PENGEMBANGAN MODUL SOFTWARE MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XII SMA

Authors

  • I Nyoman P Suwindra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i1.4483

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul fisika multimedia interaktif,
(2) menjelaskan perbedaan pengaruh antara belajar dengan modul multimedia (MPMM) dan
model pembelajaran konvensional (MPK) terhadap pemahaman konsep, dan (3)
menjelaskan perbedaan pengaruh antara MPMM dan MPK terhadap hasil belajar fisika
siswa kelas XII SMA. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dalam dua
tahapan, yaitu: pengembangan modul dan eksperimen. Data dikumpulkan dengan tes,
angket, wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif dan
multivariat. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan pemahaman
konsep antara kemompok belajar dengan MPMM dan kelompok belajar dengan MPK
(F=250,602; p<0,05). Nilai rata-rata pemahaman konsep kelompok siswa yang belajar
dengan MPMM lebih tinggi daripada yang belajar dengan MPK (=10,831; SD=0,684;
p<0,05).  (2) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara belajar dengan MPMM dan
belajar dengan MPK (F=385,237; p<0,05). Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok
belajar dengan MPMM lebih tinggi daripada kelompok belajar dengan MPK (=11,555;
SD=0,589; p<0,05). Berdasarkan analisis respon, siswa memberi respon postif terhadap
modul. Oleh karena itu, modul fisika multimedia interaktif layak dan efektif untuk
meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa.

Downloads

Issue

Section

Articles