Multimedia Interaktif Berpendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa di Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.63127Keywords:
Pengembangan, Interaktif, Kontekstual, ADDIEAbstract
Di era globalisasi yang semakin pesat, kecanggihan teknologi tentu tidak dapat dihindari lagi. Penggunaan teknologi sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan rancang bangun multimedia interaktif; menganalisis hasil validitas multimedia interaktif; menganalisis efektivitas multimedia interaktif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, metode kuesioner dan tes obyektif digunakan dalam pengumpulan data. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan rancang bangun multimedia interaktif berpendekatan kontekstual dikembangkan dengan model ADDIE; validitas multimedia interaktif menurut review para ahli yaitu, ahli isi mata pelajaran 90,67%, ahli desain pembelajaran 92,00%, ahli media pembelajaran 93,33%, ahli teknologi pendidikan 94,67%, uji coba perorangan 90,67%, dan uji coba kelompok kecil 86,52%; efektivitas multimedia interaktif dilihat dari hasil nilai pretest dan posttest 30 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kuta sekolah menengah pertama. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,00, didapat hasil 0,00 < 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif.
References
Agustini, D. R., & Rofiqoh, D. (2020). Pengaruh Media Dadu Putar Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1–14. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/35161.
Andriani, T. (2016). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Sosial Budaya, 12(1), 117–126. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SosialBudaya/article/view/1930/1344.
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33.
Asadi, H., & Suryana, D. (2020). Studi Deskriptif Pengaruh Permainan Snakes and Ladders Terhadap Perkenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2993–3006. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.802.
Ayu Wina Hastari, G., Gede Agung, A. A., Sudarma, I. K., & Teknologi Pendidikan, P. (2019). Pengembangan Modul Elektronik Berpendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. In Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 7, Issue 1).
Baquier Orozco, R., Barraza Castillo, R. I., & Husted Ramos, S. (2020). Neoaltar: An interactive multimedia day of the dead experience. Heliyon, 6(2), e03339. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03339.
Buchori, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Kemampuan Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.
Candra, O., Elfizon, E., Islami, S., & Yanto, D. T. P. (2020). Penerapan Multimedia Interaktif Power Point Pada Mata Diklat Dasar Dan Pengukuran Listrik. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/crc.v4i2.6660.
Chodzirin, M. (2016). Pemanfaatan Information and Communication Technology bagi Pengembangan Guru Madrasah Sub Urban. Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 16(2), 309–332. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=579841.
Daryanto. (2020). Media Pembelajaran (Edisi 1). Gava Media.
Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230–249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714.
Fahmi, S. (2014). Pengembangan multimedia macromedia flash dengan pendekatan kontekstual dan keefektifannya terhadap sikap siswa pada matematika. Jurnal AgriSains, 5(2). http://lppm.mercubuana-yogya.ac.id.
Farahian, M., Parhamnia, F., & Maleki, N. (2022). The mediating effect of knowledge sharing in the relationship between factors affecting knowledge sharing and reflective thinking: the case of English literature students during the COVID-19 crisis. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 17(1), 24–30. https://doi.org/10.1186/s41039-022-00200-3.
Fauziah, L. Raudatul., & Jalinus, N. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6. Jurnal Al-Murabbi, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.35891/amb.v5i2.2135.
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal EDUTECH , 2(2), 1–16. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919.
Haris, M. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Mengahadipi Revolusi Industri 4.0. MUDIR : Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.55352/mudir.v1i1.4.
Herawati Daulae, T. (2020). Pemanfaatan Kawasan-Kawasan Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 442–456. https://doi.org/10.24952/di.v7i2.2245.
Hidayat, A. (2017). Kesenjangan sosial terhadap pendidikan sebagai pengaruh era globalisasi. Justisi: Jurnal Ilmu Hukum, 2(1). https://doi.org/10.36805/jjih.v2i1.400.
Imron, M. J. (2019). Dampak Multimedia Bagi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam , 4(1), 122–145. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/63.
Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2020). Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 28–31. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1073.
Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p17-27.
Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi Mea. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282.
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667.
Luisandrith, D. R., & Yanuartuti, S. (2020). Interdisiplin: Pembelajaran Seni Tari Melalui Aplikasi Tik Tok Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Seni Tari, 9(2), 175–180. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst.
Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1164–1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619.
Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 06(01), 35–47. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/2911.
Novaliendry, D. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas Ix Smpn 1 Rao). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 6(2), 106–118. https://www.researchgate.net/publication/321193593.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103.
Nugroho, M. A. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 30–60. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i1.30-60.
Nurmayanti, N., Ferdiansyah, H., & Zulfikli, N. (2021). Pengembangan E-Module Pemrograman Dasar Berbasis Masalah dalam Menunjang Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 22–30. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1122.
Octaviani, S. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Scientific Approach Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas IV Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 1(2), 66–77. https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj.
Purba, M. (2021). Desain Multimedia Interaktif Pengenalan Perangkat Keras Personal Komputer. Network Engineering Research Operation, 6(1), 25. https://doi.org/10.21107/nero.v6i1.196.
Raspati, M. I., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Powerpoint dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 46–59. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/neraca.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry, 2(2), 40–48. https://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/jec.
Riza, S., & Barrulwalidin, B. (2023). Ruang Lingkup Metode Pembelajaran. ISLAMIC PEDAGOGY: Journal of Islamic Education, 1(2), 120–131. https://doi.org/10.52029/ipjie.v1i2.157.
Rochman, S., & Hartoyo, Z. (2018). Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) Taksonomi Menganalisis Permasalahan Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 78–88. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.268.
Rudini, R. (2016). Peranan Statistika Dalam Penelitian Sosial Kuantitatif. Jurnal Saintekom: Sains, Teknologi, Komputer Dan Manajemen, 6(2), 53–66. https://doi.org/10.33020/saintekom.v6i2.13.
Sartika, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Berbasis STEM dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 89–93. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index.
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.3208.
Suhendi. (2022). Multimedia Interaktif menggunakan Unity 2D. Nurul Fikri Press.
Supardi, K. (2017). Media Visual Dan Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 1(2), 160–171. https://doi.org/10.36928/jipd.v1i2.266.
Suryaningsih, Y. (2018). Ekowisata sebagai sumber belajar biologi dan strategi untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Bio Educatio , 3(2). https://core.ac.uk/download/pdf/228883665.pdf.
Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Warsita, B. W. B. (2011). Landasan teori dan teknologi informasi dalam pengembangan teknologi pembelajaran. Jurnal Teknodik, 1(1), 84–96. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.91.
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82–90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111.
Widiastuty, H., Setia Hapsari, M., Kharimah, I., Rawenda, M., Ziya, K., & Maisarah, U. (2024). Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah: Pemanfaatan Diorama Sebagai Media Interaktif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 84–93. https://doi.org/10.37253/landmark.v2i1.
Wijayanti, W., & Christian Relmasira, S. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381.
Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas Xi Ips Man 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463.
Yuliana, A. F., & Robiyanto, R. (2022). Revisit the Dynamic Portfolio Formation Between Gold and Stocks in Indonesia in The Period Before and During the COVID-19 Pandemic. Journal of Accounting and Strategic Finance, 5(1), 1–21. https://doi.org/10.33005/jasf.v5i1.161.
Zaini, M. S., & Nugraha, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 349–361. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p349-361.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90. https://www.researchgate.net/publication/332168438.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)