kinerja pegawai, dan (4) motivasi kerja terhadap kinerja pada pegawai Di Villa Amala Ubud Gianyar. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Villa Amala Ubud Gianyar, dan objeknya adalah kompetensi interpersonal, motivasi kerja, dan kinerja pegawai. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 pegawai. Semua populasi ini dijadikan unit pengamatan, sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pencatatan dokumen dan kuesioner. Kemudian, dianalisis menggunakan analisis regresi jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari (1) kompetensi interpersonal dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai, (2) kompetensi interpersonal terhadap motivasi kerja, (3) kompetensi interpersonal terhadap kinerja pegawai, dan (4) motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Villa Amala Ubud Gianyar.

 

 

References

AA. Anwar Prabu Mangkunegara, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

---------, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ke Tujuh PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Buhrmester, D., Furman, W., Wittenberg, M. T., & Reis, H. T. (1988). Five domains of interpersonal competence in peer relationships. Journal of Personality and Social Psychology, 55(6), 991—1008.

Buhrmester, D. (1996). Need fulfillment, interpersonal competence, and the developmental context of early adolescent friendship. In W. M. Bukowski, A. F. Newcomb, & W. W. Hartup (Eds.), The company they keep: Friendship in childhood and adolescence (pp. 158—185). New York: Cambridge University Press.

Darmawan, A. (2002). Hubungan antara komunikasi interpersonal dengan keterlibatan kerja pada tenaga perawat. Jurnal Psikodinamik, 4(2), 103—112.

Gibson, dkk. (2009). Organizational: Behavior, Structure, Procceses. New York: The McGraw Hill Companies, Inc.

Hasibuan, Malayu SP. 2005. Organisasi dan Motivasi. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Husnan, Suad. 2002. Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Edisi ke tiga. Yogyakarta: AMP YKPN.

Muhammady, F. F. (2001). Kompetensi komunikasi antar budaya dalam proses interaksi kaum pedagang: Studi kasus pada proses interaksi kaum pedagang etnis Padang dan etnis Sunda di Pasar Mayestik Jakarta Selatan. Tesis tidak diterbitkan, Universitas Indonesia, Depok.

Prawirosentono.S, 1999. Manajemen Sumber Daya Manausia, Kebijakan Kinerja Karyawan. BPFE, Yogyakarta.

Ratna, Dewi. 2015. “ Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja karyawan”. Jurnal Manajemen. Volume 2 Tahun 2015 (hlm 1-10).

Sedarmayanti, 2007, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung, Penerbit Mandar Maju.

Siagian, S. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Simamora,Bilson. 2002, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Surabaya: Pustaka Utama.

Stephenmarks. 2006. Interpersonal Com- petence. http://www.stephenmarks. com/interpersonalcompetence.htm

Wibowo. 2007. Manajemen Kine

Downloads

Published

2020-10-28

How to Cite

Yogantara, W., Susila, G. P. A. J., & Bagia, I. W. (2020). Pengaruh Kompetensi Interpersonal dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Indonesia, 8(3), 128–135. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38443

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>