Developing Teaching Material Bajo’s Local Wisdom Sea Preservation Thomson-Brooks/Cole Model

Nur Ihsan HL, I Gede Purwana Edi Saputra, Andri Estining Sejati, Syarifuddin Syarifuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi nilai kearifan lokal Suku Bajo dalam melestarikan laut dan pesisir dalam bentuk bahan ajar Ilmu Alamiah Dasar fokus pelestarian lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan bahan ajar disusun berdasarkan prinsip dan prosedur pengembangan model 4-D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Draft pengembangan bahan ajar divalidasi oleh dua ahli materi, dan satu ahli bahasa, dan satu ahli desain. Hasil draft pengembangan bahan ajar diucijobakan kepada mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, USN Kolaka yang berjumlah 10 orang pada kelompok kecil dan 40 orang pada kelompok besar. Hasil rata-rata validasi ahli 83,73% (sangat baik) dan keputusan uji tidak perlu revisi. Bagian yang direvisi: cover, sumber gambar, tampilan bab, dan mengubah gambar yang kurang cocok. Hasil uji coba kelompok kecil didapatkan 80,68% (kualifikasi baik) dan kelompok besar didapatkan 82,95% (baik). Implikasi penelitian ini adalah sebagai alternatif solusi menjaga dan meningkatkan nilai kearifan lokal Suku Bajo dalam  melestarikan laut dan pesisir melalui bahan ajar.


Keywords


teaching material; local wisdom; Bajo

References


Akbar, F. I., & Hartono, R. (2017). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik dengan model pengembangan 4-d pada materi mitigasi bencana dan adaptasi bencana kelas x sma. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 22(2), 134–145. https://doi.org/10.17977/JPG.V22I2.1005

Aksa, F. I., Afrian, R., & Jofrishal, J. (2018). Analisis konten buku teks geografi sma menggunakan model beck & amp mckeown. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(1), 1–8. https://doi.org/10.17977/um017v23i12018p001

Alba, A. P., Akbar, S., & Nurchasanah, N. (2019). Bahan ajar tema daerah tempat tinggalku berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 421–426. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V4I4.12228

Amalia, N. F., Dayati, U., & Nasution, Z. (2017). Peran agen perubahan dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat pesisir pantai bajulmati kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1572–1576. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V2I11.10249

Andriana, E., Syachruroji, A., Alamsyah, T. P., & Sumirat, F. (2017). Natural science big book with baduy local wisdom base media development for elementary school. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8674

Apriyani, R., Somakim, & Darmawijoyo, (2017). Developing teaching material of direct proportion based on agricultural context. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.21831/JK.V1I1.9710

Artanto, Y. K. (2017). Bapongka, sistem budaya suku bajo dalam menjaga kelestarian sumber daya pesisir. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 12(1), 52–69. https://doi.org/10.14710/sabda.v12i1.15253

Damhuri, D., Sejati, A. E., & Hidayati, D. N. (2018). Adaptation of farmers in rice cultivation at dry season in gunungsari village (Bojonegoro-East Java) for learning source. Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences, 0(0), 93–99. Retrieved from https://ejournal.unri.ac.id/index.php/ICES/article/view/4737

Djidu, H., & Jailani, J. (2018). Developing problem based calculus learning model. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(1), 68. https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.12689

Djidu, H., & Retnawati, H. (2018). Cultural values-integrated mathematical learning model to develop HOTS and character values. In E. Retnowati, A. Ghufron, Marzuki, Kasiyan, A. C. Pierawan, & Ashadi (Eds.), Character Education for 21st Century Global Citizens (pp. 363–370). Routledge. https://doi.org/10.1201/9781315104188-46

Efendi, A. (2014). Implementasi kearifan budaya lokal pada masyarakat adat kampung Kuta sebagai sumber pembelajaran Ips. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1263

Fatma, Y., Mahanal, S., & Sari, M. S. (2017). Keanekaragaman familia physciaceae dan lobariaceae di taman hutan raya raden soerjo sebagai bahan ajar pada matakuliah mikrobiologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(2), 179–185. https://doi.org/10.17977/JP.V2I2.8513

Giyanto, Abrar, M., Hadi, T. A., Budiyanto, A., Hafizt, M., Salatalohy, A., & Yulia, M. (2017). Status Terumbu Karang di Indonesia.

Harianto, E., Nursalam, L. O., Ikhsan, F. A., Zakaria, Z., Damhuri, D., & Sejati, A. E. (2019). The compatibility of outdoor study application of environmental subject using psychological theories of intelligence and meaningful learning in senior high school. Geosfera Indonesia, 4(2), 201–216. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.9903

Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, M., & Sulaeman, N. F. (2018). The Development of physics teaching materials based on local wisdom to train saraba kawa character. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130–137. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14249

Indrawini, T., Amirudin, A., & Widiati, U. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik subtema ayo cintai lingkungan untuk siswa kelas iv sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1489–1497. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V2I11.10181

Laksono, E. W., Rohaeti, E., Suyanta, & Irwanto. (2017). The evaluation instrument of analytical thinking and science process skill in chemistry subject. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(1), 100–110. https://doi.org/10.21831/JK.V1I1.8205

Mau, P., Nurchasanah, N., & Martutik, M. (2019). Kearifan lokal nusa tenggara timur sebagai sumber bahan ajar menulis teks eksplanasi untuk siswa kelas xi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(5), 668–673. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V4I5.12464

Prawindia, L., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2016). Pengembangan bahan ajar geografi struktur buku cambridge fundamentals of geography untuk kelas xi sma/ma materi sebaran barang tambang. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 21(1), 53–62. https://doi.org/10.17977/JPG.V21I1.300

Putri, I. H. N., Sholihah, U., Handayani, E. M., & Sumarmi, S. (2018). Pengembangan suplemen bahan ajar digital pada mata pelajaran geografi dengan topik bahasan sumber daya laut berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(2), 78–84. https://doi.org/10.17977/um017v23i22018p078

Suardiman, S. P. (2007). Sosialisasi kearifan lokal dalam budaya jawa bagi siswa sekolah dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 37(2). https://doi.org/10.21831/JK.V37I2.4940

Suastra, I. W., Jatmiko, B., Ristiati, N. P., & Yasmini, L. P. B. (2017). Developing characters based on local wisdom of Bali in teaching physics in senior high school. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 306. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10681

Sukariasih, L., Saputra, I. G. P. E., Ikhsan, F. A., Sejati, A. E., & Nisa, K. (2019). Improving the learning outcomes of knowledge and inquiry skill domain on third grade students of smp negeri 14 Kendari through the guided inquiry learning model assisted by science kit. Geosfera Indonesia, 4(2), 175–187. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.10097

Suryanegara, E., Suprajaka, & Nahib, I. (2015). Perubahan sosial pada kehidupan suku bajo: Studi kasus di Kepulauan Wakatobi , Sulawesi Tenggara (Social change on bajo tribe: Case study in Wakatobi Islands, Southeast Sulawesi). Majalah Globe, 17(1), 67–78.

Suyantiningsih, Munawaroh, I., & Rahmadona, S. (2016). Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis scientific approach terintegrasi nilai karakter untuk siswa sekolah dasar di Yogyakarta. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/JK.V46I1.9571

Tanjung, A., & Fahmi, M. (2015). Urgensi pengembangan bahan ajar geografi berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 20(1), 24–29. https://doi.org/10.17977/JPG.V20I1.282

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instruction Development for Training Teachers of Exceptional Children. Edisi 1. Indiana: Indiana University Bloomington.

Tinja, Y., Towaf, S. M., & Hariyono, H. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal sebagai upaya melestarikan nilai budaya pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1257–1261. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V2I9.9990

Utina, R. (2014). BAPONGKA: Studi nilai pendidikan pelestarian ekosistem laut dan pesisir pada masyarakat bajo. Artikel - Jurnal, 1(406), 1–13. Retrieved from http://repository.ung.ac.id/hasilriset/show/1/406.html#

Wahyudi, S. A., Nurhadi, N., & Pratiwi, Y. (2018). Bahan ajar teks eksposisi berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), 1472–1476. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I11.11771

Widyasari, R., Sihkabuden, S., & Sulthoni, S. (2018). Bahan ajar ilmu alamiah dasar pada program studi ilmu sosial. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(7), 882–886. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I7.11294

Wijiningsih, N., Wahjoedi, W., & Sumarmi, S. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis budaya lokal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1030–1036. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V2I8.9760




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.23234

Article Metrics

Abstract view : 215 times

Refbacks





Copyright (c) 2020 JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia)


Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: jpi_journal@undiksha.ac.id


Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.