Media Pembelajaran E-Flash Card dalam Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Dengan Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuh Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.75126Keywords:
e-flash card, kosakata, bahasa InggrisAbstract
Terbatasnya pengenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak membuat kosakata yang dimilikinya menjadi sedikit. Penggunaan media konkrit yang monoton juga membuat anak merasa kurang bersemangat saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, menganalisis hasil kelayakan dan mengetahui efektivitas e-flashcard dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris dengan tema diriku sub tema anggota tubuh pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan teknik (uji-t) sample dependent. Banyak subjek pada penelitian ini adalah 30 orang anak. Hasil penelitian adalah: (1) validasi rancang bangun berdasarkan penilaian ahli rancang bangun 90,90%, (2) dalam pengembangannya, validitas media e-flashcard berdasarkan penilaian ahli isi mata pelajaran 98,33%, ahli desain instruksionaal 90,63%, ahli media pembelajaran 92,18%, uji coba perorangan 93,33%, dan uji coba kelompok kecil 93,89%, (3) diperoleh thitung sebesar 10,322 dan diperoleh hasil ttabel sebesar 2,093, maka dari hasil analisis tersebut dapat dibandingkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel . Maka thitung = 10,322 > ttabel = 2,093 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-flashcard layak dan efektif diterapkan dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris dengan tema diriku sub tema anggota tubuh pada anak usia dini.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Putu Cindy Juwitami, Maria Goreti Rini Kristiantari, I Wayan Sujana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)