Multimedia Interaktif Sebagai Media Kreatif Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Muatan IPAS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74369Keywords:
Interactive Multimedia, Contextual Approach, IPASAbstract
Latar belakang penelitian ini yaitu kurang beragamnya media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada muatan IPAS materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi kelas IV SD. Model penelitian pengembangan yaitu ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda 4 opsi serta kuesioner dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian yakni (1) Rancang bangun Multimedia Interaktif memperoleh hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun dengan persentase 90,90% (sangat baik). (2) Kualitas Multimedia Interaktif memperoleh hasil penilaian uji ahli isi pembelajaran dengan persentase 93,33% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 95% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 92,85% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 94,44% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar 99,92% (sangat baik). (3) Efektivitas Video Pembelajaran berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = 23,913 untuk db = 16 dan taraf signifikan 5% = 2,120. Disimpulkan bahwa thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual efektif digunakan pada muatan IPAS materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi siswa kelas IV di sekolah dasar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Desak Made Diah Kumara Dewi, Anak Agung Gede Agung, Didith Pramunditya Ambara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)