E-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik pada Tema 6 Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.59803Keywords:
e-modul, Pendekatan Saintifik, hannafin and peckAbstract
Pembelajaran hanya berpatokan pada buku paket, sehingga diperlukan bahan ajar berupa e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran tematik (Tema 6) untuk siswa. Subjek penelitian yaitu 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji perorangan, dan 9 siswa untuk uji kelompok kecil. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pencatatan dokumen dan metode kuesioner/angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Hannafin and Peck, terdiri dari tiga fase utama: menilai kebutuhan, mendesain/merancang, mengembangkan dan mengimplementasikan, di masing-masing fase melibatkan kegiatan evaluasi dan revisi. Hasil penelitian yaitu penilaian ahli isi pelajaran yaitu sangat baik. Hasil penilaian dari ahli media pembelajaran yaitu sangat baik. Hasil penilaian dari ahli desain pembelajaran yaitu baik. Hasil uji coba perorangan yaitu sangat baik dan uji coba kelompok kecil yaitu sangat baik. Disimpulkan bahwa e-modul layak digunakan dalam pembelajaran. E-modul membantu siswa belajar tematik (Tema 6) sehingga motivasi belajar menjadi meningkat.
References
Agustini, N. K. D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 94–103. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14211. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14211
Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236
Artiniasih, N. K. S., Agung, A. G., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengembangan elektronik modul berbasis proyek mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VIII sekolah menengah pertama. Jurnal Edutech Undiksha, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.20008.
Aryawan, R., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan e-modul interaktif mata pelajaran ips di smp negeri 1 singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.
Astuti, I. A. D., Putra, I. Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Developing Practicum Module of Particle Dynamics Based on Scientific Methods to Improve Students’ Science Process Skills. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 7(2), 183–196. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v7i2.2513. DOI: https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v7i2.2513
Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 130–136. https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.823.
Dwiyanti, I., Supriatna, A. R., & Marini, A. (2021). Studi fenomenologi penggunaan e-modul dalam pembelajaran daring muatan IPA di SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 74–88. https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4175. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4175
Hendri, S., R., H., Kenedi, A. K., & Ramadhani, D. (2021). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Science, Technology, Enginiring, Mathematic untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2395–2403. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1172. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1172
Husni, B. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(2), 376–383. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.37026. DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.37026
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478. DOI: https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216–224. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646
Khasanah, I. N., Parmiti, D. P., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan media monopoli dengan model Hannafin dan Peck mata pelajaran IPS di SD Mutiara Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 202–211. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20292.
Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840.
Martiningsih, I., Lisdiana, L., & Susilowati, S. M. E. (2019). Development of Module Based on Scientific Contextual Additives Material to Increase Learning Outcomes and Science Process Skills in Junior High School. Journal of Innovative Science Education, 8(2), 128–137. https://doi.org/10.15294/JISE.V0I0.27790.
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran Pop-up Book pada mata pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 212–221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.
Mutmainnah, M., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625–1631. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952
Nadzir, H. N. (2023). E-Modul Menggunakan Model Hannafin and Peck pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.23887/jmt.v3i1.58570. DOI: https://doi.org/10.23887/jmt.v3i1.58570
Nugraha, M. S., Awwalina, L. S., & Dedih, U. (2024). Dinamika Pembelajaran PAI di Era Digital : Integrasi Teknologi dalam Model Hannafin-Peck untuk pembelajaran yang lebih dinamis. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 836–844. https://doi.org/10.5281/zenodo.10472270.
Paputungan, F., & Paputungan, E. (2023). Pendekatan dan Fungsi Afektif dalam proses pemblajaran. Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47918/jeac.v3i1.1080.
Parmita, N. P. I. P., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2017). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Administrasi Server Kelas X TKJ di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 6(2), 175–191. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i2.11498. DOI: https://doi.org/10.23887/janapati.v6i2.11498
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17–32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Putra, I. (2021). Media Pembelajaran Biologi Berbentuk Infografis Tentang Materi Sistem Imun Pada Manusia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 438–445. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38361. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38361
Rusyati, R., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2019). Rekonstruksi bahan ajar berbasis stem untuk meningkatkan literasi sains dan tekonologi siswa pada konsep kemagnetan. JSEP (Journal of Science Education and Practice), 2(2), 10–22. https://doi.org/10.33751/jsep.v2i2.1395. DOI: https://doi.org/10.33751/jsep.v2i2.1395
Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104–112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348
Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan e-modul mata kuliah strategi pembelajaran. Urnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11830. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11830
Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147–157. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154
Wijayanti, W., & Relmasira, S. C. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77–83. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381
Windasari, E., & Bukhori, I. (2022). Pengembangan E-modul Berbantuan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Economic and Education Journal (Ecoducation), 4(2), 148–163. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v4i2.1884. DOI: https://doi.org/10.33503/ecoducation.v4i2.1884
Wiyanto, W. (2017). Pendekatan saintifik pada perkuliahan dengan sistem e-learning. Integralistik, 28(2), 217–229. https://doi.org/10.15294/integralistik.v28i2.13738. DOI: https://doi.org/10.15294/integralistik.v28i2.13738
Yanti, I. Y., Pudjawan, I. K., & Suwatra, I. I. W. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Hannafin and Peck untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ournal of Education Technology, 4(1), 67–72. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24094. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24094
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Putu Ayu Diah Lestari, Adrianus I Wayan Ilia Yuda , Alexander Hamonangan Simamora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)