Classification of Student Reasoning Skills in Solving Mathematics Problems in Elementary School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baig, S & Halai, A. (2006). Learning Mathematical Rules With Reasoning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 2, (2), 15-33.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud. (2016).KBBI Daring. Diakses 25 Juli 2019. https://kbbi.kemdikbud.go.id/Cari/Index.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Hidayatullah, M., S., Sulianto, J., Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Thinking Skills and Creativity Journal. 2(2), 93-102.
Izzah, K., H., Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2). 210-218.
Kemendikbud. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 103 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2015). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SD Kelas VI. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2016). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 22 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusumawardani, D., R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Unnes.
Moleong, J Lexy. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nashihah, D., Sulianto, J., & Untari, M., A., U. (2019). Klasifikasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IV Sd Negeri Tambakrejo 02 Semarang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review. 2(2). 203-209.
Putri, D., K., Sulianto, J. & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education. 3(3), 351-357.
Sajadi, M., Amiripour, P. &Malkhalifeh, M. R. (2013). The Examining Mathematical Word Problems Solving Ability under Efficient Representation Aspect. Journals mathematics Education Trends And Research, Vol. 2013. ISPACS International Scientific Publications And Consulting Services.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories an Educational Perspective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Shadiq, F. (2004). Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam pembelajaran matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan Penataran guru (PPPG) Matematika.
Shinha, D. (2018). Progressions In Reasoning In K-12 Mathematics. https://arxiv.org/pdf/1812.11947.pdf
Suharnan. (2005). Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.
Van De Walle, J. A. (2008). Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.23103
Article Metrics
Abstract view : 405 timesPDF file view : 223 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia)
Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is published by:
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: jpi_journal@undiksha.ac.id
Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is indexed by:

Jurnal Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.