Analisis Kebutuhan Tata Kelola Tata Laksana Laboratorium IPA SMP di Kabupaten Buleleng

Authors

  • I Dewa Putu Subamia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4461

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya kualitas tata kelola dan tata laksana laboratorium IPA SMP di Kabupaten Buleleng. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kebutuhan pengembangan perangkat Tata Kelola Tata Laksana Laboratorium IPA di SMP. Populasi penelitian mencakup seluruh SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Buleleng. Sampel penelitian ditetapkan dengan teknik cluster sampling mempertimbangkan status sekolah, keadaan sosial, dan alamiahnya.  Jumlah sekolah sampel sebanyak 9, masing-masing 3 dari setiap kawasan kabupaten Buleleng; dengan melibatkan kepala sekolah, pengelola lab, guru IPA, dan laboran sebagai subjek penelitian. Data penelitian dikumpulkan dengan daftar isian, pedoman observasi, pedoman wawancara, penilaian kinerja, dan angket; serta dianalisis secara deskriptif,dilengkapi cross-check data dari sumber data. Kesimpulan hasil analisis: sekolah menghadapi beberapa kendala dan hambatan untuk melaksanakan tata kelola tata laksana laboratorium, yaitu: keterbatasan ruang dan fasilitas laboratorium, keterbatasan alat-alat dan bahan-bahan praktikum, ketidaktersediaan tenaga laboran, belum ada SOP tata kelola tata laksana laboratorium, ketidakmampuan guru mengelola pembelajaran sesuai dengan ketersediaan waktu efektif, hambatan psikologis guru yang belum merasa puas jika tidak banyak berceramah,dan keterbatasan laboratorium IPA SMP,(2)artikel ilmiah,dan (3) proseding pada seminar ilmiah institusi.dana pendukung operasional. Luaran penelitian berupa (1) perangkat SOP tata kelola dan tata laksana laboratorium IPA SMP,(2)artikel ilmiah,dan (3) proseding pada seminar ilmiah institusi.

Downloads

Published

2015-01-05

Issue

Section

Articles