Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Ni Luh Antarini .
  • Fridayana Yudiaatmaja,M.Sc .
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi,SE.,MSi .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil pengujian dari pengaruh (1) ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan, (2) ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, (3) profitabilitas terhadap nilai perusahaan, dan (4) ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif kausal. Subyek dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan obyek penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas dan nilai perusahaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pencatatan dokumen, kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan dari ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan sebesar 80.9%, (2) ada pengaruh positif dan signifikan dari ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan sebesar 45,9%, (3) ada pengaruh positif dan signifikan dari profitabilitas terhadap nilai perusahaan sebesar 35,0%, dan (4) ada pengaruh positif dan signifikan dari ukuran perusahaan terhadap profitabilitas sebesar 31,5%.
Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Nilai Perusahaan

This study aimed to obtain the test results from the effect of (1) the firm size and profitability to firm value, (2) the firm size to firm value, (3) the profitability to firm value, and (4) the firm size to profitability. The research design of this study was causal quantitive research. The subject of this study were foods and beverages manufacturing companies listed in Indonesia stock exchange and the objects were the firm size, profitability, and firm value. The technique of data collection was recording document, and it’s analyzed through path analysis. The result of this study showed that (1) there was significant effect from firm size and profitability to firm value amounted to 80,9%, (2) there was significant positive effect from firm size to firm value amounted to 45,9%, (3) there was significant positive effect from profitability to firm value amounted to 35,0%, and (4) there was significant positive effect from firm size to profitability amounted to 31,5%.
keyword : Firm Size, Profitability, and Firm Value

Published

2021-07-28

How to Cite

., N. L. A., ., F. Y., & ., N. L. W. S. T. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/9553

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>