Inovasi Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Video Scribe Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V

Authors

  • Fawwaz Abid Naufal Ismail Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Kadek Suartama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.85744

Keywords:

video pembelajaran, video scribe, IPA

Abstract

Pemanfaatan media dalam pembelajaran sangatlah penting untuk mendukung hasil yang optimal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya inovasi terkait media pembelajaran yang dapat mendukung dan membuat suasana belajar lebih menarik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video pembelajaran dengan aplikasi Video Scribe pada muatan pelajaran IPA untuk siswa kelas V. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini ialah 3 orang ahli/pakar. Objek dalam penelitian ini adalah validitas video pembelajaran dengan aplikasi Video Scribe yang dikembangkan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengukur tingkat validitas video pembelajaran dengan aplikasi Video Scribe merupakan rating scale berupa lembar penilaian media dari ahli/pakar. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian validitas oleh ahli materi yakni 90% (sangat baik). Penilaian validitas oleh ahli media yang didapatkan yakni 89% (sangat baik). Adapun hasil uji coba kepada 20 peserta didik yaitu 96,90% (sangat baik). Disimpulkan hasil tersebut menunjukkan video pembelajaran dengan aplikasi Video Scribe muatan pelajaran IPA dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas V. Implikasi dari penggunaan video pembelajaran ini yaitu dapat menarik minat, semangat, dan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan.

Published

2024-11-24

How to Cite

Ismail, F. A. N. ., & Suartama, I. K. . (2024). Inovasi Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Video Scribe Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.85744