Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013

Authors

  • Mg. Rini Kristiantari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4462

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik integratif menyongsong Kurikulum 2013. Studi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kesiapan guru sekolah dasar dalam menghadapi Kurikulum 2013, yakni dengan mengimplementasikan pembelajaran tematik integratif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini melibatkan responden guru sekolah dasar se Bali sebanyak 74 orang yang diambil secara random. Data berupa pendapat dan pernyataan guru dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teoretis, guru sudah memiliki pemahaman tentang kurikulum 2013, namun masih sangat kurang dalam pelaksanaanya. Motivasi guru-guru dalam mengimplementasikan inovasi pembelajaran sangat tinggi, sayangnya hal tersebut kurang didukung oleh fasilitas, sarana dan prasarana. Kesiapan sekolah dalam melaksanakan Kurikulum 2013 termasuk dalam kategori tinggi, Guru-guru sekolah dasar memiliki harapan yang tinggi terkait tugasnya mengimplementasikan Kurikulum 2013, karena hal tersebut akan berdampak positif terhadap kualitas pembelajaran.

 

Downloads

Published

2015-01-05

Issue

Section

Articles