HUBUNGAN PERSEPSI DAN TINGKAT PENGETAHUAN PENDERITA TB DENGAN KEPATUHAN PENGOBATAN DI KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i1.1411Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan tingkat pengetahuan penderita TB dengan kepatuhan pengobatan yang dapat memberikan kontribusi terhadap suksesnya pelaksanaan program TB di Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional bersifat retrospektif. Populasi penelitian 216 orang, sampel sebanyak 40 orang yang didapatkan dengan mengunakan teknik random sampling. Data didapatkan dengan memberikan kuisioner kepada responden yang kemudian dianalisis dengan uji analisis regresi logistik ganda. Pada taraf signifikansi p = 0,05 diperoleh nilai persepsi (p = 0,022, OR= 11.930, CI 95% = 1.42 9 hingga 99.603) dan tingkat pengetahuan (p = 0,017; OR = 19.714; CI 95% = 1.696 hingga 229.173). Simpulan dari penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dan tingkat pengetahuan penderita TB dengan kepatuhan pengobatan, dimana penderita dengan persepsi dan tingkat pengetahuan baik memiliki kepatuhan pengobatan.Downloads
Published
2013-04-01
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)