Media Video Pembelajaran Interaktif Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.77773Keywords:
Media Video, Pembelajaran Interaktif, PBL, Hasil Belajar, IPASAbstract
Pada saat proses pembelajaran berlangsung seringkali hanya disampaikan dengan metode ceramah, maka siswa hanya memahami materi dengan sekilas saja. Siswa sering merasa bosan saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini tentunya berdampak pada hasil belajar siswa rendah siswa terutama pada mata pelajaran IPAS. Kebanyakan siswa cenderung lebih senang belajar dengan menggunakan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran interaktif PBL yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penilitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah 4 ahli media. Subjek uji coba yaitu siswa kelas IV sekolah dasar berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data yaitu pencatatan dokumen, kuesioner dan tes soal pilihan ganda. Hasil analisis data yang dihasilkan yaitu indeks validasi keberterimaan media yaitu sebesar 0,944 dengan predikat/kualifikasi sangat tinggi dan hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran interaktif PBL efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV sekolah dasar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reza Oktariani, I Ketut Gading, I Made Citra Wibawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)