Media Pembelajaran E-Flash Card dalam Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris dengan Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuh pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.75126Keywords:
e-flash card, kosakata, bahasa InggrisAbstract
Terbatasnya pengenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak membuat kosakata yang dimilikinya menjadi sedikit. Penggunaan media konkrit yang monoton juga membuat anak merasa kurang bersemangat saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, menganalisis hasil kelayakan dan mengetahui efektivitas e-flash card dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris dengan tema diriku sub tema anggota tubuh pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan teknik (uji-t) sample dependent. Banyak subjek pada penelitian ini adalah 30 orang anak. Hasil penelitian adalah: (1) validasi rancang bangun berdasarkan penilaian ahli rancang bangun 90,90%, (2) dalam pengembangannya, validitas media e-flash card berdasarkan penilaian ahli isi mata pelajaran 98,33%, ahli desain instruksionaal 90,63%, ahli media pembelajaran 92,18%, uji coba perorangan 93,33%, dan uji coba kelompok kecil 93,89%, (3) diperoleh thitung sebesar 10,322 dan diperoleh hasil ttabel sebesar 2,093, maka dari hasil analisis tersebut dapat dibandingkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel . Maka thitung = 10,322 > ttabel = 2,093 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-flash card layak dan efektif diterapkan dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris dengan tema diriku sub tema anggota tubuh pada anak usia dini.
References
Adawiyah, R., & Yuniar, Y. (2022). Aktivitas Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Tema Diriku di Sekolah. E-JURNAL AKSIOMA AL-ASAS, 3(2). https://doi.org/10.55171/jaa.v3i2.740.
Aini, N., & Muryanti, E. (2022). Efektivitas Macromedia flash dalam Mengembangkan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 68–73. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6558.
Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301.
Alianti, G. C., & Kurniawan, M. (2023). Gesturvocaris: Model Pembelajaran Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Berbasis Metode Total Physical Response Bagi Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8256–8263. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3089.
Ananthia, W. (2018). “Should I Speak In English All The Time?”: Teacher’s Talk Pada Pengenalan Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10521.
Annisa, P., & Muryanti, E. (2022). Efektivitas Video Animasi terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 216–221.
https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1838.
Bulan, D. V. C., Fitriasari, N. S., & Widjayatri, D. (2023). Implementasi ECC dalam Mengembangkan Kosakata Bahasa Inggris Calon Pendidik Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 378–391. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.224.
Dewi, N. K. C., & Tirtayani, L. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Interaktif Bahasa Bali Tema Lingkunganku pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 217–227. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49245.
Durtam, D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Berbasis Tema Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 98. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i1.9773.
Ega, M. F., Dua Dhiu, K., & Nafsia, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Anak Berbasis Bahasa Ibu Dengan Pendekatan Budaya Lokal Kabupaten Nagekeo Pada Tema Diriku Untuk Pembelajaran Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Boawae. Jurnal Citra Pendidikan, 2(4), 79–91. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i4.926.
Fitri, W. E. (2023). Media Digital Sebagai ALat Pengenalan Huruf Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Komunitas Maghrib Mengaji. Atthufulah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 69–73. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v3i2.2936.
Hamidah, J. (2020). Implementasi Media Flash Card dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius pada Pembelajaran Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(1), 1–14.
https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i1.751
Handoko, H., & Novitasari, K. (2019). Model Multisensori Berbasis Teknologi Multimedia untuk Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(02), 64.
https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1557.
Hasanah, N. I., & Ulya, N. (2020). Strategi Pengenalan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Tk Santa Maria Banjarmasin. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 57–68. https://doi.org/10.24903/jw.v5i2.525.
Khomsin, K., & Rahimmatussalisa, R. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25–33. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37872.
Mahardhika, F., Kusumawardani, R., & Asmawati, L. (2023). Pengaruh Media YouTube Terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 5(1), 7–21. https://doi.org/10.52266/pelangi.v5i1.1085.
Margiani, K., Koten, A. N., & Ralim, M. E. S. (2023). Edukasi Seks Anak Usia Dini: Sebuah Pengenalan Melalui Modul Anggota Tubuh. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 10(2), 155–165. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v10i2.22089.
Mawarni, S., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan digital book interaktif mata kuliah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 84. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10114
Mayuni, N. K. D. M. W. S. D., & Ambara, D. P. (2022). Video Pembelajaran Interaktif Tema Alam Semesta Sub Tema Benda Langit Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 207–216. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.50339.
Monica, S. Z., & Muryanti, E. (2023). Efektivitas Media Power Point Interaktif dalam Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4657–4664. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5972.
Munawwarah, H., & Hibana, H. (2022). Implementasi Pengenalan Kosakata Bahasa Arab pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5454–5462.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2989.
Natalina M., D. (2018). Peran “Local Pop Up Books” Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).
https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10500.
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435.
Novitasari, Y., Fadillah, S., & Putri, A. A. (2023). Impresi Guru pada Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran Awal Bahasa Inggris Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3745–3754. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4619.
Nuraini, B. T., & Agung, A. A. G. (2022). Video Cerita Bergambar Digital Pada Tema Tumbuhan Sub Tema Sayuran Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 173–182. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.48754.
Oktapiani, N. P. G., Asril, N. M., & Wirabrata, I. D. G. F. (2021). Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Dengan Media Wayang Melalui Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 285. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37466.
Oktavia, D., Djuanda, D., & Dwija Iswara, P. (2024). Pengembangan E-Flashcard Berbasis Metode Kata Lembaga sebagai Media Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2964–2974. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3941.
Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(2), 95. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49037.
Prabawati, L. D., & Ambara, D. P. (2022). Media Video Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Tema Tanaman Sub Tema Cara Bercocok Tanam Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 197–206. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49950.
Sari, K., & Sujana, I. W. (2021). Media Permainan Edukatif Tema Tanaman Sub Tema Sayur dan Buah untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 107.
https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35406.
Setyaningsih, R. (2023). Peran Permainan Edukatif dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7299–7307. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5773.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Susanti, N.-, & Muryanti, E. (2023). Efektivitas Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Melalui Permainan Mistery Box di Taman Kanak-Kanak Ulul Ilmi Padang. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 5(1), 127–141. https://doi.org/10.52266/pelangi.v5i1.1270.
Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606.
Syukur, B. A., & Harti, A. S. (2023). Pengenalan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Melalui Tema Kesehatan. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 569–580.
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5458.
Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Tri Widyahening, C. E., & Sufa, F. F. (2021). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Bingo Game bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1135–1145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1638.
Ulya, N., & Na’imah, N. (2022). Peran Bahan Ajar dalam Pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5191–5199.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2925
Winarti, W. (2024). Pengenalan Literasi Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Melalui Media Bilingual Pupper Show. Pengabdian Masyarakat Cendekia (PMC), 3(1), 6–8.
https://doi.org/10.55426/pmc.v3i1.262.
Yasa, I. G. S., & Sudirman, I. N. (2023). Penerapan Media Flash Card dalam Meningkatkan KosaKata Bahasa Inggris Anak Desa Selat Peken Tahun 2023. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2807–4246. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6767/4745.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Putu Cindy Juwitami, Maria Goreti Rini Kristiantari, I Wayan Sujana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)