Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Magnet Kelas VI

Authors

  • Ni Luh Dian Adriyani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44853

Keywords:

Multimedia Interaktif, Pengembangan, IPA, Inqiry Learning

Abstract

Terbatasnya waktu guru membuat media pembelajaran mengakibatkan siswa merasa lebih cepat bosan dan sebanyak 50% siswa kelas VI tidak ikut untuk terlibat aktif saat belajar IPA terlebih lagi pada materi yang masih dianggap abstrak. Penelitian ini bertujuan menciptakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis inquiry learning pada materi magnet kelas VI. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini melibatkan ahli isi, ahli desain, ahli media pembelajaran serta siswa kelas VI. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk layak digunakan pada proses pembelajaran IPA kelas VI. Hasil review ahli isi pembelajaran memperoleh persentase (94,6%) kualifikasi sangat baik. Hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh persentase (95%) kualifikasi sangat baik. Hasil review ahli media pembelajaran memperoleh persentase (98%) kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan memperoleh persentase (89,16%) kualifikasi baik. Hasil uji kelompok kecil memperoleh persentase (98,26%) kualifikasi sangat baik. Disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan ini dapat memotivasi siswa untuk belajar IPA pada materi yang masih abstrak menurut siswa.

References

Aeni, S., Sutrisno, S., & Mushafanah, Q. (2019). "Pengembangan Media KOPER (Kotak Permainan) pada Tema 7 Kebersamaan". Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, Volume 3, Halaman 159. http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18158.

Akbar, N. T. (2016). “Pengembangan Multimedia Interaktif Ipa Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume 1, Halaman 1120–1126. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6456.

Anggari, A. S., Afriki, dkk. (2018). Wirausaha. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Atmojo, S. E. (2019). "Implementasi Program Penugasan Dosen Di Sekolah (Pds) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Sd Dalam Perkuliahan Ipa Bervisi Sets Berbantuan Aps". Journal of Education Technology, 3(4), 307. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i4.22555.

Damayanti, I. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 2, Halaman 106. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5358.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewanto, I. J. (2021). Inquiry learning improvement helped intuitively media in lesson V private professionals schools. Linguistics and Culture Review, 5(May), 752–766. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5nS1.1461.

Hisbullah, & Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Makasar: Penerbit Akasa Timur.

Hisbullah, & Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Makasar: Penerbit Akasa Timur.

Kudisiah. (2018). “Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Gaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Bedus Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jurnal Ilmiah Mandala Education, Volume 4, Halaman 279–288. http://dx.doi.org/10.36312/jime.v4i2.475.

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). "Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D". Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525.

Maulana, Djuanda, D., Hanifah, N., dkk. (2015). Ragam Model Pembelajaran Di Sekolah Dasar. UPI Sumedang Press.

Mustaji, & Angko, N. (2013). “Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Addie Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya”. Jurnal Kwangsan, Volume 1, Halaman 1–15.

Prihatiningtyas, S., & Sholihah, F. N. (2020). Physics Learning By E-Module. Fakultas Pertanian.

Putri, N. W. S., Wardika, I. W. G., Kencana, A. P. S., & Adnyana, I. B. G. W. (2021). Development of Interactive Learning Media for Vector Material Based on Animation Videos. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1), 1–7.

Ramadhany, T., Koryati, D., & Deskoni. (2015). "Analisis Model Dan Media Pembelajaran Yang Digunakan Oleh Guru Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Se-Kecamatan Inderalaya". Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, Volume 2, Halaman 34–45.

Rozie, F. (2018). "Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Pencapaian Tujuan Pembelajaran". Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Volume 5, Halaman 1–12. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i2.3863.

Sari, S. A., & Harahap, N. F. A. (2021). Development of Comic Based Learning on Reaction Rate for Learning to be More Interesting and Improving Student’s Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 151–167. https:// https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18852.

Setiasih, S. Della, & Panjaitan, R. L. (2016). "Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Magnet Di Kelas V Sdn Sukajaya Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang". Jurnal Pena Ilmiah, Volume 1, Halaman 421–430. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3051.

Setiyaningsih, G., Prasetyo, M. A. W., & Hidayah, D. U. (2019). "Penerapan Aplikasi Media Pembelajaran pada SMP N 1 Nusawungu Berbasis Smartphone Android". MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, Volume 18, Halaman 246–256. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3051.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.

Supriyono. (2018). "Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD". Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 1, Halaman 43–48.

Suryanda, A., Handayani., & Damayanti, S. (2020). “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri untuk Praktikum Virtual pada Materi Bioteknologi di SMA”. Pancasakti Science Education Journal, Volume 5, Halaman 8–16. https://doi.org/10.24905/psej.v5i1.18.

Syahdiani, S., Kardi, S., & Made Sanjaya, I. G. (2015). “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, Volume 5, Halaman 727–741. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p727-741.

Tafonao, T. (2018). "Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa". Jurnal Komunikasi Pendidikan, Volume 2, Halaman 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelittian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I. M., & Pudjawan, I. N. J. K. (2015). “Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE”. Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 208–216.

Ummah, S. K. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Muhammadyah Malang.

Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). “Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 4, Halaman 371-381. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154.

Wijarini, F., Sajidan, & Baskoro. (2012). “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Berwawasan Potensi Lokal Menggunakan Macromedia Flash Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Tumbuhan Lumut Dan Paku”. Jurnal Pendidikan IPA, Volume 17, Halaman 1–7. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v3i2.9738.

Downloads

Published

2022-02-20

How to Cite

Adriyani, N. L. D., Anak Agung Gede Agung, & I Wayan Sujana. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Magnet Kelas VI. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 85–93. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44853

Issue

Section

Articles