ANALISIS RELEVANSI BUDAYA LOKAL DENGAN MATERI KIMIA SMA UNTUK MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS BUDAYA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i1.2916Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis relevansi budaya lokal dengan materi kimia SMA sebagai upaya untuk mengembangkan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis budaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah budaya lokal yang relevan dengan materi kimia SMA. Data dikumpulkan dari dua sumber, yaitu dokumen dan pendapat masyarakat. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya lokal yang relevan dengan materi kimia SMA dapat dikelompokan ke dalam bidang: (1) keagamaan, meliputi: ritual megat benang dan tusuk keris dalam upacara pewiwahan, abhiseka, melasti, ngaben, mecaru, panca mahabhuta, dan pancadhatu (2) pangan meliputi: pembuatan garam dapur, arak, tuak, cuka, gula merah, daluman dan santan, pelunakan daging, serta pemeraman buah pisang; (3) kerajinan tradisional, meliputi: perawatan keris pusaka, penyepuhan emas, dan pembuatan bokor dan dulang; (4) kesehatan, meliputi: cetik kerawang, obat penghentian candu, obat sengatan lebah, obat gigitan ular, dan nginang; dan (5) pertanian, yaitu pestisida alami. Budaya lokal ini dapat diintegrasikan dalam perangkat pembelajaran kimia SMA untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis budaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)