PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN AUTENTIK PEMBELAJARAN IPA KONTEKSTUAL TERINTEGRASI DENGAN MODEL PENGAJARAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMP

Authors

  • I Gusti Agung Nyoman Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i1.4482

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan model asesmen pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) kontekstual terintegrasi dengan model pengajaran berpikir tingkat
tinggi  sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi siswa SMP. Penelitian ini
direncanakan bertahap selama tiga tahapan. Untuk tahap ketiga tahun ini, target  yang ingin
dicapai adalah: 1) Uji komparasi Rancangan model assesmen autentik pembelajaran IPA
kontekstual terintegrasi dengan model pengajaran kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa; 2) Mendapatkan respon dari guru tentang  Rancangan model assesmen autentik
pembelajaran IPA kontekstual terintegrasi dengan model pengajaran berpikir tingkat tinggi
siswa.  Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan menggunakan
rancangan the post test only control group design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat
perbedaan yang signifikan antara model assesmen autentik pembelajaran IPA kontekstual
anatara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran
konvensional.  

Downloads

Issue

Section

Articles