Multimedia Interaktif Sebagai Media Kreatif Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Muatan IPAS di Sekolah Dasar

Authors

  • Desak Made Diah Kumara Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Didith Pramunditya Ambara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74369

Keywords:

Interactive Multimedia, Contextual Approach, IPAS

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kurang beragamnya media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada muatan IPAS materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi kelas IV SD. Model penelitian pengembangan yaitu ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda 4 opsi serta kuesioner dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian yakni (1) Rancang bangun Multimedia Interaktif memperoleh hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun dengan persentase 90,90% (sangat baik). (2) Kualitas Multimedia Interaktif memperoleh hasil penilaian uji ahli isi pembelajaran dengan persentase 93,33% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 95% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 92,85% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 94,44% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar 99,92% (sangat baik). (3) Efektivitas Video Pembelajaran berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = 23,913 untuk db = 16 dan taraf signifikan 5% = 2,120. Disimpulkan bahwa thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual efektif digunakan pada muatan IPAS materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi siswa kelas IV di sekolah dasar. 

Published

2024-11-22

How to Cite

Dewi, D. M. D. K. ., Agung, A. A. G., & Ambara, D. P. . (2024). Multimedia Interaktif Sebagai Media Kreatif Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Muatan IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74369