Strategi Kreatif Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Based Learning Pada Muatan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.65296Keywords:
pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif, game based learning, ADDIE, IPSAbstract
Masalah utama yang muncul adalah kurangnya pemanfaatan media teknologi dalam pembelajaran IPS. Meskipun multimedia berbasis game telah terbukti efektif, tantangannya adalah mengimplementasikannya secara luas di lingkungan pendidikan. Tujuan penelitian ini yakni pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis game-based learning pada muatan IPS. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif dan statistika inferensial. Subjek penelitian yaitu 1 orang ahli isi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran, kemudian 3 orang perorangan, dan 9 orang kelompok kecil. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa produk yang dikembangkan valid berdasarkan hasil review ahli isi pembelajaran dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran yaitu dengan kategori baik, ahli media pembelajaran dengan kategori sangat baik. Efektifitas multimedia pembelajaran interaktif berbasis game-based learning yang dikembangkan perolehan hasil t hitung yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis game-based learning. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis game-based learning efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis game pada IPS efektif meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar siswa. Implikasinya, integrasi teknologi dalam pembelajaran IPS dapat menjadi solusi untuk mengatasi kurangnya penggunaan media teknologi, mendukung inovasi dalam pembelajaran, dan meningkatkan kualitas pendidikan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mega Novela Ulina Manurung, Anak Agung Gede Agung, I Kadek Suartama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)