E-Book Interaktif Berbasis Problem Based Learning untuk Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar: Kelayakan dan Efektivitas
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74483Keywords:
E-Book Interaktif, Problem Based Learning, IPASAbstract
Implementasi proses pembelajaran di satuan pendidikan belum sepenuhnya mengintegrasikan teknologi dan fokus urgensi guru saat ini masih pada adaptasi kurikulum yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Book interaktif berbasis Problem Based Learning yang efektif digunakan khususnya pada muatan pelajaran IPAS materi Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli rancang bangun memperoleh skor 90% (sangat baik), validasi ahli isi/materi pembelajaran memperoleh skor 93,33% (sangat baik), validasi ahli desain instruksional memperoleh skor 95% (sangat baik), validasi ahli media pembelajaran memperoleh skor 95% (sangat baik), uji coba perorangan memperoleh 97,50% (sangat baik), uji coba kelompok kecil memperoleh skor 93,05% (sangat baik). Pengujian efektivitas produk memperoleh hasil thitung (40,413) lebih besar daripada ttabel (2,042) untuk dk=30 dan taraf signifikansi 5%, maka H1 diterima. Diperoleh simpulan bahwa E-Book interaktif berbasis Problem Based Learning efektif digunakan pada muatan pelajaran IPAS pada siswa Kelas IV SD.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Nyoman Yati Cana Putri, I Wayan Wiarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)