PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN MULTIKULTUR BERBANTUAN MODUL BERBASIS MASALAH YANG BERORIENTASI PADA SPIRITUALISME DALAM PEMBELAJARAN IPS – SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i1.4484Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan model pendidikan multikultur sekolah
dasar dan perangkat pembelajarannya yang terdiri dari: (1) model pendidikan multikultur
SD, (2) perangkat evaluasi yang sesuai dengan karakteristik Kurikulum 2006. Untuk
mendapatkan jawaban yang empiris, data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan studi
pustaka, lembar validasi, lembar observasi, angket, tes hasil belajar dan wawancara. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) candraan materi dan kompetensi mata pelajaran IPS di
kelas-kelas awal sekolah dasar secara umum berisikan kompetensi yang terkait dengan:
lingkungan, kesenangan diri (hobi), kebersihan, kerjasama, dan tempat-tempat umum
(public area). (2) Pengembangan dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut: fokus
group discussion, individual perspektif, seminar dan lokakarya, simulasi model, dan
justifikasi dan validasi model. (3) Bentuk akhir dari model pendidikan multikultur dalam
pembelajaran IPS menganut paradigma sekuensi-karakteristik materi. (4) Bentuk dari
instrumen penilaian pendidikan multikultur yang visibel untuk dikembangkan antara lain:
self-esteem, penilaian kinerja, skala sikap, tes keterampilan sosial, penilaian literasi sosialbudaya,
skala
sikap,
tes
keterampilan
berpikir,
dan
yang
lainnya.
(5)
Bentuk
akhir
dari
model
pembelajaran
berbasis
multikultur terdiri dari komponen-komponen yang sinergis mutualis,
dan (6) Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berpendekatan multikultur
memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan
dengan model konvensional, baik pada siswa yang memiliki sikap spiritualisme tinggi,
maupun siswa yang memiliki sikap spiritualisme rendah.
Downloads
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)