Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Karakter pada Anak Usia Dini

Authors

  • Anastasia Ade Cyntia Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Rahayu Ujianti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v1i2.39840

Keywords:

Media Pembelajaran, Monopoli, Pendidikan Karakter

Abstract

Banyak siswa yang mengalami penurunan nilai-nilai karakter. Penurunan nilai-nilai karakter disebabkan oleh kurangnya pendidikan karakter pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran monopoli pendidikan berbasis karakter (Mopeker) pada anak usia dini kelompok B. Jenis penelitian ini pengembangan (reseach and development (R&D)) menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang ahli yaitu 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dari ahli media adalah 4,12 yang berarti kriteri media baik dan ahli materi pembelajaran adalah 4,00 dengan kriteria baik. Maka, hasil penelitian menunjukkan bahwa media monopoli pendidikan karakter yang dikembangkan layak diterapkan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini adalah media yang dikembangkan dapat membantu anak untuk membentuk karakter pada anak usia dini.

References

Adi Prayogo, Budi , Sukarjo, T. (2017). Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Joyful Learning Journal, 6(4), 228–234. https://doi.org/10.15294/JLJ.V6I4.18864.

Al Habib, A., Mahendrata, B., Hasanah, M., & Fitria, R. (2022a). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2), 48–57. https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1627.

Al Habib, A., Mahendrata, B., Hasanah, M., & Fitria, R. (2022b). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2), 72–80. https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1627.

Amilda, A. (2017). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2684.

Amini, M. (2021). Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pemberian Penguatan. 5(2), 2101–2113. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1128.

Anggraheni, N. S., Hidayah, N., & Shawmi, A. N. (2019). Developing Red-White Monopoly Games through Integrative Thematic Learning in the Primary School. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), 49. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3834.

Anisa Nurhadiyati, A. (2016). Pengembangan Monako (Monopoli Anti Korupsi) Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Play Based Learning Pada Siswa Sd. Pelita, XI(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/pelita/article/view/10928/8189.

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446.

Ariya, M., & Arini, N. W. (2021). Media Monopoli Sains (MONOIN) Untuk Pembelajaran IPA Pada Materi Semester I Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 268–275. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.37888.

Atapukang. (2016). Kreatif Membelajarkan Pembelajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Tepat Sebagai Solusi Dalam Berkomunikasi. Ejournal Undiksha, 17(2), 45–52. https://doi.org/10.23887/mkg.v17i2.9027.

Bates, A. (2019). Character education and the ‘priority of recognition.’ Cambridge Journal of Education, 49(6), 695–710. https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1590529.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707.

Dewi, T. L., Kurnia, D., & Panjaitan, R. L. (2017). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Pips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Wilayah Waktu Di Indonesia. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2091–2100. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.12425.

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan Lks Berbasis Rme Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20.

Imanda, T., Magta, M., & Ujianti, P. R. (2018). Pengaruh Permainan Ular Tangga “Budi Pekerti Dan Kebiasaan Baik” Terhadap Karakter Anak Pada Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 293–302. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15187.

Indah Firdausi, M., Hapidin, H., & Tarwiyah, T. (2018). Pengembangan Media Permainan Monaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Multikultural Anak Usia 7-8 Tahun. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 303–315. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.77.

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144. https://doi.org/10.34125/kp.v3i2.264.

Jamilah, F. K. N. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Monopoli Dalam Pembelajaran Akuntansi Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Akuntansi 2 Smk Negeri 11 Bandung Tahun 2013/2014 Pada Standar Kompetensi Memproses Entri Jurnal). Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 3(1), 33. https://doi.org/10.17509/jpak.v3i1.15431.

Juanda, J. (2018). Revitalisasi Nilai Dalam Dongeng Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2), 11–18. https://doi.org/10.31849/pb.v5i2.1611.

Kasma, Amzal Adam, N. A. (2018). Mopeker (Monopoli Pendidikan Karakter) Sebagai Media Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 4(2), 701–711. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pena/article/view/1663.

Khairunnisa, S., Hakam, A., & Amaliyah, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 60. https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13333.

Khasanah, I. N., Parmiti, D. P., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan media monopoli dengan model Hannafin dan Peck mata pelajaran IPS di SD Mutiara Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 202–211. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20292.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar (Vol. 2).

Lia Dwi Ayu Pagarwati, A. R. (2021). Grandparenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurna Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1229–1239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.831.

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586.

Maqfiroh, D. N. M., Khutobah, K., & Budyawati, L. P. I. (2020). Pengembangan Media Motif (Monopoli Edukatif) Dalam Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence Pada Anak Tk Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 65–74. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.24230.

Maryani, I., & Sumiar, Z. (2018). Developing science monopoly on the force learning material for elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.16084.

Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 747–752. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370.

Munthe, A. P., & Halim, D. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar. Satya Widya, 35(2), 98–111. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p98-111.

Musaddat, S., Suarni, N. K., Dantes, N., & Putrayasa, I. B. (2021). Social Characteristics and Local Wisdom in Sasak Folklore: Reconstruction of the Development of Digital Story Books in Elementary Schools. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 556(Access 2020), 178–182. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210525.069.

Nasution, A. K. P. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Internet. 23–35. https://doi.org/10.31219/osf.io/zr2ka.

Nurmadiah, N. (2016). Media Pendidikan. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1), 131–144. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109.

Pane, M. M., & Rina Patriana. (2016). The Significance of Environmental Contents in Character Education for Quality of Life. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 222, 244–252. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.153.

Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2.

Ramadhani, N., Wahyuni, S., & Handayani, R. (2017). Pengembangan Media Educational Game “Monopoli Fisika Asik (Mosik)” Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(3), 235–245. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/4065.

Sari, Y. P., Lusa, H., & Gunawan, A. (2020). Pengaruh Media Permainan Monopoli terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Gugus 15 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 229–236. https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.3.229-236.

Silalahi, A. (2018). Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) Dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran. Research Gate, July, 1–13. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13429.88803/1.

Suciati, S., Septiana, I., & Untari, M. F. A. (2015). Penerapan Media Monosa (Monopoli Bahasa) Berbasis Kemandirian Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 175–188. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1328.

Sugiarto. (2021). Membentuk Karakter sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 185–201.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Metode Penelitian. In Metode Penelitian (Issue 9).

Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3100.

Ulfa, K., & Rozalina, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Sistem Pencernaan Di SMP. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 10–22. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v5i1.3753.

Wiyani, N. A. (2017). Perencanaan Strategik Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di TK Islam Al-Irsyad Purwokerto. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 105. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-01.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Cyntia, A. A., Tegeh, I. M., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i2.39840

Issue

Section

Articles