PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN TINGKAT MOTOR EDUCABILITY (ME) TERHADAP KETERAMPILAN DASAR SMASH KEDENG DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW DI SMPN 4 KUBUTAMBAHAN

I Ketut Semarayasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendapatkan informasi tentang guru-guru SD di kota Singaraja  memilih atau menggunakan materi pelajaran sesuai dengan konteks, lingkungan, setting siswa, atau materi pelajaran yang berbasis local content; 2) mendapatkan informasi pada bidang studi apa saja guru-guru SD di kota Singaraja telah memilih atau menggunakan materi pelajaran sesuai dengan konteks, lingkungan,  setting siswa, atau materi pelajaran yang berbasis local content; 3) mengetahui bagaimana tingkat kemampuan guru-guru SD di kota Singaraja dalam memilih, atau menggunakan materi pelajaran sesuai dengan konteks, lingkungan,  setting siswa atau materi pelajaran yang berbasis local content. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian ex post facto, yang bersifat kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik koleksi dokumen dan dengan cara multistage stratified random sampling. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) RPP guru-guru SD di Kota Singaraja yang mengandung materi pelajaran berbasis local content berjumlah 302 buah (76,46%). RPP guru-guru SD di Kota Singaraja yang tidak mengandung materi yang berbasis local content adalah 93 buah (23,54%); 2) bidang studi Bahasa Bali secara keseluruhan menggunakan materi pelajaran yang berbasis local content. Bidang studi Bahasa Indonesia hanya menggunakan:77,57%, Pendidikan Kewarganegaraan: 72,55%, Ilmu Pengetahuan Alam: 65,79%, Matematika: 84,09%, Ilmu Pengetahuan Sosial: 77,27%, Seni Budaya dan Keterampilan: 90%, dan Agama Hindu: 83,33%.; 3) Jumlah RPP yang berada pada kategri sangat cocok adalah 163 buah (53,44%). Jumlah RPP yang berada pada kategori cukup cocok adalah 142 buah (46,56%). Tak satu pun RPP ada pada tingkat kategori tidak cocok. Disarankan agar, para guru SD di kota Singaraja memilih dan menggunakan materi pelajaran berbasis local content untuk mendukung pembelajaran bermakna.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i1.1409

Article Metrics

Abstract view : 427 times
PDF file view : 709 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)


Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: jpi_journal@undiksha.ac.id


Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.