Problem Based Learning Berbantuan Media Videoscribe Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar

Authors

  • I Gede Anyar Ribawa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.63486

Keywords:

Problem Based Learning, Videoscribe, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar IPA

Abstract

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan banyaknya perubahan, salah satunya di bidang pendidikan. Perubahan dibidang pendidikan dapat dilihat pada perubahan paradigma pembelajaran. Kurangnya penggunaan model pembelajaran dan kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengakibatkan menurunnya sikap ilmiah dan hasil belajar IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model problem based learning berbantuan videoscribe terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA kelas V di SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD dengan penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes untuk hasil belajar dan kuesioner untuk sikap ilmiah. Data dianalisis secara deskriptif dan MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa model problem based learning berbantuan videoscribe berpengaruh terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini berimplikasi terhadap penerapan kurikulum di sekolah dasar salah satunya adalah sebagai bahan umpan balik guru, memberikan motivasi siswa, selain itu juga berimplikasi terhadap penerapan model pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada siswa saat proses pembelajaran.  

References

Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129.

Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, W., & Taufik, T. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar:(The Use of Problem Based-Learning (PBL) Model in Thematic Teaching for the Elementary School’s Students). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2), 22–34. https://doi.org/https://doi.org/10.47323/ujss.v1i2.22.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in IPA Subjects on 6th-grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37–47. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Aprilianti, L., & Irawati, S. (2018). Peningkatan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.58-67.

Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://www.neliti.com/publications/278107/efektifitas-penggunaan-model-discovery-learning-dan-model-problem-based-learning.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Azizah, R. O. N. (2019). Kajian Metode Eksperimen terhadap Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran IPA. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4758.

Bahij, A., Santi, A. U. P., & Prastiwi, D. A. (2018). Pemanfaatan Lingkungan Alam sekitar sebagai Media Ajar di Sekolah Dasar Negeri 2 Sirah Pulo Padang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2762.

Bidayah, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 107–114. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.21.

Coles, A. (2019). Facilitating The Use of Video With Teachers of Mathematics: Learning From Staying with the Detail. International Journal of STEM Education, 6, 1–13. https://link.springer.com/article/10.1186/s40594-018-0155-y.

Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 116–128. https://journal.unnes.ac.id/sju/jise/article/view/17071.

Darminto, A. O. (2018). Analisis Minat Belajar Penjas terhadap Kemampuan Bermain Sepakbola pada Siswa Putera SMA Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1).

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.46576/jsa.v2i1.115.

Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1). https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571.

Firdayanti, N. (2020). Pengembangan Video Animasi Berbantuan Sparkol Videoscribe Materi Keragaman Budaya Di Indonesia. Joyful Learning Journal, 9(3), 138–143. https://journal.unnes.ac.id/sju/jlj/article/view/39918.

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937.

Handayani, I. D. A. T., Karyasa, I. W., & Suardana, I. N. (2015). Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Sikap Ilmiah Siswa Sma Yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 5(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1566.

Hasan, A. A., & Baroroh, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Aplikasi Videoscribe dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 9(2), 140–155. http://dx.doi.org/10.22373/ls.v9i2.6738.

Hasma, H. (2017). Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1). https://journal.um-surabaya.ac.id/didaktis/article/view/1555.

Hendracipta, N. (2016). Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 109–116. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v2i1.672.

Heo, M., & Toomey, N. (2019). Systematic Design to Enhance Learning: Multimedia Resources in Online Learning. Proceedings of the IAFOR International Conference on Technology in the Classroom. https://papers.iafor.org/wp-content/uploads/papers/eri2019/ERI2019_51666.pdf.

Heriyansyah, H. (2018). Guru adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01). https://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/download/218/201.

Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46.

Idris, I., Sida, S. C., & Idawati, I. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Indonesian Journal Of Primary Education, 3(2), 58–63. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21849.

Imran, A., Amini, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle 5E di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 343–349. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.691.

Jalmo, T., Fitriyani, D., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 77–87. https://core.ac.uk/download/pdf/289778112.pdf.

Jaya, H. N. (2017). Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan.

Khofiyah, H. N., & Santoso, A. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61–67.

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828.

Kusmiati, E., Kusnadi, D., & Latipah, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dalam Memahami Konsep Hubungan Antara Struktur Organ Tubuh Manusia dengan Fungsi dan Pemeliharaannya. Jurnal Tahsinia, 1(1), 49–62. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.36.

Kusnandar, D. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar IPA. MADRASCIENCE: Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, Dan Budaya, 1(1), 17–30. http://madrascience.com/index.php/ms/article/view/62.

Laili, R. N., & Sumargiyani, S. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Materi Pembelajaran Polinomial di Sekolah Menengah Atas. Media Manajemen Pendidikan, 5(2), 227–234. https://doi.org/10.30738/mmp.v5i2.13154.

Lepini, P. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD. 5(2), 278–286. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37427.

Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145–155. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i2.7280.

Lestari, Y. (2018). Penanaman Nilai Peduli Lingkungan dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2). https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i2.2238.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813.

Mardiana, M. (2018). Penerapan Pembelajaran IPA Berbasis Konstruktivisme dalam Meningkatkan Sikap Ilmiah pada Siswa Madrasah Ibtidayah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. http://dx.doi.org/10.35931/am.v0i0.69.

Maryanti, I., Wahyuni, S., & Panggabean, E. M. (2017). Pengaruh Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di FKIP UMSU. JURNAL Mathematic Paedagogic, 2(1), 83–89. https://www.academia.edu/download/95564785/108.pdf.

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.

Muliani, M., Khaeruman, K., & Dewi, C. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berorientasi Green Chemistry untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Asam Basa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 7(1), 37–45. https://doi.org/10.33394/hjkk.v7i1.1654.

Musyadad, V. F., Supriatna, A., & Parsa, S. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.13.

Nuraini, F. (2017). Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369–379.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/f/article/view/945.

Pertiwi, I. N., Sumarno, S., & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.

Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA pada Pembelajaran Tematik menggunakan PBL. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 320–329. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.391.

Pratiwi, I. M., & Jampel, I. N. (2022). Konten Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 385–394. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.48173.

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Minat Outdoor pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/2905.

Putri, A. et al. (2018). Pengaruh Model Pebelajaran PBL Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. 1(1), 21–32. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i1.14621.

Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 75–86. https://dx.doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440.

Rahmasari, R. (2016). Application of Problem Based Learning Model to Increase Science Learning Result of 4th Grade Student. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, 3456–3465. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/5367.

Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik, 7(1), 53–65. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1663405.

Saputri, R. S. (2017). Peran Guru dalam Meningkatkan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas VB di MIN Demangan Kota Madiun. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6894.

Saragi, R., & Tegeh, I. M. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learnig Menggunakan Videoscribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 98–107. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41538.

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30–38. https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.230.

Siregar, S. (2019). Analisis Keterampilan Metakognitif dan Sikap Ilmiah Siswa melalui Metode Pembelajaran Inkuiri. Biotik: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 7(2), 141–145. http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v7i2.5665.

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah Sains Siswa Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2).

Suari, N. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138.

Sudarma, U. (2022). Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berdaya Saing Menuju Indonesia Emas 2045. Sharia: Jurnal Kajian Islam, 1(1), 37–55. https://doi.org/10.59757/sharia.v1i1.4.

Sundari, F. (2017). Peran Guru sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1665.

Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Tanjung, R., & Nurfalaahiyyah, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA. Jurnal Tahsinia, 2(1), 58–66. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.292.

Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 48–55. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5961.

Trisna, B. N. (2019). Pendidikan 4.0: Perubahan Paradigma dan Penguatan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 83–92. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.519.

Utami, M. T., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2019). Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1). https://repository.uksw.edu/handle/123456789/19352.

Wardani, E. F. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Sains, Sikap Ilmiah Dan Merancang Mini Riset Mahasiswa PGSD Stkip Muhammadiyah Bangka Belitung Pada Mata Kuliah Praktikum IPA. Primary Education Journal Silampari, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.31540/pejs.v1i1.308.

Yasmini, I. G. K. (2021). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(2), 159–164. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33603.

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Ribawa, I. G. A. ., Gading, I. K., & Agustiana, I. G. A. T. . (2024). Problem Based Learning Berbantuan Media Videoscribe Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(2), 98–109. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.63486

Issue

Section

Articles