Video Animasi Rotasi Bumi dan Akibatnya Berbasis Powtoon
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v3i1.52070Keywords:
Video, Animasi, PowtoonAbstract
Motivasi siswa secara keseluruhan masih relatif rendah yang terlihat dari perilaku siswa yang tidak menyukai pembelajaran IPA berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan video animasi rotasi bumi dan akibatnya berbasis Powtoon. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 2 ahli media, 2 ahli materi pembelajaran dan 2 guru. Subjek uji coba yaitu siswa kelas IV SD yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian dari ahli media pembelajaran I yaitu 96,15%, dan ahli II yaitu 90,38%. Hasil penilaian dari ahli materi yaitu ahli I yaitu 95% dan ahli II yaitu 90%. Hasil penilaian kepraktisan dari guru yaitu guru I (97,36%), dan guru II (98,68%). Hasil respon siswa yaitu 97,9%. Disimpulkan bahwa Video Animasi Powtoon Rotasi Bumi valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.
References
Agustiana, I. G. A. T., Agustini, R., Ibrahim, M., & Tika, I. N. (2020). The Effect of OPPEMEI Model on Students’ Creative Thinking Skill and Cognitive Learning Achievement. https://doi.org/10.2991/aer.k.201124.040. DOI: https://doi.org/10.2991/aer.k.201124.040
Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology, 2(2), 81–90. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561
Alfianti, A., Taufik, M., Hakim, Z. R., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Jurnal of Elementary Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927.g1791. DOI: https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927
Andini, D., & Supriadi, N. (2018). Media Animasi Menggunakan Macromedia Flash Berbasis Pemahaman Konsep Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 149. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2278. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2278
Anjarsari, E., Donny, D. F., & Abdul, W. A. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084.
Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Children’s Learning in Science berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 124–132. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16150. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774
Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224
Astutik, A. F., Rusijono, & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3), 543–554. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2894.
Awalia, I., Pamungkas, & Alamsyah. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859
Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology, 3(1). https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503
Busyaeri, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Journal Pendidikan Guru MI, 3(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501
Chaeruman, U. A., Wibawa, B., & Syahrial, Z. (2020). Development of an Instructional System Design Model as a Guidline for Lecturers in Creating a Course Using Blended Learning Approach. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(14), 164–181. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i14.14411. DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v14i14.14411
Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P. P. (2020). Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095
Fayza, A. A., Nugraha, D. M., & Supriyono. (2021). Pengaruh Literasi Terhadap Perkembangan Pembelajaran Pkn. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.46506. DOI: https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.46506
Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 94–107. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937
Fitriani, A. A., Ulfa, S., & Adi, E. P. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Sistem Pernapasan Manusia Sebagai Upaya Mendukung Kebijakan Belajar Di Rumah. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 303–316. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p303.
Forbes, H., Oprescu, F. I., Downer, T., Phillips, N. M., McTier, L., Lord, B., Barr, N., Alla, K., Bright, P., Dayton, J., Simbag, V., & Visser, I. (2016). Use of videos to support teaching and learning of clinical skills in nursing education: A review. In Nurse Education Today (Vol 42, bll 53–56). Elsevier. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2016.04.010. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2016.04.010
Handayani, N. M. D., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 176. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502
Harjanto, I., Lie, A., Wihardini, D., Pryor, L., & Wilson, M. (2018). Community-based teacher professional development in remote areas in Indonesia. Journal of Education for Teaching, 44(2), 212–231. https://doi.org/10.1080/02607476.2017.1415515. DOI: https://doi.org/10.1080/02607476.2017.1415515
Hidayati, A., & Astuti, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Kata Bergambar Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27446.
Kholis, N. (2019). Teacher Professionalism in Indonesia, Malaysia, and New Zealand. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 6(2), 179–196. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i2.11487. DOI: https://doi.org/10.15408/tjems.v6i2.11487
Kurniawan, F. Y., Siahaan, S. M., & Hartono, H. (2020). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adventure game pada materi prinsip animasi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 183–195. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.28488. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.28488
Lestari, K. D., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Keterampilan Menjelaskan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1(3), 169. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12501. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12501
Lubis, & Hidayat. (2021). Pengembangan Media Animasi Berbantuan Powtoon Melalui Pembelajaran Daring Pada Operasi Bilangan Tiga Angka Dikelas II SD. Education Achievment: Journal of Science and Research, 2(3). https://doi.org/10.51178/jsr.v2i1.337. DOI: https://doi.org/10.51178/jsr.v2i1.337
Mertasari, P. S., & Ganing, N. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ekosistem Muatan Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 10, 288–298. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32848
Munawaroh, S. (2019). Teaching the narrative texts using animation video: raising students’ skills on reading comprehension. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 1(1), 18–22. https://doi.org/10.31849/utamax.v1i1.2791. DOI: https://doi.org/10.31849/utamax.v1i1.2791
Nanda, K. K., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Kelas V di SD Negeri 1 Baktiseraga. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 88–99. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20627.
Nopiantari, I., & Agung, A. A. G. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Video Pembelajaran pada Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Bermuatan Masalah Sosial. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 75–84. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32058. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32058
Noviyanto, T. S. H., Juanengsih, N., & Rosyidatun, E. S. (2015). Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Edusains, 7(1), 57–63. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1215. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1215
Nurdiansyah, E., Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875. DOI: https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875
Nursyahidah, F., Putri, R. I. I., & Somakim. (2013). Supporting First Grade Students’ Understanding of Addition Up to 20 Using Traditional Game. Journal on Mathematics Education, 4(2), 212–223. https://doi.org/10.22342/jme.4.2.557.212-223. DOI: https://doi.org/10.22342/jme.4.2.557.212-223
Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223
Oktafiyana, C., & Septiana, Y. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Game Educandy dan Video Animasi Kinemaster dan Animaker pada Pembelajaran Pengenalan Kosakata Anggota Tubuh dan Panca Indera beserta Fungsi dan Cara Perawatannya. Edustream : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 166–174. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p166-174. DOI: https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p166-174
Ompi, Sompie, & Sugiarso. (2020). Video animasi interaktif 3d dampak penggunaan gadget pada anak sekolah dasar tingkat awal. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 9(2). https://doi.org/10.35793/jtek.9.2.2020.29717.
Patriani, R. P., & Kusumaningrum, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dan 3 Dimensi Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2). https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3651. DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3651
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.
Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425
Prehanto, A., Aprily, N. M., Merliana, A., & Nurhazanah, M. (2021). Video Pembelajaran Interaktif-Animatif sebagai Media Pembelajaran IPS SD Kelas Tinggi di Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 32–38. https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.33696. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.33696
Putri, N. M. L. K., Parmiti, D. P., & Sudarma, I. K. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Bahasa Isyarat Berbasis Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas V di SDLB-B Negeri I Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal EDUTECH Undiksha, 7(2), 81–91. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23162.
Ridha, M., Firman, & Desyandri. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.925. DOI: https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.193
Riyanto, M., Jamaluddin, U., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Video Scribe Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Madrasah, 11(2), 53–63. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419. DOI: https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419
Rochimah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Video Animasi Pada Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Segitiga Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Sumberagung Peterongan Jombang. Skripsi.
S.H. Wijaya, I.M. Tegeh, & I.K.Suartama. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Muatan Pelajaran Ipa Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 61–71. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644
Saripudin, E., Sari, I. J., & Mukhtar, M. (2018). Using Macro Flash Animation Media on Motion Material to Improve Learning Achievement for Learning Science in Junior High School. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 4(1), 68–75. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i1.3316. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v4i1.3316
Setianingsih, I. G. A. A. A., Putra, D. K. N. S., & Ardana, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Audio Visualterhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3(3), 203–209. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21827. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21827
Simanjuntak, S. Y., Kismartini, Dwimawanti, I. H., & Hidayatullah, M. A. (2020). Respons Guru Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 125–136. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.108. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.108
Soeoed, R., Rachmawaty, N., & Huzzin As’ari, M. (2018). Evaluation on the use of animated narrative video in teaching narrative text. SHS Web of Conferences, 42, 00087. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200087. DOI: https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200087
Sudiarta, I. G. P., & Sandra, I. (2016). Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(2). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009. DOI: https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009
Suryani, N. K., Renda, N. T., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berorientasi Tri Kaya Parisudha Terhadap Penguasaan Konsep Ipa Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugus Vii Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17962. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17962
Susanti, B. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Scribe Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Pinang. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 387–396. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.399. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.399
Tambunan, L. R., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2020). Implementasi E-book Berbasis Smartphone pada Materi Polinomial di Kelas XI SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2521. DOI: https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2521
Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15–21. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959
Widiantini, N. N. A. S., Putra, M., & Wiarta, I. W. (2017). Model Pembelajaran Sets (Science, Environment, Technology, Society) Berbantuan Virtual Lab Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11776. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11776
Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.
Widiyasanti, Margareta, Proketen, S. D., & Yogyakarta, N. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835
Wuryanti. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055
Yudha, Pudjawan, & Tegeh. (2017). Pengembangan Video Matembang Sekar Alit Berbasis Model Direct Instruction DI SMP Negeri 5 SINGARAJA. Jurnal Edutech Undiksha, 5(1), 19–27. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20198.
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331
Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2020). Implementing e-learning-based virtual laboratory media to students’ metacognitive skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(5), 63–74. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i05.12029. DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v15i05.12029
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)