E-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Tema 6 Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Ayu Diah Lestari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Adrianus I Wayan Ilia Yuda Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Alexander Hamonangan Simamora Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.59803

Keywords:

e-modul, Pendekatan Saintifik, hannafin and peck

Abstract

Pembelajaran hanya berpatokan pada buku paket, sehingga diperlukan bahan ajar berupa e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran Tematik (Tema 6) untuk siswa. Subjek penelitian yaitu 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji perorangan, dan 9 siswa untuk uji kelompok kecil. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pencatatan dokumen dan metode kuesioner/angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Hannafin and Peck, terdiri dari tiga fase utama: menilai kebutuhan, mendesain/merancang, mengembangkan dan mengimplementasikan, di masing-masing fase melibatkan kegiatan evaluasi dan revisi. Hasil penelitian yaitu penilaian ahli isi pelajaran yaitu sangat baik. Hasil penilaian dari ahli media pembelajaran yaitu sangat baik. Hasil penilaian dari ahli desain pembelajaran yaitu baik. Hasil uji coba perorangan yaitu sangat baik dan uji coba kelompok kecil yaitu sangat baik. Disimpulkan bahwa e-modul layak digunakan dalam pembelajaran. E-modul membantu siswa belajar Tematik (Tema 6) sehingga motivasi belajar menjadi meningkat.

Published

2024-01-31

How to Cite

Lestari, N. P. A. D. ., Adrianus I Wayan Ilia Yuda, & Simamora, A. H. (2024). E-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Tema 6 Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.59803

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)