Inovasi Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi VideoScribe pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V

Authors

  • Fawwaz Abid Naufal Ismail Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Kadek Suartama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.85744

Keywords:

video pembelajaran, video scribe, IPA

Abstract

Pemanfaatan media dalam pembelajaran sangatlah penting untuk mendukung hasil yang optimal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya inovasi terkait media pembelajaran yang dapat mendukung dan membuat suasana belajar lebih menarik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video pembelajaran dengan aplikasi VideoScribe pada muatan pelajaran IPA untuk siswa kelas V. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini ialah 3 orang ahli/pakar. Objek dalam penelitian ini adalah validitas video pembelajaran dengan aplikasi VideoScribe yang dikembangkan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengukur tingkat validitas video pembelajaran dengan aplikasi VideoScribe merupakan rating scale berupa lembar penilaian media dari ahli/pakar. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian validitas oleh ahli materi yakni 90% (sangat baik). Penilaian validitas oleh ahli media yang didapatkan yakni 89% (sangat baik). Adapun hasil uji coba kepada 20 peserta didik yaitu 96,90% (sangat baik). Disimpulkan hasil tersebut menunjukkan video pembelajaran dengan aplikasi VideoScribe muatan pelajaran IPA dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas V. Implikasi dari penggunaan video pembelajaran ini yaitu dapat menarik minat, semangat, dan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan.

References

Afifah, N., & Hidayat, B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe pada Materi Sejarah Kerajaan Islam Sumatra dan Akulturasinya Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Metro. Jurnal Swarnadwipa, 2(3), 189–200.

Afrizal Purba, M., & Defriyando, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 3(25), 96–101.

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047.

Ahmad Fadillah, & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369.

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25. https://matematika.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2927.

Amin, S. (2019). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 563–572. https://doi.org/10.30653/002.201944.238.

Aslamiyah, N., & Abun, R. (2023). Profesionalisme Guru Sebuah Tuntutan Dalam Era Perubahan Sebagai Wujud Penguatan Manajemen Pendidikan Islam. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Islam, 07(01), 12–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i1.2675.

Febrianto, A., & Saputra, N. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Inovatif dengan VideoScribe Bagi Guru SDN Malangrejo. Community Empowerment, 6(1), 24–28. https://doi.org/10.31603/ce.3835

Hasbullah, H., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Scribe Materi Banjir Bukan Sekedar Bencana Alam Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7544–7555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3575.

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.73.

Indayani, R., Supeno, S., & Wicaksono, I. (2021). Pengaruh videoscribe terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 9(2), 107–115. https://doi.org/10.23971/eds.v9i2.2008.

Irawan, T., Dahlan, T., & Fitrianisah, F. (2023). Analisis Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 212–225. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.738.

Latip, A. (2022). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.33369/diksains.2.2.102-108.

Manzilina, F., Listiawati, E., & Wijayanti, R. (2020). Pengembangan Media Videoscribe Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). JIPMat, 5(2), 185–199. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6624.

Masnu’ah, S., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan Islam dalam Undang-undang No 20 Tahun 2003 (SISDIKNAS). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 115–130. https://doi.org/https://doi.org/10.69896/modeling.v9i1.1131.

Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134.

Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927.

Putri, B. S., & Sulistyaningrum, H. (2022). Uji Validitas Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Sparkol Videoscribe Berbasis CTL untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(1), 29–36. https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i1.383.

Rahmadhani, F., & Dewi, et al. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik. Jurnal Media Pendidikan Teknologi Informatika Dan Komputer, 7(1), 57–62. https://doi.org/10.59562/mediatik.v7i1.1650.

Rahmawanti, N., Mashuri, M. T., & Nurjanah, N. (2020). Pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(2), 94. https://doi.org/10.30738/natural.v6i2.5251.

Rahmiati, & Azis, F. (2023). Peranan Guru Sebagai Motivator Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMPN 3 Kepulauan Selayar. Journal Of Social Science Research, 3, 6007–6018.

Ramadhanty, N. S., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2023). Pengaruh Media Video Scribe Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 184. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5970.

Ridha, M. (2020). Teori Motivasi Mcclelland dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. Palapa, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.673.

Ritonga, N. C., & Rahma, I. F. (2021). Analisis gaya belajar VAK pada pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa. Jurnal Analisa, 7(1), 76–86. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.11878.

Rofiqah Al Munawwarah. (2019). Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430–437. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.12412.

Rohman, F. N., Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Sparkoll Videoscribe. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 137–151. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8857.

Sakila, R., Lubis, N. faridah, Saftina, Mutiara, & Asriani, D. (2023). Pentingnya Peranan IPA dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Adam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 119–123.

Shaleh, M., & Fadhilah, M. N. (2022). Penerapan Moderasi Beragama pada Lembaga PAUD di Sulawesi Tenggara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5933–5945. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2903.

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–89. https://doi.org/https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53.

Siwi, F., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Penerapan Media Pembembelajaran Kognitif Dalam Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Video Di Era 4.0. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 7–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.251.

Subadre, W., Jufri, A. W., & Karta, I. W. (2023). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Lombok Utara Tahun 2022. (JPAP) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 7(1), 1–9. https://doi.org/10.29303/jpap.v7i1.504.

Sudarsana, K., Antara, P., & Dibia, I. (2020). Kelayakan Instrumen Penilaian Keaktifan Belajar PPKn. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 150–158. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.24934.

Supri, S., Widiasih, W., & Rumanta, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Video Scribe dan Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Muatan Pembelajaran IPA di Kelas VI SD Kecamatan Toboali. Cakrawala Repositori IMWI, 6(2), 1079–1092. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i2.318.

Susanti, B. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Scribe Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Pinang. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 387–396. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.399.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.

Yanti, Y., & Bukhori, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Sparkol Video Scribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Economic and Education Journal (Ecoducation), 5(1), 16–30.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Ismail, F. A. N. ., & Suartama, I. K. . (2024). Inovasi Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi VideoScribe pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(3), 338–345. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.85744

Issue

Section

Articles