Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Permainan Edukasi Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • I Gede Darma Susila Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35521

Abstract

Latar belakang terciptanya penelitian ialah hasil belajar matematika masih belum semuanya mencapai KKM.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi terhadap hasil belajar.Jenis penelitian yang dipakai yakni eksperimen semu dengan desain nonequivalent kontrol group design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster randomsampling.Populasi sebanyak 170 siswa dan digunakan 2 sampelMetode pengumpulan data menggunakan metode tes.Kelompok sudah dinyatakan setara. Data yang terkumpul dinormalisasikan menggunakan gain skor kemudian dianalisis menggunakan statistik inferensial uj-t. Nilai rerata gain skor hasil belajar matematika kelompok eksperimen adalah 0,580 lebih dari nilai rerata gain skor hasil belajar matematika kelompok kontrol yaitu 0,350. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung= 38,92742 dan ttabel pada taraf signifikansi 5%= 1,99547, sehingga thitung>ttabel, maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, bisa disimpulkan yakni model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.Implikasi hasil penelitian ialah model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Permainan Edukasi, Matematika

Author Biographies

I Gede Darma Susila, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, FIP

I Wayan Wiarta, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, FIP

Gusti Ngurah Sastra Agustika, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, FIP

References

Ayu, I. G., Indrayani, K., & Sumantri, M. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer ( GQGA ) terhadap Hasil Belajar Matematika. 112–119.

Budiasih, L., Agung, A. A. G., Wibawa, I. C., & Pgsd, J. (2017). MATEMATIKA SISWA KELAS V SD Universitas Pendidikan Ganesha Pendidikan di Indonesia sekarang.

Drs. I Ketut Dibia, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7696

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Hajrin, M., Sadia, I. W., & Gunandi, I. G. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika kelas X IPA SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 9(1), 63–74.

Hariani, N. R., Nuswowati, M., & Winarno, W. (2020). Pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan e-modul terhadap pemahaman konsep hidrolisis garam. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2561–2571.

Indriani, M. N., & Imanuel, I. (2018). Pembelajaran matematika realistik dalam permainan edukasi berbasis keunggulan lokal untuk membangun komunikasi matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 256–262.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10126

Karlina, R., Rahayu, R., & Purwaningrum, J. P. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Puzzle. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 57–66. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4740

Kurino, Y. D. (2018). Model Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dicactical Mathematics, 1(1).

Kurnia, R., & Nurhayati, Y. (2020). Jurnal Cakrawala Pendas PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN ALAT PERAGA “ DULOK KUMISAN ” DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. JCP (Jurnal Cakrawala Pendas), 6(1), 23–32. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1687

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ). https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333

Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segiempat. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 10(1), 64–79. https://doi.org/10.33592/pelita.vol10.iss1.373

Muizaddin, R., & Santoso, B. (2016). Model pembelajaran core sebagai sarana dalam meningkatan hasil belajar siswa ( Core learning model for improving student learning outcomes ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.

Nasir, M., Pasaribu, M., Otomotif, T., Teknik, F., & Padang, U. N. (2017). Model Problem Based Learning. 17(2), 270–275.

Nuriali, W., Busnawir, Samparadja, H., & Ili, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Smk. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 38(2), 53–64.

Nym Lili Saraswati, I. K. D. I. W. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sd Di Gugus I Kecamatan Buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.713

Pendidikan, J., & Undiksha, M. (2020). Pengaruh pemberian umpan balik dari teman sejawat terhadap kemampuan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis 1. 11(1), 2599–2600.

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.919

Putra, P. E., Garminah, N. N., & Japa, I. G. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sd Di Gugus 4 Kecamatan Busungbiu. MIimbar PGSD Undiksha, 2(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2037

Rahayu, R. (2016). Permainan Edukasi Berbasis Keunggulan Lokal dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus (pp. 1–11).

Rais, A. A., Hakim, L., & Sulistiawati, S. (2020). Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET. Physics Education Research Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.1.5074

Riski Juniarti1, N. K., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273

Santoso, G. M. (2020). Guruh Mardi Santoso , Madlazim Guruh Mardi Santoso , Madlazim. 09(02), 144–148.

Schur, M. (1969). The background of Freud’s “disturbance” on the Acropolis. American Imago, 26(4), 303–323.

Sugiyadnya, I. K. J., Wiarta, I. W., & Putra, I. K. A. (2019). LOGO Jurnal Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe NHT terhadap Pengetahuan Matematika. 3(4), 413–422.

Sundari, F. S., & Indrayani, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 72–75. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1449

UDIANI, N., MARHAENI, M., & ARNYANA, M. (2017). PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBINGTERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MENGENDALIKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IV SD NO.7 BENOA KECAMATAN KUTA SELATAN KABUPATEN BADUNG. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha.

Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(1), 130–138.

Wati, A., Susilo, H., & Sutopo. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Jurnal Belajar terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa. Jurnal Pendidikan.

Widyani, N. luh S. (2018). Peningkatan Sikap Ilmiah Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Di Sdn 3 Banjar Jawa. Journal of Education Action Research, 2(1), 49. https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.12286

Widyawati, T., Adnyana, P. B., & Warpala, I. W. S. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Pertanyaan Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Dan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Di Kelas Vii Di Smp Negeri 3 Banjar. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 6(2).

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

Susila, I. G. D., Wiarta, I. W., & Agustika, G. N. S. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Permainan Edukasi Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35521

Issue

Section

Articles