Media Tutorial Pembelajaran Berbasis Projek Kewirausahaan Kegiatan Daur Ulang Sampah Pada Materi IPAS

Authors

  • Ida Bagus Gede Surya Ananta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.61197

Keywords:

Pengembangan Media, Kewirausahaan, Daur Ulang

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPAS di Sekolah Dasar disebabkan karena kurangnya penggunaan media pebelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas media tutorial pembelajaran berbasis projek kewirausahaan di kelas IV SD. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan, yang dikembangankan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli rancang bangun, ahli isi materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 30 orang siswa kelas IV. Pengumpulam data dalam penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan penyebaran angket/kuisioner. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu analisis data deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan stastistik inferensial. Hasil penelitian yaitu uji ahli, validator ahli rancang bangun memperoleh persentase 90%, validator ahli isi memperoleh persentase 90,90%, validator ahli desain dan media pembelajaran memperoleh persentase 88,63%. Uji coba produk perorangan memperoleh persentase 90% dan uji kelompok kecil dengan persentase 91,6%. Berdasarkan hasil uji t diketahui media pembelajaran berbasis projek kewirausahaan kegiatan daur ulang sampah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPAS. Disimpulkan bahwa  media pembelajaran berbasis projek kewirausahaan kegiatan daur ulang sampah efektif digunakan dalam pembelajaran.

References

Allanta, T. R., & Puspita, L. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik: Dampak PjBL-STEM pada materi ekosistem. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v7i2.42441. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v7i2.42441

Anggraeni, R., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 96–101. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p096. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p096

Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 266–275. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236

Arhinza, A., Sukardi, S., & Murjainah, M. (2023). Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5 pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 6518–6528. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3873. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3873

Aulia, D., Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 122–133. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25923. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25923

Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566

Erni, E., & Farihah, F. (2021). Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Kuliah Teknologi Menjahit Dalam Mendukung Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 121. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.30397. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.30397

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187

Junia, N. M. I., & Sujana, I. W. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60243.

Kartono. (2022). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Pada Peserta Didik Kelas XI.TKJ 1. SMK Negeri 1 Pemalang. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i1.869. DOI: https://doi.org/10.51878/vocational.v2i1.869

Mardiyah, A. M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggologan Hewan Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Firdaus Gubug. EduBase : Journal of Basic Education, 2(2), 97. https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.393. DOI: https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.393

Mavela, M., & Satria, A. P. (2023). Nilai Karakter Kreatif Peserta Didik Dalam P5 Pada Peserta Didik Kelas IV Tema Kewirausahaan SDN 2 Pandean. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3). https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss3.776. DOI: https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss3.776

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Musthofa, U., & Murdani. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar 3D. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 18(2). https://doi.org/10.15294/jptm.v18i2.18662.

Noverdika, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Model Tutorial dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 17 Padang. Jurnal Literasiologi, 5(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i1.181. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i1.181

Prianti, D. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(1), 238–244. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM/article/view/1386. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Rahmani, R. A., Huda, C., Patonah, S., & Paryuni, P. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kewirausahaan. JS (Jurnal Sekolah), 7(3), 429. https://doi.org/10.24114/js.v7i3.45272. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v7i3.45272

Rani, N., & Mujianto, G. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Transformasi Energi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1529–1543. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8056. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8056

Rifdarmon, R. (2020). Analisis Kebutuhan Penilaian Psikomotor Berdasarkan Video Tutorial Berlandaskan Manualbook pada Pendidikan Vokasi Guna Meningkatkan Pencapaian Learning Target. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(3), 89–96. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i3.738. DOI: https://doi.org/10.24036/invotek.v20i3.738

Rondli, W. S. (2022). Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Project Market Day. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.8227. DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.8227

Sari, N. E., Wirawan, Y. R., Krisyulimda, R., Maruti, E. S., & Sholeh, B. (2023). Penerapan Project Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan. Journal on Education, 5(2), 4130–4135. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1110. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1110

Supandi, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Sekolah Smk Bina Nusa Mandiri Ciracas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 134–141. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.6077. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.6077

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Sutrisno, S., Pratama, A., Rani, D., & Arga, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi Siswa Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Tonjong. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 2(2), 1. https://doi.org/10.31331/joined.v2i2.957. DOI: https://doi.org/10.31331/joined.v2i2.957

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2). https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597.

Zaeriyah, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (PjBL) melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 40–46. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.291. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.291

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Ida Bagus Gede Surya Ananta, I Wayan Sujana, I Gusti Agung Ayu Wulandari, & I Gusti Agung Ayu Wulandari. (2023). Media Tutorial Pembelajaran Berbasis Projek Kewirausahaan Kegiatan Daur Ulang Sampah Pada Materi IPAS. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 137–143. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.61197

Issue

Section

Articles