Media E-Komik Menggunakan Teknik Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.77695Keywords:
E-Komik, Teknik Bercerita, Kemampuan BerbahasaAbstract
Guru mengalami kendala dalam mengembangkan media pembelajaran karena terbatasnya pengetahuan dan kemampuan menggunakan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, kelayakan, dan efektivitas e-komik menggunakan teknik bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan angket atau kuesioner dan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan teknik (uji-t) sample dependent. Subjek pada penelitian ini sebanyak 20 orang anak kelompok B. Penelitian ini menujukkan hasil uji validasi ahli rancang bangun 90% (sangat baik), ahli isi mata pelajaran 91.66% (sangat baik), ahli desain instruksional 94,42% (sangat baik), ahli media pembelajaran 96,66% (sangat baik), uji coba perorangan 93,33% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil 93,89% (sangat baik). Uji efektivitas menunjukkan t-hitung= 7,61 > t-tabel= 2,093. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan e-komik menggunakan teknik bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B.
References
Abdullah, M. (2022). Lembaga Pendidikan Sebagai Suatu Sistem Sosial (Studi Tentang Peran Lembaga Pendidikan di Indonesia Dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional). Mamba’ul ’Ulum, 18(1), 38–48. https://doi.org/10.54090/mu.56.
Amalia, R., Hendriana, B., & Vinayastri, A. (2021). Pengembangan Media Komik Elektronik untuk Mengurangi Bullying pada Siswa Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2391–2401. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.869.
Ambarani, P. K. W., Pudjawan, K., & Tirtayani, L. A. (2015). Application of Storytelling Method Assisted by Serial Picture Media to Improve Children’s Listening Skills. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/PAUD.V3I1.5906.
Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920.
Apriliyana, F. N. (2020). Mengoptimalkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 109–118. https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.14594.
Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808.
Awalia, N., Hente, A., & Idris, M. (2021). Application of Listening Skills in Children Through Storytelling Method with Hand Puppets in Group B1 Tk Aisyiyah 1 Baolan. ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal), 4(1), 23–30. https://doi.org/10.31934/ECEIJ.V4I1.2091.
Ayu, W. N. M. P., & Putra, D. B. K. N. S. (2022). Pengemabangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Konstruktivisme pada Muatan IPA Materi Siklus Hidup Hewan Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(8), 460–469.
https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4220.
Bentri, S. A., Magh’firoh, R. H., & Arsyam, S. F. (2023). Perancangan Komik Digital untuk Mengedukasi Remaja tentang Isu Pembajakan Film. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 297–306. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7130.
Darllis, N., F, F., & Miaz, Y. (2020). Pengembangan Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Komik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 334–342. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.689.
Devista, J. R., & Kadafi, T. T. (2021). Pemanfaatan Laman Web Make Beliefs Comix dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Komik Digital. Jurnal Pendidikan, 30(2), 153. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1531.
Dewi, N. L. P. A. S., Rati, N. W. S., & IliaYuda, A. I. W. (2022). Media Pembelajaran E-KOMED Topik Siklus Hidup Makhluk Hidup Kelas IV SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 455–464. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.49243.
Dewi, N. P. S., Utari, & Sujana, I. W. (2022). E-Comic berbasis Problem Based Learning Muatan IPS Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 253–261. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.47044.
Elan, E., Rahman, T., & Dewi, E. (2022). Bagaimana Kompetensi Profesional Guru RA Ditinjau dari Kualifikasi Sesuai Regulasi di Kota Tasikmalaya? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5180–5190. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2959.
Hamid, M. N. S., & Ghazali, M. N. S. (2021). E-comic of hikayat patani: Putera pewaris kerajaan (an analysis of its text, importance and challenges). Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2), 171–194. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2021-3702-11.
Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAUD. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24235/awlady.v2i1.
Izzati & Yulsyofriend, Y. (2020). Pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472–481. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.486.
Kalsum, U., & Taufiq, M. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ melalui Metode Storytelling pada Siswa Kelas X. Journal of Education Research, 4(3), 1251–1258. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.314.
Kristianto, D., & Sri Rahayu, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 939–946. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.553.
Magdalena, I., Hermawati, L., Luthfiana, S., & Istiqomah, T. (2024). Asumsi Dasar Dan Definisi Desain Pembelajaran Sd. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(4), 101–112.
Maryani, Y. (2022). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Teks Biografi dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca pada Siswa Kelas X SMKN 3 Bandung. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1), 45–49. https://doi.org/10.23969/wistara.v3i1.2563.
Melliyanti, N. M. S., & Suniasih, N. W. (2022). Kelayakan dan Efektivitas Media Komik Berbasis Kontekstual pada Muatan IPA Materi Sumber Daya Alam. Mimbar Ilmu, 27(1), 124–133. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44587.
Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311.
Musiman, M., & Kristiawan, M. (2021). Evaluasi Sistem Penjaminan Mutu Program Studi S1 Pendidikan Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Oku Timur. Jurnal Basicedu, 5(6), 5070–5077. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1591.
Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756.
Novalia, S., & Ramadan, Z. H. (2023). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Riau Pada Materi Persatuan Dan Kesatuan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 6060–6072. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9104.
Nurfadillah, S., Ramadhanty, S., Ajzahro, S., Yuniar, W., & Hilmiyah, Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Power Point Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 368–385.
https://doi.org/https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/1269.
Rahimi, M., & Yadollahi, S. (2017). Effects of offline vs. online digital storytelling on the development of EFL learners’ literacy skills. Cogent Education, 4(1).
https://doi.org/10.1080/2331186X.2017.1285531.
Rahmawati, I. Y. (2018). Komik Sebagai Inovasi Dalam Pengenalan Keterampilan Menulis Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Audi, 2(2). https://doi.org//10.33061/ad.v2i2.1970.
Rahmita, Y., Solfiah, Y., & Chairilsyah, D. (2021). Pengembangan Media Komik Digital untuk Media Pelajaran Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Al-Azhar 54 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 10331–10338. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2621.
Restiaji, D., Hardian, M., Hidayah, Y., & Suryaningsih, A. (2020). Identifikasi Motivasi Belajar Anak Dalam Penerapan Media Pembelajaran Uno Stacko for Question Card (Studi Kasus Kelas Vi C Sdn Jagir I/393, Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020). Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 254–264. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.756.
Risti, D. (2021). Pengembangan Komik Interaktif Soal Cerita Matematika Berbasis Tpack Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sd. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 6(Volume 6), 204–220. https://doi.org/10.23969/symmetry.v6i2.4788.
Ruiyat, S. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Elektronik untuk Pengenalan Keselamatan Kepada Anak Usia Dini Suci Aprilyati Ruiyat. Journal on Education, 06(02), 13161–13171. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5173.
Sedana, I. G. P. A. A., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Mengembangkan E-Komik sebagai Media Pembelajaran pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Muatan IPS untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 610–621.
https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4397.
Selian, N., Hudori, A., & Maisyah, M. (2021). Faktor Analisa Lingkungan Internal (Studi Kasus Berdirinya Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini di STAIN Bengkalis). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 713–729.
https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.631.
Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 67.
https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.582.
Tapiah, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis e-Komik untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini 5 – 6 Tahun. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.57251/tem.v1i1.251
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Wandini, R. R., Maghfhirah, S., & Hasibuan, A. T. (2021). Analisis Desain Pembelajaran Pkn Di Sd/Mi Kelas Tinggi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 12(1), 59. https://doi.org/10.31942/mgs.v12i1.4377.
Wartoyo, F. X. (2022). Menakar Korelatifitas Merdeka Belajar Dengan Sistem Pendidikan Nasional Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 dan Pancasila. Widya Pranata Hukum : Jurnal Kajian Dan Penelitian Hukum, 4(2), 140–153.
https://doi.org/https://doi.org/10.37631/widyapranata.v4i2.682.
Widiatmoko, T. F., & Dirgantoro, K. P. S. (2022). Pentingnya Peran Guru Sebagai Pembimbing Dalam Mengatasi Perilaku Perundungan Di Kelas. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(2), 238. https://doi.org/10.19166/johme.v6i2.2072.
Wulan, A. P. (2023). Komik Bergambar Timun Mas sebagai Media Pembelajaran Menulis di Era Metaverse. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 8(1), 42. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i1.4123.
Yuliasari, U., & Permata, R. D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Kiddy Learning Binder Bagi Guru Paud. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(1), 7–12. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i1.915.
Yuza, A., & Ningrum, N. P. (2021). Validitas Pengembangan Media E-Komik Pembelajaran Matematika Pada Materi Pengukuran Kelas Iv Sd. Jurnal Cerdas Proklamator, 9(2), 1–7. https://doi.org/10.37301/cerdas.v9i2.82.
Zahra, A., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik melalui Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22649–22657.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)