Komik Digital Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Indiani Pramesti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.80447

Keywords:

ADDIE, Komik Digital Kontekstual, Bahasa Indonesia

Abstract

Keterbatasan buku bacaan yang menarik perhatian siswa dapat menjadi faktor pemicu rendahnya minat baca siswa. Oleh karena itu, diperlukan media berbasis digital sebagai alternatif yang dapat membantu menarik minat baca siswa agar lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas komik digital berbasis kontekstual muatan Bahasa Indonesia kelas II SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui metode observasi, wawancara,  tes dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan subjek/responden 27 orang siswa kelas II SD. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan perolehan skor uji ahli rancang bangun sebesar 90%, uji ahli isi mata pelajaran memperoleh skor sebesar 90% , uji ahli desain instruksional memperoleh skor sebesar 90%, uji ahli media pembelajaran memperoleh skor sebesar 90% , uji coba perorangan memperoleh skor sebesar 90,83%, dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor sebesar 90,83%. Berdasarkan hasil uji efektivitas produk disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan komik digital berbasis kontekstual. Implikasi penelitian ini secara empiris terbukti bahwa dengan memanfaatkan komik digital berbasis kontekstual, siswa dapat lebih semangat dan tertarik mengikuti proses pembelajaran, serta dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

References

Afriani, E. D., Masfuah, S., & Roysa, M. (2021). Analisis Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring. Prasasti Ilmu, 1, 21–27. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6648.

Akhmadi, A. (2016). pendekatan konseling islam dalam mengatasi Problema Psikologis Masyarakat. Jurnal Diklat Keagamaan, 10(4), 375–385. https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/Irsyad/article/view/4875.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839.

Andriani, N. (2019). Penerapan Media Komik Digital terhadap Pemahaman Pembelajaran Matematis Siswa SMP. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 31–38. https://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/229.

Anih, E. (2016). Modernisasi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikas. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 4(2), 185–196. https://doi.org/10.35706/judika.v4i2.391.

Astutik, A. F., Rusijono, & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3), 543–554. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2894.

Azizul, A., Riski, W. Y., Fitriyani, D. I., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital Pada Mater Gerak. Vox Edokasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829.

Dudu, W. ., & Vhurumuku, E. (2012). Teacher practices of inquiry when teaching investigations: A case study. Journal of Science Teacher Education, 23(6), 579–600. https://doi.org/10.1007/s10972-012-9287-y.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582.

Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412.

Fikri, M., Zaki Ananda, M., Faizah, N., Rahmani, R., & Adelia Elian, S. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 144–150. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.

Gupta, T., Burke, K. A., & Greenbowe, T. J. (2022). Shifting the ownership of learning from instructor to students through student-led instructor-facilitated guided-inquiry learning. In Teaching Innovation in University Education: Case Studies and Main Practices, 69–98. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-4441-2.ch005.

Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343.

Herbein, E., Golle, J., Tibus, M., Schiefer, J., Trautwein, U., & Zettler, I. (2018). Fostering elementary school children’s public speaking skills: A randomized controlled trial. Learning and Instruction, 55(October 2017), 158–168. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2017.10.008.

Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Media Power point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800–1809. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2207.

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774.

Lai, C. H., Bin, S. J., T.H., Y., & Tsong, W. L. (2020). “Integrating Flash Cards with Narratives for Mobile Learning of English Vocabulary.” International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(4), 4–16,. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I04.11723.

Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56–64. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911.

Megantari, K. A., Margunayasa, I. G., & Agustina, A. G. T. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. Jurnal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 140. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251.

Munthe, E. (2019). Pentingnya Penguasaan Iptek Bagi Guru Di Era Revolusi 4.0. Seminar Nasinal Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 443–448. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38827.

Nieto-Escamez, F. A., & Roldán-Tapia, M. D. (2021). Gamification as Online Teaching Strategy During COVID-19: A Mini-Review. Frontiers in Psychology, 12(May), 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.648552.

Ningsih, S., Susilo, T. A. B., & Dewi, A. S. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Articulate Storyline pada Materi Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1823–1838. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.

Nur Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135.

Parvathamma, N., & Pattar, D. (2013). Digital literacy among student community in management institutes in Davanagere District, Karnataka State, India. Annals of Library and Information Studies (ALIS), 60(3), 159–166. https://doi.org/10.56042/alis.v60i3.863.

Piotrowska, I., Cichoń, M., Sypniewski, J., & Abramowicz, D. (2022). Application of Inquiry-Based Science Education, Anticipatory Learning Strategy, and Project-Based Learning Strategies. In Didactic Strategies and Resources for Innovative Geography Teaching, 23–50. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-9598-5.ch002.

Prabowo, C. A., Ibrohim., & Saptasari, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium virtual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1090–1097. https://doi.org/10.17977/jp.v1i6.6422.

Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4318.

Priyastuti, M. T., & S. (2020). Kepuasaan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Journal of Language and Health, 1(2), 49–56. https://doi.org/10.37287/jlh.v1i2.383.

Rina Pratiwi, & Zulfadewina. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Animaker Terhadap Hasil Belajar Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1247–1255. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3069.

Sabir, A., & Putra, I. M. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Dan Jiwa Nasionalisme Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 220–227. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.593.

Sadia, I. W. (2008). Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis(Suatu Persepsi Guru). Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran UNDIKSHA, 2(1), 09–18. https://doi.org/ISSN 02158250.

Sari, P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24324.g14714.

Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597.

Simaremare, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bergambar Pada Materi “Teks Percakapan” Pada Siswa Kelas V SD ST. Yoseph Medan. Edukasi Kultura : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(2). https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.11771.

Sriwulan, A. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Simultaneous Roundtable untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.8.

Syofyan, H., & Ismail, I. (2018). Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif Dalam Pembelajaran IPA. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1189.

Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 2(1), 660–662. http://repository.lppm.unila.ac.id/9533/.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Utiarahman, T. B. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Berjenjang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 215–222. https://doi.org/10.37905/aksara.5.3.215-222.2019.

Virvou, M., Katsionis, G., & Manos, K. (2005). Combining Software Games with Education: Evaluation of its Educational. Educational Technology & Society, 8(2), 54–65. https://www.jstor.org/stable/pdf/jeductechsoci.8.2.54.pdf.

Wardani, K., Prayogo, M. M., & Hangestiningsih, E. (2022). Penerapan program sekolah ramah anak di SD Negeri Tlacap pada masa pandemi covid-19. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 278–294. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4891.

Warlim, Encep, S. N., & Supriyono. (2021). Character Development Based on National Values for Basic School Teachers. Educare International Journal for Education Studies International Journal for Education Studies, 12(2), 165–180. https://doi.org/10.2121/edu-ijes.v13i2.1414.

Widhinata, I. G. N. A. I., & Ganing, N. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat Muatan IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 18–25. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4223.

Wulandari, D. R., & Sholeh, M. (2021). Efektivitas Layanan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 327–335. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/39155.

Yulianti, Y., & Lestari, I. (2019). Media Publikasi pada Bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9910.

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Pramesti, N. P. I. ., Kristiantari, M. G. R. ., & Sujana, I. W. . (2024). Komik Digital Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(2), 285–294. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.80447

Issue

Section

Articles