Inovasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.85823Keywords:
Keterampilan Matematika, Media Video Animasi, Project Based LearningAbstract
Pembelajaran matematika di kelas V masih belum optimal karena kurangnya variasi pembeajaran oleh guru.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning berbantuan media video animasi terhadap kompetensi keterampilan matematika siswa kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quisi eksperimen) dengan rancangan noneequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang banyaknya 199. Sampel dalam kegiatan penelitian ini adalah siswa kelompok kontrol dengan siswa yang banyaknya 30 orang dan siswa kelas eksperimen banyaknya 30 orang. Metode dan instrumen pengumpulan data yang diguanakan adalah dengan pemberian tes dengan berbentuk esai. Data yang diperoleh dari data tersebut di uji menggunakan uji t. Hasil analisis yang didapatkan yaitu thitung = -0,20, sedangkan taraf signifikasi 5% dan dk = 58 demikian maka diperoleh ttabel = 2,00 sehingga thitung< ttabel (-0,20 < 2,00). Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan kompetensi keterampilan matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Project Based learning berbantuan media video animasi dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Putu Nita Yuliantari, I Wayan Wiarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)