Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014

Authors

  • Gede Wiradnyana Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Fridayana Yudiaatmaja Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suwendra Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Perputarankas, Perputaran Piutang, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan tentang (1) Pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang secara parsial terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor  telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (2) Pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang secara simultan terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Subjek pada penelitian ini adalah Perusahaan sektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan dari perputaran kas dan perputaran piutang terhadap profitabilitas (2) Ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial dari perputaran kas dan perputaran piutang terhadap profitabilitas.

 

 

References

Astuti, Dewi. 2004. Manajemen Keuangan Perusahaan, Cetakan Pertama. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariante dengan Program SPSSEdisi 4. Semarang: UNDIP.

Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Analisis Krisis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Horne, James C. Van dan John M. Machowicz. 1997. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.

-------. 2009. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.

Husnan, Suad. 2002. Manajemen Keuangan Cetakan I. Jakarta: UT.

Ismiati, Nike. Dkk. 2013. “Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2012”. Artikel Ilmiah Universitas Jember (hlm 1-7).

Jumingan. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kumara, Dewa Putu dan Dewa Gede Dharma Saputra. 2014. “Pengaruh Efisiensi Modal Kerja Pada Profitabilitas Koperasi Serba Usaha”. Jurnal Akuntansi UNUD. ISSN: 2302-8556.

Manurung, Erna Risdo Tonohan, dkk. 2013. “Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas terhadap profitabilitas (Studi Kasus Pada Perusahaan Real Estate dan Property Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2012)”. Universitas Riau.

Munawir, Slamet. 2010. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Mursalini, Wahyu Indah. 2013. “ Analisis Pengaruh Perputaran Modal Kerja terhadap Profitabilitas Perusahaan pada CV. Business Ali Solok”.

Novita, Bunga Asri. 2015. “Pengaruh Struktur Modal dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas”. Jurnal Akuntansi Trisakti, Volume 2 No. 1 (hlm 13-28).

Prihadi, Toto. 2008. Deteksi Cepat Kondisi Keuangan (Analisis Rasio Keuangan). Jakarta: PPM.

Raharjaputra, Hendra S. 2009. Manajemen Laporan Keuangan dan Akuntansi. Untuk Eksekutif Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Rahma, Aulia. 2011. “Analisis Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur PMA dan PMDN yang terdaftar di BEI periode 2004-2008)”. Universitas Diponegoro, Semarang.

Riyanto, Bambang. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Downloads

Published

2020-10-28

How to Cite

Wiradnyana, G., Yudiaatmaja, F., & Suwendra, I. W. (2020). Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014. Jurnal Manajemen Indonesia, 8(3), 171–178. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38450

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>