Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Permainan Edukasi Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35521Abstract
Latar belakang terciptanya penelitian ialah hasil belajar matematika masih belum semuanya mencapai KKM.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi terhadap hasil belajar.Jenis penelitian yang dipakai yakni eksperimen semu dengan desain nonequivalent kontrol group design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster randomsampling.Populasi sebanyak 170 siswa dan digunakan 2 sampelMetode pengumpulan data menggunakan metode tes.Kelompok sudah dinyatakan setara. Data yang terkumpul dinormalisasikan menggunakan gain skor kemudian dianalisis menggunakan statistik inferensial uj-t. Nilai rerata gain skor hasil belajar matematika kelompok eksperimen adalah 0,580 lebih dari nilai rerata gain skor hasil belajar matematika kelompok kontrol yaitu 0,350. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung= 38,92742 dan ttabel pada taraf signifikansi 5%= 1,99547, sehingga thitung>ttabel, maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, bisa disimpulkan yakni model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.Implikasi hasil penelitian ialah model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Permainan Edukasi, Matematika
References
Ayu, I. G., Indrayani, K., & Sumantri, M. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer ( GQGA ) terhadap Hasil Belajar Matematika. 112–119.
Budiasih, L., Agung, A. A. G., Wibawa, I. C., & Pgsd, J. (2017). MATEMATIKA SISWA KELAS V SD Universitas Pendidikan Ganesha Pendidikan di Indonesia sekarang.
Drs. I Ketut Dibia, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7696
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609
Hajrin, M., Sadia, I. W., & Gunandi, I. G. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika kelas X IPA SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 9(1), 63–74.
Hariani, N. R., Nuswowati, M., & Winarno, W. (2020). Pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan e-modul terhadap pemahaman konsep hidrolisis garam. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2561–2571.
Indriani, M. N., & Imanuel, I. (2018). Pembelajaran matematika realistik dalam permainan edukasi berbasis keunggulan lokal untuk membangun komunikasi matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 256–262.
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10126
Karlina, R., Rahayu, R., & Purwaningrum, J. P. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Puzzle. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 57–66. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4740
Kurino, Y. D. (2018). Model Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dicactical Mathematics, 1(1).
Kurnia, R., & Nurhayati, Y. (2020). Jurnal Cakrawala Pendas PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN ALAT PERAGA “ DULOK KUMISAN ” DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. JCP (Jurnal Cakrawala Pendas), 6(1), 23–32. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1687
Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ). https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333
Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segiempat. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 10(1), 64–79. https://doi.org/10.33592/pelita.vol10.iss1.373
Muizaddin, R., & Santoso, B. (2016). Model pembelajaran core sebagai sarana dalam meningkatan hasil belajar siswa ( Core learning model for improving student learning outcomes ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.
Nasir, M., Pasaribu, M., Otomotif, T., Teknik, F., & Padang, U. N. (2017). Model Problem Based Learning. 17(2), 270–275.
Nuriali, W., Busnawir, Samparadja, H., & Ili, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Smk. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 38(2), 53–64.
Nym Lili Saraswati, I. K. D. I. W. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sd Di Gugus I Kecamatan Buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.713
Pendidikan, J., & Undiksha, M. (2020). Pengaruh pemberian umpan balik dari teman sejawat terhadap kemampuan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis 1. 11(1), 2599–2600.
Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.919
Putra, P. E., Garminah, N. N., & Japa, I. G. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sd Di Gugus 4 Kecamatan Busungbiu. MIimbar PGSD Undiksha, 2(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2037
Rahayu, R. (2016). Permainan Edukasi Berbasis Keunggulan Lokal dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus (pp. 1–11).
Rais, A. A., Hakim, L., & Sulistiawati, S. (2020). Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET. Physics Education Research Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.1.5074
Riski Juniarti1, N. K., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273
Santoso, G. M. (2020). Guruh Mardi Santoso , Madlazim Guruh Mardi Santoso , Madlazim. 09(02), 144–148.
Schur, M. (1969). The background of Freud’s “disturbance” on the Acropolis. American Imago, 26(4), 303–323.
Sugiyadnya, I. K. J., Wiarta, I. W., & Putra, I. K. A. (2019). LOGO Jurnal Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe NHT terhadap Pengetahuan Matematika. 3(4), 413–422.
Sundari, F. S., & Indrayani, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 72–75. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1449
UDIANI, N., MARHAENI, M., & ARNYANA, M. (2017). PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBINGTERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MENGENDALIKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IV SD NO.7 BENOA KECAMATAN KUTA SELATAN KABUPATEN BADUNG. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha.
Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(1), 130–138.
Wati, A., Susilo, H., & Sutopo. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Jurnal Belajar terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa. Jurnal Pendidikan.
Widyani, N. luh S. (2018). Peningkatan Sikap Ilmiah Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Di Sdn 3 Banjar Jawa. Journal of Education Action Research, 2(1), 49. https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.12286
Widyawati, T., Adnyana, P. B., & Warpala, I. W. S. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Pertanyaan Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Dan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Di Kelas Vii Di Smp Negeri 3 Banjar. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 6(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)