PENGEMBANGAN PERANGKAT VISUALISASI KOMPUTER SISTEM AKUNTANSI BERBASIS ICT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN CTL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i1.4486Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang terjadi dalam ilmu akuntansi. Tuntutan era global akan kemampauan
professional mengharapkan tenaga kerja bidang akuntansi harus bisa menguasai
kombinasi perkembangan ilmu akuntansi dan teknologi dalam melaksanakan tugas mereka
sehari-hari. Apalagi perkembangan teknologi komputer berbasis Information and
Communication Technology (ICT) yang sudah tidak membedakan jarak dalam penyusunan
laporan keuangan akuntansi. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah terwujudnya
Perangkat Visualisasi Komputer Sistem Akuntansi Berbasis Information and
Communication Technology (ICT) Dengan Model Pembelajaran Berpendekatan Contextual
Teaching And Learning yang valid, praktis, relevan dan mengikuti pesatnya perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan
perangkat pembelajaran Instructional Development Model (ID Model). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Perangkat visualisasi sistem akuntansi yang menjadi produk
penelitian sampai dengan tahun kedua ini menggambarkan bagaimana sistem akuntansi
suatu perusahaan dengan berbasis kasus-kasus akuntansi yang diprioritaskan dalam
bentuk: formulir, Jurnal, buku besar, buku besar pembantu dan laporan keuangan.
Perangkat visualisasi sistem akuntansi ini baru berupa media visualisasi yang belum di link
dengan perkembangan ICT. (2) Terkait pada kepuasan pengguna dalam perkuliahan
secara general menunjukkan bahwa sebanyak 31,4% peserta kuliah merasa sangat puas
dengan produk penelitian, sebagian besar peserta kuliah atau 61,6% merasa puas dengan
pemanfaat perangkat visualisasi namun masih ada peserta sebanyak 7,1% merasa kurang
puas dalam pemanfaatan perangkat visualisasi dalam rangka pembelajaran mata kuliah
Sistem Akuntansi. Hal ini menunjukkan produk penelitian masih perlu untuk disempurnakan
lagi baik dari segi substansi maupun dalam hal tampilan dan kepraktisan operasional.
Downloads
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)