Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Pegawai

Authors

  • Gusti Ayu Nyoman Purnamasari Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Bagia Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suwendra Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Kepemimpinan Transformasional, Budaya Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) kepemimpinan transformasional dan budaya kerja terhadap kinerja pegawai, (2) kepemimpinan transformasional terhadap budaya kerja, (3) kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai, dan (4) budaya kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Buleleng. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Buleleng, dan objeknya adalah kepemimpinan transformasional, budaya kerja, dan kinerja pegawai. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 karyawan. Semua populasi ini dijadikan unit pengamatan, sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik (1) kuesioner, dan (2) pencatatan dokumen, kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari (1) kepemimpinan transformasional dan budaya kerja terhadap kinerja pegawai, (2) kepemimpinan transformasional terhadap budaya kerja (3) kepemimpinan transformasionalterhadap kinerja pegawai, dan (4) budaya kerjaterhadap kinerja pegawaipada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Buleleng.

 

 

References

Achmad Amins. 2007. Manajemen Kinerja Pemerintah Daerah. Yogyakarta: Laksbang Pres Indonesia.

Agustina, Ritawati. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Jamsostek (Persero) Cabang Surabaya”.Volume 9 No. (hal 82- 93).

Djokosantoso Moeljono. 2003. Budaya Korporat dan Keunggulan Korporasi. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

Heri Susanto. 2010. “Analisis Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Kerja dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja Karyawan di Kantor Pertahanan Kabupaten Kebumen”. Jurnal Manajemen. Volume 2, Nomer 2 (hal 1-16).

Husaini, Usman. 2008. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta Timur: PT Bumi Akasara

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Purnamasari, G. A. N., Bagia, I. W., & Suwendra, I. W. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Indonesia, 9(1), 18–24. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38673

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>