Pengembangan Perangkat Praktikum Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa Berbasis Kemampuan Generik Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium Calon Guru Fisika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4463Abstract
Studi menggunakan Research and Development (R & D) tahun pertama ini dilakukan untuk menghasilkan Perangkat Pembelajaran Praktikum Berbasis Kemampuan Generik Sains (P3BKGS) bagi calon guru fisika. Penyusunan perangkat pembelajaran diawali dengan analisis kebutuhan melalui studi literatur dan lapangan. Draft P3BKGS untuk Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA) ini terdiri dari 10 topik praktikum, masing-masing lima topik praktikum kebumian dan astronomi. Karakteristik pembelajaran P3BKGS diawali dengan melakukan eksplorasi terhadap program simulasi, menyusun rancangan praktikum IPBA berbasis kemampuan generik sains secara kelompok, membuat alat peraga, berkolaborasi dalam menyempurnakan dan melaksanakan rancangan kelompok, melakukan presentasi dan diskusi, serta melaporkan hasil kegiatan secara mandiri. Instrumen yang disusun adalah tes paktikum, tes kemampuan generik sains, lembar observasi, dan angket respon. P3BKGS diharapkan dapat mengembangkan keterampilan laboratorium, kemampuan generik sains, meningkatkan keterlibatan mahasiswa secara aktif selama proses pembelajaran dan memungkinkan mahasiswa belajar lebih mandiri. Selanjutnya draft P3BKGS ini akan divalidasi melalui uji coba terbatas dan uji coba luas untuk penyempurnaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)