TAKSONOMI PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN HASIL BELAJAR BERBASIS TRIKAYA

I Wayan Subagia

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan taksonomi  dan penilaian hasil belajar
berbasis kompetensi. Perumusan taksonomi tersebut dilakukan melalui penelitian
pengembangan dengan lima tahapan pokok, yaitu pengumpulan informasi, perencanaan,
perumusan gagasan model taksonomi, pengujian model oleh ahli, dan penyempurnaan
model taksonomi. Hasil penelitian ini berupa rumusan taksonomi penilaian hasil belajar
berbasis kompetensi yang selanjutnya diberi nama Taksonomi Trikaya. Taksonomi Trikaya
terdiri atas tiga domein, yaitu domein pikiran (manacika), perkataan (wacika), dan perbuatan
(kayika). Domein pikiran teridiri atas: 1) berpikir faktual, 2) berpikir positif, 3) berpikir rasional
logis, 4) berpikir kritis, dan 5) berpikir kreatif inovatif. Domein perkataan tediri atas: 1)
berbicara santun, 2) berbicara faktual, 3) berbicara rasional logis, 4) berbicara sistematis,
dan 5) berbicara komunikatif. Domein perbuatan terdiri atas: 1) berbuat sopan, 2) berbuat
patuh, 3) berbuat jujur, 4) berbuat yakin, dan 5) berbuat kreatif inovatif.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i1.4485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)


Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: jpi_journal@undiksha.ac.id


Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.