Modul Ajar Digital Praktikum Pendidikan Matematika Kelas Tinggi di Sekolah Dasar

Authors

  • Dewa Ayu Sintya Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Kadek Suartama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.61523

Keywords:

Modul Ajar Digital, Matematika, Simetri Lipat, Simetri Putar, Pencerminan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran menggunakan modul ajar cetak yang masih konvensional sehingga kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar digital praktikum pendidikan matematika kelas tinggi di SD pada topik simetri lipat, simetri putar dan pencerminan yang baik digunakan dalam pembelajaran dengan menguji validitas dan kepraktisannya. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, 2 ahli desain, 2 orang dosen dan 12 mahasiswa, sedangkan objek uji produk dalam pengembangan ini adalah validitas dan kepraktisan modul ajar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara dan metode kuesioner dengan menggunakan rating scale. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa prototype media yang dikembangkan terdiri dari 3 bagian utama yaitu tampilan pembuka, inti dan penutup. Hasil uji validitas menunjukan rata-rata skor ahli materi 95,3%, ahli desain 92% dan ahli media 92,6% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji kepraktisan pada uji perorangan sebesar 92,6%, uji kelompok kecil 93,3% dan oleh praktisi sebesar 95,5%. Disimpulkan modul ajar digital dikembangkan sangat valid dan praktis dikembangkan dalam pembelajaran.

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581. DOI: https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Alwi. (2019). Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan Sekolah Dasar Negeri 2 GU. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 7(2), 180–189. https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JFKIP/article/download/84/58.

Ananda, R., Fadhilaturrahmi, F., & Hanafi, I. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1689–1694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1190. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1190

Aryawan, R., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan e-modul interaktif mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Cahyaningrum, D. E., & Diana, D. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453

Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116. https://doi.org/10.32533/03105.2019. DOI: https://doi.org/10.32533/03105.2019

Dwiyanti, I., Supriatna, A. R., & Marini, A. (2021). Studi Fenomena Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Daring Muatan IPA Di SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 74–88. https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4175. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4175

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529. DOI: https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Febrilyani, W. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Visual-Auditory-Kinesthetic (VAK) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 2(2), 102. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v2i2.2244. DOI: https://doi.org/10.33603/cjiipd.v2i2.2244

Fitriasari, P. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa PGSD Pada Materi Geometri Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 86–95. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3455. DOI: https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3455

Haeriyah, H., & Pujiastuti, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berbantuan Aplikasi Anyflip Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1047. DOI: https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1047

Hendri, S., Handika, R., Kenedi, A. K., & Ramadhani, D. (2021a). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematic untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2395–2403. https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Hendri, S., Handika, R., Kenedi, A. K., & Ramadhani, D. (2021b). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Science, Technology, Enginiring, Mathematic untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2395–2403. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1172. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1172

Hurriyah, Wahyuni, D., & Sari, M. (2020). Efektifitas e-Modul Berbasis Problem Solving Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Perserta Didik. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(2), 180–189. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i2.1709.

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261. DOI: https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261

Jusmawati, Satriawati, & Sabillah, B. M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Minat. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 106–111. https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3934.

Khairunnas, M. (2021). Peran Tenaga Pendidik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Covid-19. Journal of Islamic Education Management, 6(1), 61–76. https://doi.org/10.24256/kelola.v6i1.1766.

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103

Lisnasari, S. F., Siregar, H. T., Tarigan, R. M. br, & Suciawati, H. (2023). Analisis Pelaksanaam Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Muqoddimah : Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 7(1), 240. https://doi.org/10.31604/jim.v7i1.2023.240-244. DOI: https://doi.org/10.31604/jim.v7i1.2023.240-244

Maharani, I. N., Kunci, K., Bahan, :, Matematika, A., Konsep, P., & Bilanga, O. (2017). Model Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Sekolah Dasar. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31932/ve.v8i1.54.

Mahardika, B. N., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2021). Aplikasi E-Modul Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar. Akademika, 10(1), 17. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1322. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1322

Maulana, F., Supriadi, & Ustafiano, B. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar untuk Mempersiapkan Siswa Menghadapi Kurikulum Merdeka Pada SMK Negeri 5 Pekanbaru. ABDIMAS Lectura, 1(1), 60–66. https://journal.unilak.ac.id/index.php/abdimaslectura/article/view/13137.

Mu’arif, A. N., Damayanti, F., Akmalia, R., Arsfenti, T., & Darmadi, D. (2021). Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 44–57. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.164. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.164

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925

Pakpahan, I. P., Selegi, S. F., & Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Materi Bumi Dan Alam Semesta Pada Pembelajaran IPA Kelas VI SDN Sukakarya. Jurnal Ilimiah Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.649.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Pratiwi, P. H. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 201–209. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123

Purwati, N. K. R., & Erawati, N. K. (2021). Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Pembelajaran Kolaboratif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 37–48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.817. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.817

Puspitorini, F. (2020). Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 99–106. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.274. DOI: https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.274

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 38–50. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JPD/article/view/439/pdf. DOI: https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439

Qoridatullah, A., Hidayat, S., & Sudrajat, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berorientasi High Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 33–40. https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.494. DOI: https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.494

Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Model Flipped-Blended Learning. Genta Mulia, 11(2), 150–163. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/ view/460.

Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561

Santosa, A. S. E., Santyadiputra, G. S., & Divayana, D. G. H. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan Kelas Xii Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK TI Bali Global Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (Karmapati), 6(1), 62. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9269. DOI: https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9269

Saputri, S. (2022). Pentingnya Menerapkan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Jenjang Sekolah Dasar. EduBase : Journal of Basic Education, 3(1), 47–59. https://media.neliti.com/media/publications/374767-none-a44b8d51.pdf.

Siregar, A. N., & Lubis, W. (2017). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Educandum, 10(1), 1–12. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/em/article /viewFile/9737/8884.

Sumarto, S., Harahap, E. K., & Kasman, K. (2019). Manajemen Mutu Sekolah Melalui Pelaksanaan dan Pengawasan Program Kerja. Jurnal Literasiologi, 2(2), 13. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i2.48. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i2.48

Sya’idah. (2022). Pentingnya Pendidikan Nilai terhadap Siswa Sekolah Dasar di Era Global. Jurnal Pendidikan Tambusa, 6(2), 11819–11824. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4326.

Wahyuni, S., & Batubara, I. H. (2021). Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 2(2), 48–51. https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i2.7103. DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i2.7103

Wilujeng, I., & Putri, T. S. Y. (2020). Development of SETS E-Module Integrated with POE Model for Science Learning. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2), 252–264. https://doi.org/10.26858/est.v1i1.14735. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i1.14735

Winatha, komang redy, Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238. DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238

Zaharah, Z., & Susilowati, A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Modul Elektronik Di Era Revolusi Industri 4.0. Biodik, 6(2), 145–158. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.8950. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.8950

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Dewi, D. A. S., I Kadek Suartama, & I Nyoman Laba Jayanta. (2023). Modul Ajar Digital Praktikum Pendidikan Matematika Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 56–65. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.61523

Issue

Section

Articles