Inovasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Nita Yuliantari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.85823

Keywords:

Keterampilan Matematika, Media Video Animasi, Project Based Learning

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas V masih belum optimal karena kurangnya variasi pembeajaran oleh guru.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning berbantuan media video animasi terhadap kompetensi keterampilan matematika siswa kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quisi eksperimen) dengan rancangan noneequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang banyaknya 199. Sampel dalam kegiatan penelitian ini adalah siswa kelompok kontrol dengan siswa yang banyaknya 30 orang dan siswa kelas eksperimen banyaknya 30 orang. Metode dan instrumen pengumpulan data yang diguanakan adalah dengan pemberian tes dengan berbentuk esai. Data yang diperoleh dari data tersebut di uji menggunakan uji t. Hasil analisis yang didapatkan yaitu thitung = -0,20, sedangkan taraf signifikasi 5% dan dk = 58 demikian maka diperoleh ttabel = 2,00 sehingga thitung< ttabel (-0,20 < 2,00). Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan kompetensi keterampilan matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Project Based learning berbantuan media video animasi dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan  pembelajaran konvensional pada siswa kelas V.

Published

2024-12-27

How to Cite

Yuliantari, N. P. N. ., & Wiarta, I. W. . (2024). Inovasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(4). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.85823