Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Pkn
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v2i2.49946Keywords:
Multimedia Interaktif, ADDIE, PknAbstract
Penelitian pengembangan ini dilakukan karena tidak adanya media yang digunakan selama pembelajaran sehingga siswa kurang tertarik dengan pengalaman belajar di kelas, dan menyebabkan penurunan hasil belajar siswa yang sangat besar. Tujuan penelitian ini yaitu menciptakan multimedia interaktif materi PKN. Jenis penelitian pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 1 ahli isi, 1 ahli desain pembelajaran, dan 1 ahli media pembelajaran. Subjek uji coba produk berjumlah 9 siswa. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode kuesioner/angket. Instrument yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitati dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu ahli isi kualifikasi sangat baik (98,57%), ahli desain kualifikasi baik (86%), ahli media kualifikasi baik (84,4%). Hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (94%), dan kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (94%). Hal ini menandakan bahwa multimedia interaktif materi PKN valid dan layak digunakan dan multimedia pembelajaran interaktif dapat membantu siswa belajar PKN. Implikasi penelitian ini berdampak pada minat belajar siswa meningkat saat menggunakan multimedia interaktif.
References
Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 32–45. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049.
Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615.
Bardi, B., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 49–63. https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5203.
Dwi, I. K., Ardana, C., Agung, A., Agung, G., & Simamora, H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 104–112. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523.
Dwiqi, G. C. S, Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.
Dwiqi, Gede Cris Smaramanik, Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.
Erwin, V. A., & Syukur, Y. (2019). Multimedia Interaktif Bermuatan Permainan Edukatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 901–908. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.183.
Eryani, N. H. zain; I. C. S. R. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636.
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505.
Jannah, I. N., Prasetiyawati, D., Hariyanti, D., & Prasetyo, S. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54–59. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135.
K. Dwiningsih, sukarmin, M. (2018). Developing Chemical Instructional Media Using Virtual Laboratory Media based on the Global Era Learning Paradigm. Teknologi Pendidikan, 06(02), 156–176.
Kamaluddin, M. (2017). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dan strategi untuk meningkatkannya. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 67(9), 455–460.
Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1 – 11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345.
Kurniawan, Agung, & Tegeh. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Dasar Sepak Bola Dengan Konsep Quantum Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 5(2), 179–188. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20374.
McVey, M. (2016). Preservice Teachers’ Perception of Assessment Strategies in Online Teaching. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 32(4), 119–127. https://doi.org/10.1080/21532974.2016.1205460.
Meyer-Beining, J., Vigmo, S., & Mäkitalo, Å. (2018). The Swedish grade conference: A dialogical study of face-to-face delivery of summative assessment in higher education. Learning, Culture and Social Interaction, 19(May), 134–145. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2018.05.004.
Meyer, O. A., Omdahl, M. K., & Makransky, G. (2019). Investigating the effect of pre-training when learning through immersive virtual reality and video: A media and methods experiment. Computers and Education, 140, 103603. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103603.
Muchtar, F. Y., & Nasrah, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis I-Spring Presenter untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5520–5529. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1711.
Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020a). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 5(2), 1164 – 1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619.
Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020b). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi, 5(2), 1164 – 1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619.
Nadhif, M. (2019). Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Di SD. Cordova Journal : Language and Culture Studies, 9(1), 52–71. https://doi.org/10.20414/cordova.v9i1.1776.
Oktafiani, D, Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.
Oktafiani, Dian, Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.
Prasetyo, G., Hidayatullah, M. F., Akhyar, M., Wiranto, & Perdana, R. (2020). Strengthening Students’ Character Through Multimedia Learning in Primary Schools Education: Systematic Literature Reviews. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(3), 268–277. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8328.
Pratiwi, R. I. M, & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220.
Pratiwi, Rianti Ika Maya, & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220.
Priyanto, W. (2016). Penerapan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 120–135. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v3i2.4252.
Purnamasari, S., & Herman, T. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis, Serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 178 – 185. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5140.
Putri, L. G. R. A., Japa, I. G. N., & Riastini, P. N. (2021). Media Pembelajaran Videoscribe-Hots Bermuatan IPA Pada Topik Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 26(3), 451–460. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.38830.
Rahman, S., Suwatra, I. I. W., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Liligundi. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 7(2), 24–35.
Siamy, L., Farida, F., & Syazali, M. (2018). Media Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 113. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1919.
Sudarwati, N. K. A., Sudarma, I. K., & Pudjawan, K. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Smp. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 28–38.
Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5196.
Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.9723.
Susilawati, B., & Satriawan, D. (2018). Membangun Media Interaktif Belajar Anak Usia Dini Dalam Mengenal Huruf dan Angka. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 34–49. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3059.
Susilo, A. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.649.
Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbentuk Game untuk Menstimulasi Aspek Kognitif dan Bahasa Anak TK. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38–49. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194.
Wulandari, G. A., & Ambara, D. P. (2021). Media Kartu Uno Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal dan Berhitung Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 211. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500.
Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa melalui Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 104–112. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)