PENGEMBANGAN MEDIA TUTORIAL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK KEWIRAUSAHAAN KEGIATAN DAUR ULANG SAMPAH PADA MATERI IPAS SISWA KELAS 4 DI SD NEGERI 5 PEGUYANGAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.61197Kata Kunci:
Pengembangan Media, Kewirausahaan, Daur UlangAbstrak
Pemanfaatan daur ulang sampah tingkat sekolah dasar mempengaruhi lingkungan kebersihan di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas media tutorial pembelajaran berbasis projek kewirausahaan. Penelitian ini menerapkan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation Evaluation). Berdasarkan uji ahli, validator ahli rancang bangun memperoleh persentase 90%, validator ahli isi memperoleh persentase 90,90%, validator ahli desain dan media pembelajaran memperoleh persentase 88,63%. Berdasarkan hasil tersebut maka produk dapat dipergunakan dalam tahap uji coba produk. Uji coba produk perorangan memperoleh persentase 90% dan uji kelompok kecil dengan persentase 91,6%. Berdasarkan hasil uji t diketahui, lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05. Selain itu, harga t hitung sebesar 41,886 lebih besar daripada t tabel (df = 29) dan signifikansi 5% yakni, 2,045, ini artinya H0 juga ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis projek kewirausahaan kegiatan daur ulang sampah efektif diterapkan pada materi IPAS siswa kelas 4 SD Negeri 5 Peguyangan.
Referensi
Allanta, T. R., & Puspita, L. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik: Dampak PjBL-STEM pada materi ekosistem. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v7i2.42441. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v7i2.42441
Anggraeni, R., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 96–101. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p096. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p096
Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 266–275. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236
Arhinza, A., Sukardi, S., & Murjainah, M. (2023). Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5 pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 6518–6528. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3873. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3873
Aulia, D., Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 122–133. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25923. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25923
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566
Erni, E., & Farihah, F. (2021). Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Kuliah Teknologi Menjahit Dalam Mendukung Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 121. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.30397. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.30397
Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187
Junia, N. M. I., & Sujana, I. W. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60243.
Kartono. (2022). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Pada Peserta Didik Kelas XI.TKJ 1. SMK Negeri 1 Pemalang. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i1.869. DOI: https://doi.org/10.51878/vocational.v2i1.869
Mardiyah, A. M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggologan Hewan Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Firdaus Gubug. EduBase : Journal of Basic Education, 2(2), 97. https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.393. DOI: https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.393
Mavela, M., & Satria, A. P. (2023). Nilai Karakter Kreatif Peserta Didik Dalam P5 Pada Peserta Didik Kelas IV Tema Kewirausahaan SDN 2 Pandean. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3). https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss3.776. DOI: https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss3.776
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Musthofa, U., & Murdani. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar 3D. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 18(2). https://doi.org/10.15294/jptm.v18i2.18662.
Noverdika, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Model Tutorial dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 17 Padang. Jurnal Literasiologi, 5(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i1.181. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i1.181
Prianti, D. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(1), 238–244. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM/article/view/1386. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Rahmani, R. A., Huda, C., Patonah, S., & Paryuni, P. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kewirausahaan. JS (Jurnal Sekolah), 7(3), 429. https://doi.org/10.24114/js.v7i3.45272. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v7i3.45272
Rani, N., & Mujianto, G. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Transformasi Energi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1529–1543. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8056. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8056
Rifdarmon, R. (2020). Analisis Kebutuhan Penilaian Psikomotor Berdasarkan Video Tutorial Berlandaskan Manualbook pada Pendidikan Vokasi Guna Meningkatkan Pencapaian Learning Target. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(3), 89–96. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i3.738. DOI: https://doi.org/10.24036/invotek.v20i3.738
Rondli, W. S. (2022). Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Project Market Day. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.8227. DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.8227
Sari, N. E., Wirawan, Y. R., Krisyulimda, R., Maruti, E. S., & Sholeh, B. (2023). Penerapan Project Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan. Journal on Education, 5(2), 4130–4135. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1110. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1110
Supandi, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Sekolah Smk Bina Nusa Mandiri Ciracas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 134–141. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.6077. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.6077
Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108
Sutrisno, S., Pratama, A., Rani, D., & Arga, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi Siswa Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Tonjong. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 2(2), 1. https://doi.org/10.31331/joined.v2i2.957. DOI: https://doi.org/10.31331/joined.v2i2.957
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2). https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597.
Zaeriyah, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (PjBL) melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 40–46. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.291. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.291
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)