Strategi Kreatif Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Based Learning pada Muatan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.65296Keywords:
pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif, game based learning, ADDIE, IPSAbstract
Masalah utama yang muncul adalah kurangnya pemanfaatan media teknologi dalam pembelajaran IPS. Meskipun multimedia berbasis game telah terbukti efektif, tantangannya adalah mengimplementasikannya secara luas di lingkungan pendidikan. Tujuan penelitian ini yakni pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Game Based Learning pada muatan IPS. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif dan statistika inferensial. Subjek penelitian yaitu 1 orang ahli isi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran, kemudian 3 orang perorangan, dan 9 orang kelompok kecil. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa produk yang dikembangkan valid berdasarkan hasil review ahli isi pembelajaran dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran yaitu dengan kategori baik, ahli media pembelajaran dengan kategori sangat baik. Efektifitas multimedia pembelajaran interaktif berbasis Game Based Learning yang dikembangkan perolehan hasil t hitung yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Game Based Learning. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis Game Based Learning efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis game pada IPS efektif meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar siswa.
References
Ahmadi, F., Rochmad, R., Lestari, F. P., & Harjunowibowo, D. (2021). The Development of Mathematics Comic Containing Pancasila Values to Develop Character of Elementary School Students: A Case Study of Indonesia. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.46843/jiecr.v2i1.20. DOI: https://doi.org/10.46843/jiecr.v2i1.20
Aini, H. Q., & Tresnawati, D. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Algoritma, 16(1), 51–57. DOI: https://doi.org/10.33364/algoritma/v.16-1.51
Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043
Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Edukatif Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 14–23. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1071. DOI: https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1071
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Desrinelti, D., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektivitas pendekatan Science Technology Community (STM) untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 29. https://doi.org/10.29210/3003718000. DOI: https://doi.org/10.29210/3003718000
Diu, A. A., Mohidin, A. D., Bito, N., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7613. DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7613
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750. DOI: https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750
Hapsari, W., Wibawanto, H., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Mobile Learning Teknik Digital Bagi Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro. Journal of Vocational and Career Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10979. DOI: https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10979
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977
Ivanović, M., Milićević, A. K., Aleksić, V., Bratić, B., & Mandić, M. (2018). Experiences and perspectives of Technology-enhanced learning and teaching in higher education – Serbian case. Procedia Computer Science, 126, 1351–1359. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.08.086. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.08.086
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402.
Larashati, B. W., . M., & . T. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Teknik Vokal untuk Menstimulasi Kecerdasan Musikal Siswa Jenjang SMA. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i2.31380. DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i2.31380
Le, W., Moros-Daza, A., Jubiz-Diaz, M., & Voß, S. (2023). A Blockchain Prototype for Improving Electronic Seals on Container Shipping Operations. Sustainability (Switzerland), 15(14), 1–22. https://doi.org/10.3390/su151411341. DOI: https://doi.org/10.3390/su151411341
Maswar, M. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan Siswa (Mms) Berbasis Metode Permainan Mathemagic, Teka-Teki Dan Cerita Matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.28-43. DOI: https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.28-43
Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia interaktif berbasis game edukasi sebagai media pembelajaran materi sistem pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062
Permata, K. K., Rustono, & Lidinillah, D. A. M. (2017). Media Puzzle Berbasis Tangram dalam Pembelajaran IPS. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 67. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7499. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7499
Prahesti, S. I., & Fauziah, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 505–512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.879. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.879
Rustandi, A. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546. DOI: https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623. DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623
Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356
Sert, N., & Boynueğri, E. (2017). Digital technology use by the students and english teachers and self-directed language learning. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 9(1), 24. https://doi.org/10.18844/wjet.v9i1.993. DOI: https://doi.org/10.18844/wjet.v9i1.993
Shofa, S., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2021). Penerapan Model Picture and Picture Berbantuan Media Roda Putar Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 160. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.28290. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.28290
Siddik, B., & Kholisho, Y. N. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Multimedia Interaktif. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(1), 13. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i1.1389. DOI: https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i1.1389
Simbolon, N., Suartama, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Prakarya untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 40–50. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.634. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.634
Spatioti, A. G., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A Comparative Study of the ADDIE Instructional Design Model in Distance Education. Information (Switzerland), 13(9), 1–20. https://doi.org/10.3390/info13090402. DOI: https://doi.org/10.3390/info13090402
Sudirman, & Alghadari, F. (2020). Bagaimana Mengembangkan Kemampuan Spasial dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah?: Suatu Tinjauan Literatur. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 60–72. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.370. DOI: https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.370
Sumarni, I. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat-Sifat Cahaya Di Kelas V a Semester Ii Bagi Siswa Sd Negeri Bantarkemang 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2764. DOI: https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2764
Suryaningtyas, A., Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2020). Developing Science Electronic Module Based on Problem-Based Learning and Guided Discovery Learning to Increase Critical Thinking and Problem-Solving Skills. 401(Iceri 2019), 65–70. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200204.013. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200204.013
Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21 : Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar dikuasai siswa dalam menghadapi abad 21 hanyalah kemampuan terhadap teknologi dan. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 186–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868. DOI: https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868
Yulia Vermana, D., & Sylvia, I. (2019). Penerapan Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas XI IPS di SMAN 6 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 60–68. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.10. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.10
Yuliana, D., & Wulandari Putri, O. A. (2021). the Effect of the Use of Digital Storytelling on Basic Learning Results of Graphic Design Basic. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 81. https://doi.org/10.22373/cj.v5i2.9347. DOI: https://doi.org/10.22373/cj.v5i2.9347
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mega Novela Ulina Manurung, Anak Agung Gede Agung, I Kadek Suartama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)