PENGEMBANGAN MODUL SOFTWARE MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XII SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i1.4483Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul fisika multimedia interaktif,
(2) menjelaskan perbedaan pengaruh antara belajar dengan modul multimedia (MPMM) dan
model pembelajaran konvensional (MPK) terhadap pemahaman konsep, dan (3)
menjelaskan perbedaan pengaruh antara MPMM dan MPK terhadap hasil belajar fisika
siswa kelas XII SMA. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dalam dua
tahapan, yaitu: pengembangan modul dan eksperimen. Data dikumpulkan dengan tes,
angket, wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif dan
multivariat. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan pemahaman
konsep antara kemompok belajar dengan MPMM dan kelompok belajar dengan MPK
(F=250,602; p<0,05). Nilai rata-rata pemahaman konsep kelompok siswa yang belajar
dengan MPMM lebih tinggi daripada yang belajar dengan MPK (=10,831; SD=0,684;
p<0,05). (2) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara belajar dengan MPMM dan
belajar dengan MPK (F=385,237; p<0,05). Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok
belajar dengan MPMM lebih tinggi daripada kelompok belajar dengan MPK (=11,555;
SD=0,589; p<0,05). Berdasarkan analisis respon, siswa memberi respon postif terhadap
modul. Oleh karena itu, modul fisika multimedia interaktif layak dan efektif untuk
meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa.
Downloads
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)