Media Pembelajaran Interaktif Topik Perkembangbiakan Hewan Kelas VI SD

Authors

  • Luh Yeni Suriani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v1i2.38328

Keywords:

Media pembelajaran interaktif, perkembangbiakan hewan

Abstract

Adanya kesulitan dalam pembelajaran daring sehingga perlu dikembangkannya media pembelajaran interaktif agar meringankan guru dalam mengajar dan juga dapat membantu siswa agar dapat memahami materi dengan baik. Tujuan penelitian adalah untuk menciptakan media pembelajaran interaktif topik perkembangbiakan hewan. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 4 orang ahli dan 9 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas media pembelajaran interaktif topik perkembangbiakan hewan. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara dan pemberian instrumen non tes berupa lembar penilaian media dalam bentuk koesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data statistik deskritif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini dinyatakan valid dengan rata-rata ahli materi 3,81, ahli desain 3,56, ahli media 3,61, uji coba perseorangan 3,66, dan uji coba kelompok kecil 3,68 dengan kualifikasi sangat baik. Maka, media pembelajaran interaktif yang dikembangan dapat digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi perkembangbiakan hewan di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini adalah dapat membantu siswa dalam mempermudah pemahaman materi dan dapat membuat suasana belajar lebih menyenangkan.

Author Biographies

Luh Yeni Suriani, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Dasar

Ni Wayan Rati, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Made Citra Wibawa, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Afandi, Sajidan, Akhyar, M., & Suryani, N. (2019). Development Frameworks Of The Indonesian Partnership 21st -Century Skills Standards For Prospective Science Teachers: A Delphi study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 89–100. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.11647.

Akbar, T. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Ipa Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Sdn Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1120–1126. https://doi.org/10.17977/jp.v1i6.6456.

Almonacid-Fierro, A., Vargas-Vitoria, R., De Carvalho, R. S., & Fierro, M. A. (2021). Impact on teaching in times of COVID-19 Pandemic: A Qualitative Study. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 432–440. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21129.

Barliana, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Cerita Pendek yang Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/seloka.v4i1.6853.

Candra, A. A., & Masruri, M. S. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran PKn SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 109–144. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7662.

Dixit, N., Sharma, V., & Kumar, P. (2021). Development and characterization of xanthan gum-based abrasive media and performance analysis using abrasive flow machining. Journal of Manufacturing Processes, 67, 101–115. https://doi.org/10.1016/j.jmapro.2021.04.053.

Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran ICARE. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 126–132. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014.

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315.

Fatimah, Selviana, Widyastutik, O., & Suwarni, L. (2019). Efektivitas Media Audiovisual (Video) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Kelompok Masyarakat Tentang Program G1r1j. Jkmk (Jurnal Kesehatan Masyarakat Khatulistiwa), 6(2), 44–51. https://doi.org/10.29406/jkmk.v6i2.1767.

Firmansyah, R., & Saidah, L. (2016). Perancangan Web Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Ict. Informatika. Jurnal Informatika, 3, 176–182. https://doi.org/10.31311/ji.v3i2.834.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973.

Green, J. K., Burrow, M. S., & Carvalho, L. (2020). Designing for Transition: Supporting Teachers and Students Cope with Emergency Remote Education. Postdigital Science and Education, 2(3), 906–922. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00185-6.

Haenilah, E. Y. (2017). Efektifitas desain pembelajaran terpadu Berbasis Core Content di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 39–48. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p039.

Hamzah, B., Solfarina, & Delviana. (2020). Mapping of Reflective Thinking Levels and Basic Thinking Ability of Students in Learning Sains at SMP Negeri 30 Sigi. Jurnal Riset Pendidikan MIPA, 4(1), 53–60. https://doi.org/10.22487/j25490192.2017.v1.i1.pp.xxx-xxx.

Hartana, A., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Paradigma Pedagogi Ignatian (Reflektif) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Motivasi Berprestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 765–779. https://doi.org/10.17977/jp.v1i4.6555.

Herliandry, Devi ., N. M. E. S. H. K. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi, 22(1), 65–69. https://doi.org/10. 21009/jtp.v22i1.15286.

Heru, H., & Yuliani, R. E. (2020). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Blended Learning bagi Guru SMP/MTs Muhammadiyah Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.30653/002.202051.279.

Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765.

Izzati, I., Huda, C., & Mushafanah, Q. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Word Square Berbantuan MEdia Puzzle Pada Mata Pelajaran IPS SD. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 101–109. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.5079.

Khuluqo, E. I., Ghani, A. R. A., & Fatayan, A. (2021). Postgraduate Students’ Perspective on Supporting “Learning From Home” to Solve the Covid-19 Pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 615–623. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21240.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401.

Mitana, J. M. V., Muwagga, A. M., & Ssempala, C. (2019). Assessment for Successful Intelligence : A Paradigm Shift in Classroom Practice. International Journal of Educational Research Review Assessment, 4(1), 106–115. https://doi.org/10.24331/ijere.490162.

Mohammed, G. S., Wakil, K., & Nawroly, S. S. (2018). The Effectiveness of Microlearning to Improve Students’ Learning Ability. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 32–38. https://doi.org/10.30659/e.1.1.68-75.

Munajah, R. (2020). Penerapan Media Belajar Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Penggolongan Makhluk Hidup Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Mandalasari 2 Pandeglang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 45–56. https://doi.org/10.31326/jipgsd.v4i1.615.

Nopriyanti, & Sudira, P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 222 – 235. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416.

Novitasari, R. A. (2018). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Taruna Bangsa Melalui Pendekatan Problem Based Learning Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Handayani, 7(2), 82–91. https://doi.org/10.24114/jh.v7i2.7238.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645.

Oestreich, A. M., Suli, M. I., Gerlach, D., Fan, R., & Czermak, P. (2021). Media development and process parameter optimization using statistical experimental designs for the production of nonribosomal peptides in Escherichia coli. Electronic Journal of Biotechnology, 52, 85–92. https://doi.org/10.1016/j.ejbt.2021.05.001.

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.

Oviana, W. (2017). Pengembangan Sikap Spiritual Islami Dan Ketrampilan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Krueng Sabee Aceh Jaya. Jurnal Ilmiah Didaktika, 17(1), 101–117. https://doi.org/10.22373/jid.v17i1.1588.

Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10(2), 79–85. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.

Pratama, L. D., Lestari, W., & Astutik, I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 413–423. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2783.

Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Sari, R. L. P. (2012). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis web terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2), 99–109. https://doi.org/10.21831/jk.v42i2.2236.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Rante, P., Sudarto, & Ihsan, N. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Berbasis Audio-Video Eksperimen Listrik Dinamis di SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 203–208. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2724.

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9964/4705.

Riani, S., Hindun, I., & Krisno Budiyanto, M. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Bioteknologi Modern Siswa Kelas Xii Sma. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i1.2298.

Rohati, Winarni, S., & Hidayat, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra. Edumatica, 08(02), 81–91. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5486.

Saputri, D. Y., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on Game in Elementary School: A Challenge into Learning in 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8. https://doi.org/10.24331/ijere.411329.

Saputro, H. B., & Soeharto. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 61 – 72. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4065.

Sari, D. P. P., Murtono, & Utomo, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPS Berbasis Problem Based Learning dan Ular Tangga. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(1), 1–12. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1305.

Sribawana, I. P. S. S., Kusmariyatni, N., & Suwatra, I. I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10934.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Sulastri, S. (2020). Peningkatan Kemandirian Belajar IPA dengan Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas V SDN 43 Rejang Lebong. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 46–51. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.46-51.

Sutama, G. A., Suranata, K., & Dharsana, K. (2014). Penerapan Teori Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3960.

Sutarno, E. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran Untuk Meningkatkan Hasil Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 1–1. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3258.

Waele, A. De, Claeys, A.-S., & Opgenhaffen, M. (2020). Preparing to face the media in times of crisis: Training spokespersons’ verbal and nonverbal cues. Public Relations Review, 46(2). https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2019.101871.

Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29259.

Yasa, A. D., Suastika, K. K., & Zubaidah, R. S. A. N. (2020). Pengembangan E-Evaluation Berbasis Aplikasi Hot Potatoes Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 26–32. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23987.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Yuliati, Y. (2015). Penerapan Model Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.346.

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.

Zakiya, H., Santoso, R., & Nurkamto, J. (2020). Implementing School Policy: Teachers’ Strategies in Improving Students Speaking Ability. International Journal of Educational Research Review, 5(4), 407–416. https://doi.org/10.24331/ijere.776291.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Suriani, L. Y., Rati, N. W., & Wibawa, I. M. C. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Topik Perkembangbiakan Hewan Kelas VI SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 57–67. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i2.38328

Issue

Section

Articles