Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4462Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik integratif menyongsong Kurikulum 2013. Studi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kesiapan guru sekolah dasar dalam menghadapi Kurikulum 2013, yakni dengan mengimplementasikan pembelajaran tematik integratif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini melibatkan responden guru sekolah dasar se Bali sebanyak 74 orang yang diambil secara random. Data berupa pendapat dan pernyataan guru dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teoretis, guru sudah memiliki pemahaman tentang kurikulum 2013, namun masih sangat kurang dalam pelaksanaanya. Motivasi guru-guru dalam mengimplementasikan inovasi pembelajaran sangat tinggi, sayangnya hal tersebut kurang didukung oleh fasilitas, sarana dan prasarana. Kesiapan sekolah dalam melaksanakan Kurikulum 2013 termasuk dalam kategori tinggi, Guru-guru sekolah dasar memiliki harapan yang tinggi terkait tugasnya mengimplementasikan Kurikulum 2013, karena hal tersebut akan berdampak positif terhadap kualitas pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)