ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODEL-MODEL STUDENT-CENTERED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN DAN KARAKTER SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i1.2913Abstract
Penelitian ini bertujuan melakukan analisis kebutuhan pengembangan model-model Student-Centered Learning (SCL). Penelitian dilakukan dengan metode survey pada 9 (sembilan) kabupaten/kota di Provinsi Bali. Subjek penelitian adalah 27 kepala sekolah, 54 guru, 54 RPP, 54 LKS, dan 362 siswa SMA. Objek yang dikaji adalah tanggapan kepala sekolah dan guru terhadap pengembangan model-model SCL, kecenderungan guru menerapkan model-model SCL dalam pembelajaran di sekolah, penalaran siswa, dan karakter siswa. Data dikumpulkan dengan wawancara, angket, observasi, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan, bahwa (1) kepala sekolah belum melakukan pembinaan pengembangan model-model SCL, sehingga mereka mendukung upaya pengembangan, (2) guru-guru belum mengembangkan dan menggunakan model-model SCL, sehingga mereka mendukung dan menyatakan kesiapan untuk terlibat dalam pengembangan, (3) model-model pembelajaran yang digunakan oleh para guru selama ini belum ada indikasi mengarah pada model-model SCL, (4) penalaran siswa berkategori kurang, dan (5) masih terdapat 40,21% siswa memiliki karakter yang perlu ditingkatkan kualifikasinya ke arah yang lebih baik. Implikasinya, pengembangan model-model SCL adalah program strategis untuk dilakukanDownloads
Published
2014-05-06
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)