RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS LOCAL CONTENT GURU DAN CALON GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA SINGARAJA

Authors

  • I Nengah Martha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4487

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendapatkan informasi tentang guru-guru SD di
kota Singaraja  memilih atau menggunakan materi pelajaran sesuai dengan konteks,
lingkungan,  setting siswa, atau materi pelajaran yang berbasis local content; 2)
mendapatkan informasi pada bidang studi apa saja guru-guru SD di kota Singaraja telah
memilih atau menggunakan materi pelajaran sesuai dengan konteks, lingkungan,  setting
siswa, atau materi pelajaran yang berbasis local content; 3) mengetahui bagaimana tingkat
kemampuan guru-guru SD di kota Singaraja dalam memilih, atau menggunakan materi
pelajaran sesuai dengan konteks, lingkungan,  setting siswa atau materi pelajaran yang
berbasis local content. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian ex post facto, yang
bersifat kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik koleksi dokumen dan dengan cara
multistage stratified random sampling. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif dan
kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) RPP guru-guru SD di Kota Singaraja yang
mengandung materi pelajaran berbasis local content berjumlah 302 buah (76,46%). RPP
guru-guru SD di Kota Singaraja yang tidak mengandung materi yang berbasis local content
adalah 93 buah (23,54%); 2) bidang studi Bahasa Bali secara keseluruhan menggunakan
materi pelajaran yang berbasis local content. Bidang studi Bahasa Indonesia hanya
menggunakan:77,57%, Pendidikan Kewarganegaraan: 72,55%, Ilmu Pengetahuan Alam:
65,79%, Matematika: 84,09%, Ilmu Pengetahuan Sosial: 77,27%, Seni Budaya dan
Keterampilan: 90%, dan Agama Hindu: 83,33%.; 3) Jumlah RPP yang berada pada kategri
sangat cocok adalah 163 buah (53,44%). Jumlah RPP yang berada pada kategori cukup
cocok adalah 142 buah (46,56%). Tak satu pun RPP ada pada tingkat kategori tidak cocok.
Disarankan agar, para guru SD di kota Singaraja memilih dan menggunakan materi
pelajaran berbasis local content untuk mendukung pembelajaran bermakna.

Downloads

Issue

Section

Articles