Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan PowerPoint Interaktif Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.62164Keywords:
Teams Games Tournament learning model, interactive power point, Science learning outcomesAbstract
Pembelajaran yang monoton, berpusat pada guru, dan tidak menyenangkan mengakibatkan siswa tidak nyaman dalam belajar, tidak fokus, dan cepat merasa bosan atau jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan PowerPoint Interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Research, dengan rancangan Non-Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V SD, yang terdiri dari 7 sekolah dengan jumlah 203 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random Sampling, yang dirandom yaitu kelas sebagai Intact Group dengan komposisi sampel yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 21 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode dalam pengumpulan data hasil belajar IPA adalah metode tes dengan menggunakan tes uraian yang berjumlah 10 butir. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan kesimpulan terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan PowerPoint Interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan oleh guru dalam proses belajar mengajar untuk membangkitkan semangat siswa agar lebih aktif dalam mencapai hasil belajar yang diharapkan.
References
Afandi, A. (2017). Media ICT Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Power Point Interaktif dan Ispiring Presenter. Jurnal Terapan Abdima, 2(1), 19–26. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jta.v2i0.972. DOI: https://doi.org/10.25273/jta.v2i0.972
Albab, U. (2018). Teori Mutakhir Pembelajaran: Konsep Edutainment Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. El-Tarbawi, 11(1), 51–62. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol11.iss1.art4. DOI: https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol11.iss1.art4
Amalia, A. N., & Widayati, A. (2012). Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas Xii Sma Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Di Kota Yogyakarta Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.919. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.919
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110. DOI: https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11–30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84. DOI: https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84
Damayanti, S., & Apriyanto, M. T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 02(02), 235–244. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00. DOI: https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2497
Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 44–52. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442. DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442
Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217–226. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039. DOI: https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039
Fadlillah, M., Filasofa, L. M. K., Wantini, Akbar, E., & Fauziyah, S. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan (Jefry (ed.); 1st ed.). Kencana Prenadamedia Group. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=TFFADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1.
Furqany, R., Muchlis, E. E., & Hanifah. (2017). Aktivitas Belajar Matematika Siswa Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media PowerPoint. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 196–201. DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.197-201
Holimin, H., Dartono, D., & Prihantoro, D. (2021). Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Sistem Pertahanan Negara Melalui Pendidikan Bela Negara. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3(November), 311–322. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.148. DOI: https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.148
Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPA di SD dan MI. Fenomena, 7(1), 17–28. https://doi.org/10.21093/fj.v7i1.267. DOI: https://doi.org/10.21093/fj.v7i1.267
Isroqmi, A. (2015). Pemilihan Software Aplikasi Untuk Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif (Studi Kasus : Aplikasi PowerPoint). Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang., 1317–1336. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/377/270.
Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12–17. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628. DOI: https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628
Koyan, I. W. (2011). Asesmen Dalam Pendidikan. Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Kristiana, I., Nurwahyunani, A., & Sulistya Dewi, E. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas Viii Mts N 1 Semarang. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2), 78–92. https://doi.org/10.26877/bioma.v6i2.1740. DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v6i2.1740
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191
Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In M. J. Mhirda (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling (1st ed., Vol. 8, Issue 9). Ediide Infografika.
Lase, D. (2019). Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sundermann, 1(1), 28–43. https://doi.org/https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18. DOI: https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18
Maksum, A. (2016). Model Pendidikan Toleransi Di Pesantren Modern Dan Salaf. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 81. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.81-108. DOI: https://doi.org/10.15642/pai.2015.3.1.81-108
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., Ardiyanto, D., Hutama, H. A., Boru, M. J., Fachrozi, I., Rodriquez, E. I. S., Prasetyo, T. B., & Romadhana, S. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. In Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaaan Universitas Negeri Malang 2020 (1st ed., Vol. 53, Issue 9). Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaaan Universitas Negeri Malang.
Mustika, I. W. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika. Jurnal IKA, 18(1), 54–72. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/28384.
Nanggala, A. (2020). Analisis Wacana Pembaharuan Kebijakan Zonasi Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nadiem Makarim Sebagai Solusi Pemerataan Pendidikan Di Indonesia. JUrnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 157–167. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/25434.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Peranginangin, A., Barus, H., & Gulo, R. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 43–50. DOI: https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1pp39-44
Pramita, P. A., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Flip Chart terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 20–31. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18082. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18082
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140.g1672. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140
Rahayu, R., & Ismawati, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sebagai Upaya Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Smk. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(2). https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.706. DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.706
Rahmat, S. T. (2015). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 7(2), 196–208. https://doi.org/10.36928/jpkm.v7i2.35. DOI: https://doi.org/10.36928/jpkm.v7i2.35
Rokhimawan, M. A., Badawi, J. A., & Aisyah, S. (2022). Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Tingkat SD/MI. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2077–2086. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2221. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2221
Saputra, T. (2010). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia 6 – 12 Tahun. E-Journal STAI AI Hidayah Bogor.
Saragih, E., & Wedyawati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Peningkatan Hasil Belajar Materi Bilangan Romawi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Research of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 14–24. https://doi.org/https://doi.org/10.38114/riemann.v1i1.10. DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v1i1.10
Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 45–53. https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010
Sudimahayasa, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1–3), 45–53. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6917. DOI: https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6917
Sufiyanto, M. I. (2021). Pembelajaran IPA SD/MI. 6(11), 10–11.
Sugiata, I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618
Suryani, N. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial Siswa. Jurnal Harmoni IPS, 1(2), 1–23.
Susanna, S. (2018). Penerapan Teams Games Tournament (Tgt) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas Xi Man 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2832. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2832
Syafe’i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6(November), 151–166. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1876.
Tahan, W. S., & Harlinda, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(4), 6. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.0101.01. DOI: https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11241
Tandaju, V. T., Wulur, M. M., & Tuerah, R. M. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Gmim Pinabetengan. Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 197–202. http://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/eduprimar.
Thalita, A. R., Fitriyani, A. D., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 147–156. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20543.
Wandini, R. R., Sipahutar, D. A., Rahmawati, I., Diah, R., & Harpani, S. (2022). Merubah Pandangan Siswa yang Menganggap Pembelajaran PKn Membosankan Menjadi Pembelajaran PKn Yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1489–1496. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5557.
Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92
Wijayanti, A. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Dasar Mahasiswa Pendidikan Ipa. Jurnal Pijar MIPA, 11(1), 15–21. https://doi.org/10.29303/jpm.v11i1.3. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v11i1.3
Wirawan, I. M. T. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha.
Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 96–107. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778
Zaini, M. S., & Nugraha, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidorajo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 349–361. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p349-361. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p349-361
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Made Yoga Suandita, Ni Wayan Rati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)